Menggantungkan Hidup Kepada Desa

Penulis : Dewi Ratih
Editor : Dewi Ratih Editor
27 Januari 2021

Marjono, Kasubag Materi Naskah Pimpinan Pemprov Jateng (foto: dok pribadi)

DIAKUI atau tidak, pandemi covid-19 membawa desa sedikit bergeser, mungkin ke level bawah alias miskin. Tak sedikit UMKM yang hidup dan menghidupi desa yang terpukul, apalagi yang sifatnya masih rintisan usaha maupun rintisan teknologi tepat guna.

Meski begitu, rupanya desa tak juga kesepian. Lantaran musim pandemi ini justru orang-orang desa yang beradu nasib di kota besar tak sedikit yang kembali lebih memilih memunguti nasib dan masa depannya di desa.

Hold on desa, save desa seolah menjadi cara baru menyelamatkan hari-hari bagi warga desa maupun para perantau dengan model ruralisasinya. Desa menjadi gantungan hidup lagi, sekurangnya di desa itu seperti toko palugada (apa lu butuh gue ada). Mau sayur mayur atau buah tinggal petik di kebun, mau beras juga asupan gizi tersedia.

Kekerabatan dan modal sosial gotong royong acap menjelma dalam tangan-tangan yang tampak maupun sembunyi di desa tanpa reserve. Kemudian dana desa pun mengucur deras ke desa. Program padat karya tunai desa bersahutan di desa, dengan demikian juga membantu mengatasi persoalan pangangguran setempat.

Sebagai ilustrasi dana desa, setkab.go.id (4/1/2019), pemerintah sudah mengucurkan Dana Desa sebesar Rp187 triliun sejak 2015 lalu. Rinciannya: tahun 2015 sebesar Rp20,7 triliun, tahun 2016 meloncat menjadi Rp47 triliun, tahun 2017 menjadi Rp60 triliun, tahun 2018 Rp60 triliun, dan tahun 2019 Dana Desa naik menjadi Rp70 triliun plus Dana Kelurahan Rp3 triliun, sehingga keseluruhannya mencapai Rp73 triliun, dan tahun 2020 menempati Rp71,2 triliun serta tahun 2021 sebesar Rp72 triliun.

Harus kita akui dana tersebut cukup berdampak membalik kemiskinan desa. Selain dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur, dana desa bisa dioptimalkan bagi pemberdayaan masyarakat desa dalam rangka penanggulangan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi efek Covid-19.

Kita layak menaruh optimisme baru dengan kondisi eksisting desa, bahkan data persentase kemiskinan pedesaan mengalami pelambatan atau lebih rendah ketimbang perkotaan. Bisnis.tempo.co (15/7/2020) merilis jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat di tengah pandemi Covid-19. Hingga Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan bertambah 1,63 juta, menjadi 26,42 juta orang. Menjadi 9,78 persen (persentase). Sebelumnya dari pengumuman terakhir pada September 2019, jumlah penduduk miskin sudah berjumlah 24,79 juta. Persentase kemiskinan saat itu pun berada di angka 9,22 persen. Tambahan penduduk miskin sama-sama terjadi di kota dan desa. 

Di kota, persentase penduduk miskin naik dari 6,56 persen pada September 2019, menjadi 7,38 persen pada Maret 2020. Pada periode yang sama, kemiskinan di desa naik dari 12,6 persen menjadi 12,82 persen. Selain itu, di ujung 2020 ini dan tahun depan wilayah pedesaan juga dikenalkan dengan yang acap disebut sustainable development goals-tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) ala desa.

Tahun 2021 pemerintah melalui Kemendesa PDTT mengalokasi anggaran dana desa sebesar Rp72 triliun. Menteri Desa PDTT menegaskan dana desa 2021 diprioritaskan untuk pencapaian SDGs desa (kemendesa.go.id, 9/12/2020).

SDGs Desa yang dimaksud mengantongi 18 tujuan, yakni: desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, desa berkesetaraan gender, desa layak air bersih dan sanitasi, desa yang berenergi bersih dan terbarukan, serta pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa.

