Doni Manardo Gagal Menerima Vaksin, Akibat Dinyatakan Positif Covid-19

Bernas.id - Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengumumkan dirinya tertular Covid-19, Sabtu (23/01/2021). Kepala Satgas COVID-19 ini berkategori orang tanpa gejala (OTG) sehingga harus melakukan isolasi mandiri.

Doni diduga terpapar setelah menjalani aktivitas cukup padat selama sepekan terakhir untuk penanganan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan Banjir Kalimantan Selatan (Kalsel). 
"Dari hasil tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction) yang dilakukan malam tadi, saya dinyatakan positif Covid-19 dengan CT Value 25," kata Doni Monardo. 

Kepala Satgas Penanganan Covid-19 ini mengaku tidak merasakan gejala apapun pasca dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia masih menjalankan aktivitas seperti biasa, seperti berolahraga ringan. 

"Saya saat ini masih menjalani isolasi mandiri sembari memantau penanganan Covid-19 dan bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia," ujar perwira tinggi TNI bintang 3 atau letnan jenderal ini

Selain itu, seluruh staf yang mendampingi Doni juga sudah menjalani pemeriksaan PCR. Hasilnya, satu orang staff dinyatakan positif Covid-19. 

“Covid-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular. Atas kejadian ini, saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” tuturnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah, staf khusus Doni Monardo, mendapatkan hasil tes PCR-nya negatif. Dia mengatakan, selalu berada di dekat Doni dalam seminggu terakhir, termasuk selalu satu mobil ketika aktivitas penanganan bencana di Mamuju, Majene, dan Banjarmasin. Selain itu Egy juga meluruskan atas berita simpang siur yang beredar, yaitu tentang vaksin gagal yang dilakukan oleh Doni Manardo.

“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan Covid-19 lainnya,” kata Egy dalam keterangan resmi pada hari sabtu (23/01/2021).

Sementara menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksin Covid-19 akan diprioritaskan untuk orang yang belum pernah terpapar Covid-19 terlebih dahulu. Maka dari itu, Doni dinyatakan gagal utnuk mendapatkan vaksin Covid-19 pekan depan.

"Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19, untuk sementara tidak divaksin dulu," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam video di kanal YouTube Setpres, Selasa (12/1/2021).

Hal itu disampaikan Wiku untuk menjawab soal apakah menteri dan kepala daerah yang pernah terpapar Covid-19 tetap diberi vaksin Sinovac atau tidak. (asn)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up