Berita Nasional Terpercaya

Kundha Kabudayan Jogja Kini Andalkan Panggung Virtual

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kota Yogyakarta kini mengoptimalkan pemanfaatan media virtual dijadikan sebagai tempat utama bagi seniman dan budayawan untuk pentas sekaligus menyampaikan nilai-nilai budaya ke masyarakat. Ini agar masyarakat tetap dapat menikmati berbagai sajian seni dan budaya semasa pandemi COVID-19.

“Banyak kegiatan yang kami lakukan melalui media virtual sehingga teman-teman pelaku seni dan budaya bisa tetap berkarya,” kata Kepala Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Senin (11/1/2021).

Ia menerangkan, sepanjang Januari, Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta menggelar kegiatan bertema “Sorot Budaya” yang dapat dinikmati melalui kanal YouTube instansi tersebut. Kegiatan tersebut meliputi pemutaran film pendek dengan berbagai tema, kuliner, sejarah, sastra Jawa, film dokumenter, pentas seni, gelar macapat, kelana museum, upacara adat, hingga pagelaran wayang.

“Meskipun dalam kondisi pandemi, tetapi upaya untuk mengenalkan dan transfer nilai-nilai budaya tidak lantas berhenti. Harus tetap dilakukan,” kata Yetti.

Karena pertunjukan langsung yang dihadiri oleh banyak penonton tidak memungkinkan diselenggarakan semasa pandemi, menurut Yetti media virtual dipilih sebagai ajang kegiatan kebudayaan.

“Meski ada pembatasan aktivitas tetapi upaya untuk sosialisasi, edukasi, dan transfer nilai budaya ke masyarakat harus tetap berjalan,” katanya.

Ia mengatakan, pemanfaatan media virtual untuk mengakomodasi berbagai kegiatan budaya sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tahun lalu, di masa pandemi. Dan yang dilakukan sekarang tinggal melanjutkan saja.

“Antusias masyarakat termasuk pelaku seni dan budaya terus meningkat. Penonton di YouTube juga semakin banyak. Masyarakat memahami bahwa ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari media virtual,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.