Berita Nasional Terpercaya

Polisi Sterilisasi Sejumlah Gereja di Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Polres Sleman bersama tim penjinak bahan peledak dan bom (Jibom)  Brimob  olda DIY melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Sleman menjelang misa Natal, Kamis (24/12/2020). Salah satunya di Gereja Keluarga Kudus Banteng, Jalan Kaliurang Km 7,5, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Kabagops Polres Sleman Kompol Danang Kuntadi mengatakan, sterilisasi  untuk memastikan keamanan gereja tersebut agar Misa Natal dapat berjalan lancar. “Kegiatan sterilisasi juga merupakan standar operasional prosedur (SOP) tetap, terutama untuk mengantisipasi kejadian yang dapat mengusik dalam pelaksaaan ibadah,” jelasnya, Kamis (24/12/2020). 

Dalam sterilisasi, Kompol Danang menceritakan para petugas dengan alat  pendeteksi logam dan senter akan menyisir semua ruangan, baik di dalam maupun luar gereja. “Untuk dalam gereja  mulai dari pintu masuk,  tempat duduk  umat, altar dan  ruang-ruang lain, seperti pastoran, gudang termasuk toilet gereja. Kemudian taman yang ada di sisi kiri ruang misa,” katanya.

“Untuk yang di luar gereja, di antaranya di sudut-sudut bangunan dan beberapa tempat yang digunakan untuk aksesoris Natal termasuk taman serta tempat parkir,” imbuhnya.

Selain Gereja Banteng, Kompol Danang mengatakan sterilisasi juga dilakukan di GKI Prayan, Condongcatur, Depok dan Gereja Katolik Alfonso, Gemawang, Mlati. Ia mengatakan untuk pengamanan Natal, ada 893 personel yang diterjunkan dengan dibantu personel dari kesatuan samping dan ormas, termasuk pengamanan interen dari pengelola gereja dan masyarakat setempat. Untuk pengamanan dilakukan sebelum saat dan sesudah pelaksanaan misa Natal.

?Untuk pengamanan di setiap gereja kami tempatkan 10  personel di tempat keamanan gereja selama 24 jam,? ungkapnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.