Berita Nasional Terpercaya

Tak Hanya Jalani Rapid Tes, Anggota Polri Akan Ingatkan Prokes di TPS

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) melakukan rapid tes bagi seluruh personel yang ditugaskan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ada sebanyak 665 personil yang akan bertugas di 3 kabupaten yakni Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk pengamanan Pilkada serentak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelaksanaan rapid test dilaksanakan di halaman Polda DIY. Rapid tes dilakukan selama dua hari, Kamis (3/12/2020) sebanyak 331 personil dan Jumat (4/12/2020) sebanyak 334 personil. Untuk rincian personil, 240 personel Brimob, 94 personel Samapta, dan 331 personel gabungan staf Polda DIY.

Kabid Dokkes Polda DIY Kombes Pol dr Is Sarifin, SpB., menyampaikan pelaksanaan rapid tes bagi 665 personel untuk memastikan anggota yang terlibat pengamanan Pilkada serentak bebas Covid-19. “Kita harus yakin anggota yang ditugaskan di lapangan untuk pengamanan Pilkada aman atau bebas dari infeksi Covid-19,” jelasnya, Kamis (3/12/2020).

Kombes Pol dr Is Sarifin mengatakan selain tugas pengamanan di lapangan, para personil juga akan bertugas untuk mengingatkan protokol kesehatan (prokes) karena virus masih ada dan trendnya bukan menurun, tapi malah meningkat. “Anggota yang terlibat punya kewajiban untuk ikut mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

“Seandainya nanti ditemukan ada yang reaktif, ditindaklanjuti dengan PCR (tes usap), serta anggota yang bersangkutan isolasi mandiri. Tindak lanjutnya dilakukan penggantian personil,” imbuhnya.

Kombes Pol dr Is menyebut nanti pada tanggal 6 Desember akan dilakukan dahulu pengecekan personil termasuk persiapan tentang kelengkapan protokol kesehatan. Kemudian, tanggal 7 Desember baru digeser ke wilayah yang melaksanakan Pilkada.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, SIK, MSc., mengungkapkan tujuan dari kegiatan rapid tes personil agar nantinya masyarakat yang melakukan pemungutan suara tidak merasa was-was tentang adanya penularan Covid-19 dari personil Polri. Untuk rapid tes hari pertama, tidak ditemukan personil yang hasil tesnya reaktif.

“Untuk itu, saya mengajak masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan 3M 1T, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” tutupnya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.