Di luar itu, menyangkut inovasi dan infrastruktur desa, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa berkelanjutan, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, ekosistem laut desa, ekosistem daratan desa, desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, juga kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Arah baru bernama SDGs desa bakal mendampingi RPJM desa, karena keduanya bisa menjadi bagian tolok ukur keberhasilan dalam membangun desa. Barangkali berbagai program pembangunan yang dikorelasikan dengan SDGs desa kala pandemi covid-19 mengusik, beberapa mungkin belum sepenuhnya sesuai harapan atau target SDGs desa, tapi itu semua merupakan bagian cara kita merawat senyum warga desa.

Maka kemudian, kita semua masih butuh kerja ekstra keras untuk menghela tujuan itu, meraih mimpi tersebut maka kemudian kita perlu berkolaborasi dan aksi (kolaboraksi) dengan seluruh pemangku kepentingan. Ketika point SDGs desa yang tercapai atau teraih bahkan melampaui, dapat dimaknai desa lebih maju dan sejahtera.

Tidak Berjarak

Upaya menghadapi dan memaknai desa ke depan, beberapa hal bisa ditempuh untuk lebih menggairahkan desa membalik kemurungan menjadi keriangan. Banyak capaian yang menggembirakan selain infrastruktur, juga terkait dengan tumbuhnya industri kreatif di desa, BUM desa yang cakap mengelola pariwisata sebagai core business, dan lain-lain.

Pada masa mendatang desa tak perlu khawatir, negara akan selalu hadir dengan layanan yang cepat, mudah dan murah serta informatif. Maka dana pembangunan yang tak sedikit penting dijaga betul agar tidak menguap dan mengganggu integritas dan akuntabel. Di sini tim pengawas dana desa mesti bekerja secara profesional dan proporsional.

Penyokong lain desa untuk greget membangun, yakni teladan dari para elit. Salah satunya tidak ada praktik korupsi, gratifikasi maupun pungli. Karena anak sekurangnya melihat rekam jejak ibu bapaknya dalam menjejaki dunianya.

Pemanusiaan desa juga menjadi amunisi cukup ampuh dalam mendorong dan menggerakkan partisipasi warga sebagai pemilik program pembangunan. Pelibatan warga dalam setiap tahapan pembangunan menjadi semacam pengakuan, pemartabatan warga seutuhnya.

Kita mahfum, pandemi covid-19 masih jauh dari kata selesai, maka Jogo Tonggo, termasuk di aras pedesaan mesti semakin digelorakan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Untuk itulah kemudian, sangat terbuka membuat pembangunan pedesaan menjadi tidak berjarak dengan ibu kandungnya, ya warganya, ialah rakyatnya. Tepatlah nawacita Pak Jokowi, membangun dari pinggiran (desa). Desa segala bermula. 

(Marjono, Kasubag Materi Naskah Pimpinan Pemprov Jateng)


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Manfaat Pentingnya Belajar Desain Grafis di Era Revolusi Digital Saat Ini

BERNAS.ID - Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk bisa melek teknologi dan berusaha mengimbangi perubahan. Masyarakat yang terbiasa dengan hal- hal tradisional kini juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan ya ...

Pendidikan

Manfaat dan Keuntungan Membangun Personal Branding

BERNAS.ID - Personal Branding? Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar istilah tersebut. Banyak orang belum akrab dengan istilah personal branding. Beberapa orang masih menganggap personal branding itu hanya berkaitan dengan oran ...

Pariwisata

Daerah Wisata di Indonesia Aman Dikunjungi

JAKARTA, BERNAS.ID - Daerah wisata Indonesia telah aman dikunjungi turis asing ataupun lokal. Hal ini dipastikan dengan sudah ditegakannya protokol kesehatan di destinasi wisata.  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan j ...

DIY

PKL di Jalan Sudirman Jogja Segera Direlokasi, Meski Belum Capai Kesepakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini sedang mempersiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Mall Galeria hingga simpang empat Gramedia. Relokasi PKL dilakukan dalam ...

DIY

Kelurahan di Sleman Diimbau Bisa Sediakan Shelter Covid-19 untuk Warganya

SLEMAN, BERNAS.ID - Kantor Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman menyediakan 7 kamar isolasi mandiri bagi warganya yang positif Covid-19 tanpa gejala. Kamar isolasi ini terdiri dari tempat tidur, peralatan mandi, meja, kursi, da ...

Kesehatan

BTT Ratusan Miliar Harus Mampu Turunkan Angka COVID-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana meminta agar refocussing anggaran yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh SKPD di wilayah DIY bisa menekan kasus COVID-19. Turunnya kasus COVID-19 harus dijadikan indikator p ...

