Berita Nasional Terpercaya

Wacana Minggu Tenang Covid-19 di Sleman, Ini Penjelasan Kadinkes

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Kesehatan Sleman merencanakan Minggu Tenang Covid-19 usai libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Minggu Tenang Covid-19 bertujuan menekan angka penularan Covid-19 di Sleman.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan, rencana Minggu Tenang Covid masih terus dimatangkan sampai saat ini dan mencari waktu yang tepat untuk diterapkan. “Rencana kami tanggal 21 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021, 'Minggu Tenang Covid-19'. Tapi nampaknya mungkin tidak bisa diterima masyarakat, karena ada libur panjang. Jadi mungkin kami mulai minggu tenang pada setelah libur,” jelasnya, Sabtu (12/12/2020).

Joko menyatakan Minggu Tenang Covid-19 bukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena akan mengandung konsekuensi yang besar. Ia menyebut pada prinsipnya, penerapan Minggu Tenang COVID-19 adalah kondisi keseharian masyarakat seperti di awal pandemi.

“Banyak yang bisa dilakukan dari rumah. Kalau bisa, yang kerja (di luar-red) itu biar teman-teman di RS dan Dinkes, termasuk juga dari kajian kami itu wartawan, TNI, Polri. Yang lain di rumah saja, pegawai kantor dalam rancangan kami itu dibatasi, kalau tidak benar-benar terpaksa ya tidak perlu dikerjakan di kantor,” bebernya.

Joko meyakini saat liburan nanti akan banyak masyarakat berlibur atau piknik. Namun usai piknik, Pemkab Sleman akan meminta warga yang sehat untuk karantina sedangkan yang sakit diisolasi. “Isolasi di rumah sakit boleh, shelter juga boleh atau isolasi mandiri juga boleh. Dan yang dikarantina pokoknya tidak boleh ada aktivitas ke luar, betul-betul selama 14 hari karantina, minimal 10 hari. Jadi kembali seperti masa Covid-19 awal,” paparnya. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sleman, Shavitri Nurmala mengungkapkan, pada libur akhir tahun, kewaspadaan terhadap COVID-19 tetap terus dilakukan dengan berbagai langkah, termasuk menerapkan protokol kesehatan ketat di kawasan destinasi wisata. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.