Yogyakarta, BERNAS.ID - Lelang Lukisan litografi ke 104 dari 200 karya Maestro Lukis Affandi dalam acara Pariwisata DIY Peduli musibah dan bencana di Indonesia, yg digelar GIPI DIY (rabu 20/1) kemarin menjadi menarik. Sebab beberapa asosiasi dibawah GIPI bersaing untuk mendapatkan lukisan sang maestro, dan hasilnya untuk disumbangkan. Pemenang lelang adalah dari DPD Ivendo DIY. Puluhan barang berhasil dilelang dan mengumpulkan Rp 24.540.500 .
Menurut Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardianto Setyo Aji, kendati berada dalam situasi pandemi yang membuat usahanya berhenti, insan pariwisata Yogyakarta tak hilang empati. Musibah bencana alam di sejumlah tempat di tanah air menumbuhkan simpati dan empati dari insan pariwisata DIY. Insan pariwisata yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY pun tergerak mengumpulkan dana. GIPI DIY menggalang dana secara unik.
Penggalangan dana bencana di masa pandemi ini digelar lewat zoom dengan tajuk Pariwisata DIY Peduli #1. Lewat aplikasi zoom ini akan berlanjut sampai Sabtu 23/1 setiap pukul 19.30 WIB. Acara edisi perdana diisi serangkaian kegiatan diadakan mulai dari tausiyah oleh Ustadz Munif Tauhid, pembacaan puisi dan lelang. Lelang sejumlah barang berharga. Satu di antaranya Litografi karya maestro senirupa Affandi Direktur Musuem Affandi Helfie Aristien Dirix menyatakan sebagai bentuk empati dan membantu saudara-saudara kita yang sedang mendapatkan ujian, Museum Affandi mendonasikan satu karya litografi. Judul lukisan hitam putih karya Affandi ini adalah Andong Roma.

Masih menurut Ketua GIPI DIY, selain lukisan Affandi ini, ada sejumlah barang yang juga dilelang  diantaranya tas, baju batik, mukena, kaos, voucher menginap, dan lain-lain. Kegiatan GIPI Peduli ini merupakan bentuk empati dan kepedulian insan pariwisata. Dikatakannya, pariwisata Indonesia itu kuat dan tidak ada habisnya. “Di saat kita masih dalam kesusahan karena pandemi yang mendera dunia pariwisata... kita masih bisa membantu dan berguna bagi saudara-saudara kita yang sedang mengalami bencana di Sulawesi, Kalimantan dan Jawa Barat, “ tegas Bobby. Mungkin sekarang kita yang membantu. Tapi, di lain waktu, bisa jadi kita yang perlu dibantu. “Hari ini kita membantu, satu waktu mungkin kita yang perlu bantuan. Itulah persaudaraan Indonesia,“ tandasnya.

Sebelum acara lelang penggalangan dana, acara diawali dengan tausiyah oleh Ustadz Munif Tauchid, seorang ustadz kondang yang selama ini mengisi acara Sasisoma (sana sini soal agama) di Radio Geronimo FM Yogyakata. Sedangkan untuk pembaca puisi, ada Whani Darmawan, Nasarius dan Ikun SK. Whani Darmawan adalah aktor peraih Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2019 lewat film Kucumbu Tubuh Indahku. Whani memenangi Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Whani juga bermain sangat bagus sebagai Darsam di film Bumi Manusia. Sedangkan Ikun SK yang punya nama lengkap Dr. Sri Kuncoro selain menulis karya sastra, pemerhati sastra, juga aktor, dan sutradara. Sering diundang untuk jadi pemateri workshop, aktor, sutradara, atau penulisan untuk seni pertunjukan, kurator sastra atau teater. Kegiatan Pariwisata DIY Peduli ini digelar lagi untuk ke dua dan ketiga pada 21 Januari 2021. Pukul 19.30-21.30 WIB. Melalui Zoom Meeting. (Kontributor: Humas GIPI DIY)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up