Pariwisata

Melalui Rakerda BPD PHRI DIY Bahas Kemajuan Pariwisata

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam menghadapi pandemi covid-19 yang hampir satu tahun dirasakan oleh para pengusaha perhotelan dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) B ...

DIY

Puluhan Wartawan Sleman Ikuti Vaksinasi Massal Tahap II

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan wartawan dari berbagai media di Kabupaten Sleman mengikuti vaksinasi tahap II di RSUD Sleman, Selasa (23/2/2021). Vaksinasi sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk pencegahan Covid-19 kepada awak media yang bias ...

Hukum dan Kriminal

Pelaku Pencurian Kotak Infaq di Pleret Kepergok Polisi

BANTUL, BERNAS.ID - Petugas Polsek Pleret mengamankan AHP (48), pria asal Mandau, Kepulauan Riau karena kedapatan melakukan aksi pencurian kotak infaq di Masjid At Ta'abbud yang berada di Wonokromo, Kapanewon Pleret, Bantul. Kejadian ...

DIY

Skrinning Narkoba, Anggota Polda DIY Tes Urine

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menindaklanjuti Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri. Seluruh anggota Bidpropam Polda DIY menj ...

Kesehatan

Komitmen Pemkot dalam Program Pembangunan KB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali menggelar Pelayanan KB Bergerak. Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan ...

Pendidikan

Manfaat Microsoft Word Bagi Dunia Pembelajaran

Bernas.id – Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, peranannya dalam membantu masyarakat. Tak terkecuali untuk dunia pendidikan atau pembelajaran, dengan adanya teknologi yang semakin canggih para pendid ...

Kesehatan

Puluhan Ribu Lansia Jogja Masuk Perioritas Vaksin Covid-19 Tahap II

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Jogja kini masih melakukan pendataan lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun guna mendapatkan prioritas vaksin COVID-19 tahap kedua. Ini direncanakan dilakukan 1 Maret mendatang. Ketua Hari ...

Nasional

Pelatihan Public Speaking, Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi Publik

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai bentuk tindak lanjut 100 hari program Prioritas Kapolri yakni pemantapan Komunikasi Publik, Kadiv Humas Irjen Pol Argo Yuwono secara resmi membuka pelatihan public speaking pada hari Senin (22/2/2021). Dikata ...

Pendidikan

Banyak Orangtua Berharap Pembelajaran Tatap Muka

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi telah memaksa orangtua untuk lebih dekat dengan Teknologi Informasi (TI) karena harus mendampingi, mengajari dan membantu anak dalam proses belajar secara on line. Beban orang tua terutama ibu menjadi bertamb ...

DIY

KPK Monitor Program-Program Kabupaten Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Pemerintah Kabupaten Sleman untuk monitoring program-program melalui Monitoring Control for Prevention (MCP). Direktorat III Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK RI melakuka ...

Pendidikan

Mahakarya Asia Ministerial Lecture 01 Soroti UMKM di Tengah Pandemi

SLEMAN, BERNAS.ID - Universitas Mahakarya Asia menyelenggarakan Ministerial Lecture Episode 01, sebuah konsep kuliah umum, satu menteri, setiap bulannya. Spirit yang diangkat, pembelajaran tidak saja dari para dosen, tetapi dari berbagai su ...

Hukum dan Kriminal

Ratusan Pelanggar Prokes Kota Jogja Dipanggil ke Kantor Satpol PP

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja sudah menindak 139 pelanggar protokol kesehatan. Ini jumlah pelanggaran yang tercatat selama Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap satu sampai PPK ...

Kesehatan

Gak Mau Divaksin? Siap-Siap Kena Sanksi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini tengah menyiapkan aturan sanksi bagi warga yang tidak mau divaksin COVID-19. Aturan itu salah satunya adalah masyarakat harus menunjukan swab antigen setiap tiga hari sekali saat berak ...

DIY

Forpi Kota Yogyakarta Pantau Malioboro, Ini Hasilnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait fasilitas umum (Fasum) berupa Guiding Block atau Tactile Paving, yang digunakan khusus bagi penyandang disabilitas di kawasan wisata Mali ...

DIY

Vredeburg dan Beringharjo Menjadi Lokasi Vaksinasi Massal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku siap menyelenggarakan vaksinasi massal Covid-19 tahap kedua. Vaksinasi massal rencananya akan dimulai pada hari Senin (1/3/2021). Tiga lokasi untuk vaksinasi massal telah d ...

