Erupsi Puluhan Kali, Wakil Bupati Cek Kelayakan Barak Pengungsi di Purwobinangun Pakem

SLEMAN, BERNAS.ID - Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun meninjau Barak Pengungsian Erupsi Merapi di Purwobinangun, Argomulyo, Pakem, Sleman, Kamis (28/1/2021). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kelayakan kondisi barak, posko kesehatan, dan dapur umum.

Di barak pengungsian Purwobinangun, Pakem terdapat sebanyak 65 kepala keluarga yang terdiri dari 76 laki-laki, 77 perempun, 36 balita, 1 ibu hamil, dan 26 lansia. Diketahui, warga yang berasal dari Dusun Turgo di pinggiran Kali Boyong ini mengungsi karena Gunung Merapi erupsi puluhan kali pada hari Rabu (27/1/2021) dengan luncuran awan panas guguran sejauh 3 kilometer.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan, sebagai pihak pemerintah wajib mengetahui kondisi warganya dan memastikan kebutuhan pengungsi terpenuhi. Fasilitas lain seperti dapur umum, fasilitas kesehatan, dan kamar mandi akan disediakan untuk kenyamanan pengungsi.

"Warga harus tetap responsif dan tidak boleh panik, serta percaya diri. Ketika tandanya sudah ada, harus patuh terhadap aturan dan standar prosedur operasional karena keselamatan itu diperoleh dari sana,” tuturnya berpesan kepada para pengungsi.

Ia pun mengimbau para pengungsi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pemerintah akan menyediakan tempat untuk pengungsi yang dilengkapi sekat-sekat agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, sesuai dengan Protokol Kesehatan, Pemkab Sleman juga menyediakan pos SWAB yang disediakan oleh Dinkes Sleman bagi para petugas dan relawan.

“Penanganan pengungsi di era pandemi, warga tetap harus mengikuti protokol kesehatan dan melakukan rapid test bagi relawan. Pemerintah, warga dan petugas juga sudah melakukan kewajibannya masing-masing sesuai dengan SOP,” terangnya. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up