Berita Nasional Terpercaya

Beberapa Pedagang di Malioboro Suka Lupa Pakai Masker

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Satpol PP Kota Yogyakarta mengaku melakukan pemantauan secara berkala pada liburan Natal di kawasan Malioboro. Hasilnya, masih ditemukan beberapa pedagang yang mengabaikan protokol kesehatan terutama pemakaian masker.

“Pedagang di sini (Malioboro) suka lupa memakai masker. Jadi kami masih perlu mengingatkan lagi. Kalau pengunjung rata-rata patuh prokes semua,? kata salah satu anggota Satpol PP Maulana Darmawan, Sabtu (26/12/2020).

Ia mengakui, beberapa pedagang memang terlihat membuka masker, terutama saat sedang menjajakan dagangan atau proses tawar-menawar. Tidak hanya di Malioboro, beberapa pedagang di Pasar Beringharjo juga melakukan pelanggaran itu. Bagi orang-orang yang mengabaikan protokol kesehatan, pihak Satpol PP menurut Maulana hanya bisa sekadar menegur. “Tidak ada hukuman tertentu,” katanya.

Selain memantau terkait penerapan protokol kesehatan, petugas Satpol PP menurutnya juga mengarahkan pengunjung untuk tidak melawan arus jalan. Pedestrian Malioboro di sisi timur diarahkan satu arah menuju kawasan Titik Nol KM. Sementara pedestrian sebelah barat satu jalur ke utara ke arah tempat parkir Abu Bakar Ali.

Ia menambahkan, Satpol PP juga ikut mendirikan posko di Malioboro sampai tanggal 8 Januari 2020. Pihaknya berharap semua orang di Malioboro, termasuk pedagang, bisa mematuhi protokol kesehatan.

?Untuk para pedagang juga, karena kita sebagai tuan rumah, tentunya kita juga saling menjaga. Pedagang Malioboro juga harus mematuhi peraturan, agar aman dikunjungi walau di masa pendemi,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.