Berita Nasional Terpercaya

Wakil Walikota Jogja Minta Pelaku Wisata Kreatif Tarik Wisatawan Lokal

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Di tengah pandemi Covid-19 ini, industri pariwisata Jogja mendapat hantaman yang cukup besar, terutama karena masih dibatasinya kerumunan dan penerbangan luar negeri. Maka dari itu, untuk menumbuhkan sektor pariwisata yang harus diprioritaskan adalah wisatawan lokal.

?Tetapi hal ini tidaklah mudah karena untuk memikat minat para wisatawan lokal ini, kita harus kreatif, memberikan inovasi-inovasi baru yang unik dan berpotensi menarik minat wisatawan,? jelas Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Belanja Wisatawan yang difokuskan pada stakeholder pariwisata Kota Yogyakarta, Rabu (16/12/2020) di Yogyakarta.

Menurut Heroe, di masa pandemi ini banyak orang mengubah perilaku wisatanya. Jika dulu mereka akan berkunjung hampir ke semua destinasi wisata, di masa pandemi ini mereka lebih banyak fokus pada destinasi wisata yang diinginkan saja.

“Untuk itu, kedalaman destinasi, eksplorasi, kreasi sangat dibutuhkan. Selain itu, ketika mengandalkan wisatawan lokal maka perilaku atau layanan yang disajikan juga harus disesuaikan,” katanya.

Terkait dengan belanja wisatawan, Heroe mengaku, Pemkot Yogyakarta telah mencoba menggali kedalaman potensi-potensi wisata sembari meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membuka jalur gowes, dan juga memberi penanda di gedung-gedung yang memiliki nilai sejarah.

“Kami telah membuka jalur sepeda atau gowes ke kampung-kampung dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga untuk memberikan nuansa berbeda kepada wisatawan. Kami juga memberikan penanda di gedung-gedung yang memiliki nilai sejarah dengan harapan setiap bangunan dan tanah yang ada di Kota Jogja ini kaya akan teks dan konteks sehingga wisatawan betah untuk berkunjung ke Jogja,” katanya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengatakan, sektor pariwisata memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan daerah, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak ekonomi tersebut dapat diperoleh dari aktivitas belanja, makan minum, menginap, dan aktivitas wisata lainnya yang dilakukan wisatawan.

“Belanja wisatawan ini didasarkan atas pasokan dan permintaan wisatawan yang berkunjung ke Jogja, dan di situasi pandemi saat ini, hal-hal tersebut perlu dirumuskan agar wisatawan yang datang ke Jogja merasa tenang, nyaman dan puas, serta sektor pariwisata kita bisa bangkit kembali,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.