DIY

Daripada Memberi Sanksi, Cukupi Dulu Ketersediaan Vaksin

SLEMAN, BERNAS.ID - Epidemolog berpendapat daripada Pemerintah memberi sanksi kepada masyarakat yang menolak vaksin, lebih baik fokus dahulu untuk memenuhi kebutuhan vaksin. Sanksi tersebut muncul pasca keluarnya Peraturan Presiden (Perpres ...

DIY

Jumlah Penerima Danais Masuk Desa Tahun Depan Bisa Bertambah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mulai tahun 2021, sebanyak 33 kelurahan di DIY mendapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari alokasi Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Kelurahan penerima diminta memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, agar terbuka pe ...

DIY

Cadangan Beras Kota Jogja Masih Jauh Dari Target

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menambah cadangan beras untuk ketahanan pangan setiap tahunnya agar mencapai 120 ton. Dan cadangan beras yang tersedia tahun 2021 ini baru sekitar 16,75 ton. “Tahun ...

Pariwisata

Kondisi Pariwisata Halal di Tengah Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam masa pandemi covid-19 ini, pariwisata halal mengalami peningkatan omset, berbeda dengan lainnya yang mengalami penurunan, terutama pada sektor kuliner halal. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Pariwisat ...

Budaya

PBTY XVI Resmi Dibuka secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada yang lain dari perhelatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke XVI tahun 2021 kali ini, biasanya sepanjang Kampung Ketandan Malioboro penuh sesak dengan antrian manusia yang ingin menyaksikan perpaduan kese ...

DIY

Sepi Pelanggan, Mawar sekarang Jual Makanan Online

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perekonomian merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya. Hal itu juga yang sangat dirasakan Mawar (nama samaran), seorang pekerja seks kom ...

Kesehatan

Long Covid, Fenomena yang Dialami Penyintas Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Long Covid menjadi salah satu fenomena yang kerap dijumpai para pasien yang sembuh (penyintas) dari Covid-19. Gejala Long Covid akan dialami pasien setelah beberapa bulan pasca infeksi atau saat masa pemulihan. Dokter ...

Pariwisata

Bermacam Pelatihan Dibutuhkan Para Pelaku Pariwisata di Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi B DPRD DIY, Yuni Satia Rahayu menuturkan pariwisata sebetulnya sangat menjanjikan, khususnya di wilayah pantai dan pinggiran daerah Yogyakarta. Karena menurutnya banyak wisatawan dari luar kota menuju ...

Hukum dan Kriminal

Penganiayaan Terjadi Lagi di Jalanan Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Aksi penganiayaan terhadap pengendara motor telah terjadi di Jalan Kapten P. Tendean, di sebelah utara Toko Sakola Wirobrajan, Yogyakarta. Tragedi yang dialami tiga orang korban berboncengan dengan satu motor i ...

DIY

Sejumlah Warung di Maguwoharjo Masih Tak Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman masih menemukan sejumlah pelaku usaha makanan yang melanggar protokol kesehatan (prokes) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jumat (19/2/2021). Pelanggaran tersebut ...

Pariwisata

Kondisi Industri Pariwisata DIY Ditengah Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kondisi pariwisata merupakan salahsatu industri yang sangat terdampak ditengah pandemi covid-19 yang hampir satu tahun melanda Indonesia. Karena inti dari Pariwisata itu adalah perjalanan manusia, sementara manusia i ...

Pariwisata

Tak Dapat Ditawar, Dunia Pariwisata Wajib Hidup Berdampingan dengan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Destinasi wisata dan usaha-usaha terkait di bidang pariwisata, seperti akomodasi, tour and travel, dan obyek wisata menjadi sektor yang sangat terpukul di masa Pandemi Covid-19. Kunjungan mengalami penurunan yang lua ...

DIY

Begini Perbedaan Sikap Pedagang Malioboro Terkait Larangan Demo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Merespons Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka, Forum Pekerja Sektor Informal Jogja mengaku tidak sepakat dengan beberapa ...

Pariwisata

Kondisi Hotel dan Restoran di Masa PTKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi COVID-19 telah membuat sektor jasa hotel dan restoran menjadi remuk redam. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sebanyak puluhan hotel dan restoran di Yogyak ...

