Radius Awan Panas Merapi Tambah Jauh 1,8 Kilometer

SLEMAN, BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat awan panas guguran 1 kali dengan jarak luncur 1,8 kilometer ke Kali Krasak dan Kali Boyong pada pukul 02.27 WIB, Selasa dini hari (19/1/2021). Awan panas diiringi dengan tinggi kolom 500 meter di atas puncak dengan angin bertiup ke timur.

BPPTKG juga mencatat guguran lava pijar sebanyak 30 kali dengan jarak luncur 300-900 meter ke barat daya. "Untuk awan panas guguran, beramplitudo 60 mm dengan durasi 209 detik. Guguran beramplitudo 4-46 mm dengan durasi 24-103 detik," tulis petugas BPPTKG.

"Untuk visual gunung tampak jelas. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah. Saat ini Gunung Merapi masih Level III atau Siaga," imbuh petugas BPPTKG.

Petugas BPPTKG juga menyebut bila terjadi letusan eksplosif, lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Untuk potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong, Sungai Bedog, Kali Krasak, Kali Bebeng, dan Kali Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Untuk rekomendasi dari BPPTKG, penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan dan pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Terkait perubahan potensi bahaya erupsi Gunung Merapi ke arah Barat Daya, Bupati Sleman Sri Purnomo berencana memulangkan pengungsi yang berada di Barak Glagaharjo Cangkringan. "Saat ini pengungsi di Glagaharjo secara berangsur mulai kembali ke rumah. Karena memang jarak amannya diperpendek dari lima kilometer menjadi tiga kilometer," ucapnya usai mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Sakti Wahyu Trenggono di Embung Gadingan, Sinduharjo, Ngaglik, Senin kemarin (18/1/2021).

Pihak Kabupaten, lanjut Sri, akan memfasilitasi para pengungsi jika akan kembali ke rumahnya. Namun jika warga tetap ingin bertahan di barak pengungsian pun, tetap akan difasilitasi. "Kita mulai dari barat sampai timur, sudah siap semuanya, apapun yang akan terjadi. Yang di barat lebih dari radius 3 kilometer dan lebih dari 5 kilometer," katanya. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up