Berita Nasional Terpercaya

Subsidi Listrik PLN Diperpanjang Hingga Maret 2021, Begini Cara Dapat Token Gratis

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kabar gembira di awal tahun 2021, PT PLN memperpanjang keringanan biaya listrik berupa diskon dan subsidi listrik bagi pelanggan hingga Maret 2021. Di awal tahun ini, pemerintah memutuskan kembali memperpanjang waktu pemberian keringanan biaya kepada pelanggan PLN.

“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimistis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN, Bob Saril, dalam siaran pers, Jumat (1/1/2021).

Subsidi keringanan biaya dari PLN ini dimulai pada 7 Januari 2021, dan diberikan hingga Maret 2021. Sama seperti sebelumnya, bagi pelanggan pasca bayar, bantuan akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Sementara, untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan yang diberikan sama dengan besaran pada 2020. Subsidi listrik yang diberikan PLN kepada pelanggan yakni:

1. Pelanggan yang menggunakan listik dengan kategori 450 VA akan di gratiskan 100 persen.

2. Pelanggan yang menggunakan listrik dengan kategori  900 VA akan diberikan diskon sebesar 50 persen, dengan syarat sudah terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

3. Pelanggan bisnis dan industri dengan kategori daya 450 VA yang akan diberikan 100 persen tagihan listrik.

Bob mengatakan, ada banyak cara pelanggan untuk mendapatkan bantuan subsidi PLN ini. “Kami buat banyak pilihan akses, supaya pelanggan makin mudah untuk mengambil token stimulus listrik ini,” ujar Bob.

Untuk pelanggan yang ingin mendapatkan token listrik stimulus Covid-19 melalui website resmi PLN caranya adalah:

1. Buka Alamat www.pln.co.id
2. Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
4. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Melalui Whatsapp
PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik. Cara mendapatkan token listrik bersubsidi dari PLN melalui WhatsApp yakni:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122123123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan

Melalui Aplikasi PLN Mobile
Sementara itu, token juga bisa didapatkan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Adapun cara mendapatkan token melalui aplikasi PLN Mobile yakni:

1. Buka Aplikasi PLN Mobile
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

Untuk menjangkau daerah terpencil, kata Bob, PLN akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan/desa/kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. Saat ini, jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 24,16 juta pelanggan.

Sedangkan pelanggan 900VA bersubsidi sebanyak 7,87 juta pelanggan. Sementara, jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 459 ribu pelanggan.

Seperti diketahui, selama pandemi covid-19, pemerintah memberikan keringanan berupa diskon dan subsidi listrik bagi pelanggan tertentu. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.