Ekonomi

Harga Rumah yang Tinggi Karena Keterbatasan Lahan juga Jadi Ancaman Bagi Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Semakin berkurangnya lahan yang akan dijadikan perumahan, menjadikan harga rumah di Yogyakarta menjadi tinggi atau mahal, walaupun di Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang banyak dipilih untuk berinvestasi prop ...

DIY

Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Posko PPKM Maguwoharjo

SLEMAN, BERNAS.ID - Posko pelaksanaan PPKM mikro di Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta mendapat kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat pagi (19/2/2021). Lurah Maguwo ...

Olahraga

Kompetisi Sepak Bola Diizinkan, Ini Pesan Kapolri

SLEMAN, BERNAS.ID - Pihak Kepolisian memberikan ijin untuk penyelenggaraan kompetisi sepakbola di tengah Pandemi Covid-19. Keputusan pemberian ijin ini diberikan setelah melakukan kajian yang mendalam. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabo ...

Hukum dan Kriminal

Begini Sikap Sultan Terkait Dua Kantor Pemda DIY yang Digeledah KPK

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku tidak mau ambil pusing terkait penggeledahan kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY oleh Komisi Pemberantasan ...

Politik

Pemerintah Minta di Kritik, Masyarakat Takut Ditangkap

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk lebih aktif memberi masukan dan kritik kepada pemerintah guna mewujudkan pelayanan yang lebih baik. "Masyarakat h ...

Pariwisata

Bisnis Perhotelan Mulai Pulih, Termasuk Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Virus Corona memaksa sebagian besar masyarakat agar tetap tinggal di rumah. Dampaknya, lokasi wisata sepi pengunjung dan berdampak pada okupansi ...

Kesehatan

Penerapan PPKM, Kasus Mingguan Covid-19 di Kota Yogyakarta Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID  - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta menilai penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Yogyakarta bisa menurunkan kasus Covid-19. Hal ini terbukti dengan jumlah kasus ...

Olahraga

Yevhen Bokhashvili Undur Diri dari PS Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemain asal Ukraina resmi mengundurkan diri sebagai pemain PS Sleman setelah mengirimkan surat pengunduran diri kepada manajemen klub. Ia tidak berstatus pemain PSS sejak hari Rabu (17/2/2021).  “Yevhen Bok ...

Ekonomi

2021, Usaha Properti Tunjukkan Tanda-tanda Baik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bisnis properti tak dipungkiri melambat saat Pandemi Covid-19 karena masyarakat begitu berpikir panjang untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Kabar baiknya, awal tahun 2021 ini sudah menunjukkan ke arah yang le ...

DIY

5 Kecamatan di Kota Jogja Rawan Banjir Lahar Hujan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja menyebut terdapat lima kemantren atau kecamatan di Jogja rawan banjir lahar hujan atau banjir lahar dingin dari Gunung Merapi. Kelima kecamatan itu adalah Tegalre ...

Ekonomi

Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Pertama di DIY, Namun Banyak Pedagangnya Gaptek

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasar Prawirotaman Yogyakarta kini menjadi pasar digital pertama di DIY. Di samping miliki fasilitas yang menyerupai pusat perbelanjaan modern, transaksi digital juga tersedia di pasar tradisional ini.  Dibeb ...

DIY

Dua Perjalanan Tambahan KRL Jogja-Solo Diperpanjang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - KAI Commuter tetap menjalankan dua jadwal KRL tambahan pada wilayah Yogyakarta – Solo yang sebelumya dilayani sejak 15 Februari 2021 hingga hari ini. Dua jadwal tambahan perjalanan KRL ini akan beroperasi setid ...

Ekonomi

Ini Ancaman Bisnis di Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan penyebaran virus corona (Covid-19) semakin memberatkan perekonomian. Bahkan, kondisi terburuknya, dia memperkirakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 2,3% ...

Hukum dan Kriminal

Sepasang Kekasih Tipu Warga Italia, Kolektor Barang Antik

SLEMAN, BERNAS.ID - Sepasang kekasih melakukan penipuan kepada warga Italia yang berprofesi kolektor barang antik bernama Daniel Schiavon (67). Ia pun juga merasa menjadi korban pemerasan sehingga melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. ...

DIY

Masa Jabatan Bupati Sleman Berakhir, Sekda Menjadi PLH Bupati

SLEMAN, BERNAS.ID - Masa jabatan Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun periode 2016-2021 selesai hari ini, Rabu (17/2/2021). Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Pl ...