Berita Nasional Terpercaya

PAN DIY Tegas “Move On” dan Tak Tergantung Sosok Lama

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kehadiran Partai Ummat yang telah didirikan oleh Amien Rais dinilai oleh DPW PAN DIY hanya seperti keberadaan partai-partai baru yang lain. Melalui Musyawarah Wilayah (muswil) kelima, PAN DIY menyatakan siap memasuki era baru dengan garis kebijakan partai yang tak bergantung pada figur lama.

Ketua Steering Committee Muswil DPW PAN DIY Suharwanto mengaku, kantor PAN DIY yang sebelumnya berada di Jalan Ngeksigondo Kotagede, kini sudah dipindah ke kantor baru di Jalan Imogiri Timur, mulai Senin (28/12/2020). Mereka berpindah kantor karena kantor DPW PAN DIY yang lama, kini digunakan Partai Ummat buatan Amien Rais yang sebelumnya adalah pendiri dan dedengkot PAN.

“Melalui Muswil pada 30 Desember, yang berujung pada terbentuknya kepengurusan baru periode 2020-2025, kami ingin melakukan evaluasi semua proses terdahulu dan menjadikan pijakan untuk memandang masa depan,” kata Suharwanto, Senin (28/12/2020).

Ia yakin PAN tidak akan tergantung pada nama atau figur seperti dulu. Dengan pengalaman dan banyaknya kerja politik selama 20 tahun, ia optimis PAN dapat semakin diterima masyarakat.

Tanpa menyebut nama, Suharwanto mengakui hilangnya figur terkenal tak memberi pengaruh pada PAN. Namun, kata dia, hal itu tak signifikan mengubah arah kebijakan partai.

“Ke depan kami ingin mendengungkan jati diri PAN yang sesungguhnya yaitu mengusung gagasan baru. Sebelumnya gagasan baru dari bawah terhegemoni pemikiran orang-orang lama yang akhirnya mengeringkan gagasan itu,” ujar Wakil Ketua DPRD DIY ini.

Selain akan membuka komunikasi dengan banyak pihak, termasuk Pemda DIY, PAN menurutnya akan membuka kesempatan bagi kader-kader muda untuk mengambil banyak peran dengan gagasan mereka yang baru dan segar.

Suharwanto menambahkan saat ini sudah terjaring 12 bakal calon anggota formatur untuk muswil. Usai verifikasi dari DPP PAN, nama-nama itu akan dikerucutkan menjadi lima orang, termasuk satu orang hasil keputusan DPP.

Lima anggota formatur berhak menentukan Ketua DPD PAN DIY untuk lima tahun mendatang yang saat ini dijabat sementara oleh anggota DPR RI Ahmad Zulhan.

Dalam daftar calon formatur, selain Suharwanto sendiri, terdapat nama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, anggota DPRD DIY Hanum Salsabila Rais dan Atmaji, calon Wakil Bupati Gunungkidul Mahmud Ardi Widanto, dan Wakil Ketua DPRD DIY 2014-2019 Arif Noor Hartanto.

Anggota Steering Committee Muswil Indaruwanto Eko Cahyono menilai, kehadiran Partai Ummat dipandang sebagai sesuatu yang wajar saja. Dan dirinya optimistis PAN tetap akan eksis di tengah munculnya Partai Ummat yang banyak “menggerogoti” kader PAN.

“Soal kader yang bermigrasi ke partai lain, kami akan melakukan pendekatan personal untuk mengetahui alasannya. Jika memang masih diajak berjuang bersama dan satu visi, kami akan rangkul kembali,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.