Menjadi Seorang MUA Profesional? Why Not! Begini Langkahnya

Bernas.id – Menjadi seorang Make Up Artist atau yang lebih familiar dengan istilah MUA kini mulai banyak dilirik orang. Terutama bagi wanita yang doyan dandan, profesi satu ini tentu sangat menyenangkan. Menjadi seorang MUA profesional? Why not!

Saat menghadiri undangan pernikahan, sangat menyenangkan jika melihat pengantin wanita dirias super cantik. Apalagi jika didampingi bridesmaid yang glowing-glowing. Tentu menambah kebahagiaan tersendiri, baik bagi para tamu terlebih untuk sang pengantin.

Lantas, siapa sih yang berperan mengubah penampilan sang pengantin wanita dan para bridesmaid  sehingga bisa tampil semakin cantik maksimal seperti ini?

Yup, tepat sekali! Tangan terampil perias atau MUA-lah yang melakukan semua itu. MUA profesional akan mampu membuat wajah yang mulanya biasa saja menjadi terlihat cantik, natural tanpa terkesan berlebihan.

Saat ini profesi MUA sangat hits dan semakin diminati seiring berkembangnya beauty blogger maupun beauty vlogger. Apalagi tren varian makeup drugstore dan high-end semakin banyak sehingga membuat para wanita semakin dimanjakan untuk berdandan.

Jika jeli, wanita yang suka dan bisa berdandan dapat mengambil peluang ini, menjadi seorang MUA profesional sangat terbuka lebar dan mempunyai prospek bagus ke depannya. Namun, tentu tidak semua yang bisa dandan dapat disebut sebagai seorang MUA, kan?

Lantas apa saja yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang MUA profesional?

Ada beberapa hal yang harus disiapkan agar dapat menjadi seorang MUA profesional, antara lain;

Pertama, niat dan keyakinan akan profesi MUA

Segala pekerjaan harus diawali dengan niat yang baik serta sebuah keyakinan bahwa profesi yang ditekuni adalah pilihan terbaik. Tak terkecuali MUA. Niat membuat klien tampil lebih cantik, lebih fresh sehingga akan mendatangkan kebahagiaan.

Berawal dari niat pulalah suatu profesi akan dikerjakan dengan sungguh-sungguh atau tidak. Jadi, jika ingin menjadi seorang MUA, mantapkan niat dan keyakinan terlebih dahulu ya.

Kedua, bekali diri dengan pengetahuan dan ketrampilan yang mumpuni.

Tak ada suatu pekerjaan yang tanpa ilmu termasuk menjadi seorang MUA. Pelajari seluk-beluk dunia make up, mulai dari macam-macam peralatan make up, kesesuaian bentuk wajah dengan style riasan, dan segala pernak-perniknya. Jika diperlukan tidak ada salahnya mengikuti kelas kecantikan. Namun perlu diingat, jangan asal pilih saat menentukan lembaga penyelenggara kursus. Untuk make up class, pilihlah LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) yang sudah terpercaya, terdaftar dan mempunyai izin penyelenggaraan. Salah satu LPK di wilayah Yogyakarta yang bisa dijadikan referensi adalah LPK Shinta Bella milik seorang Asesor MUA, Sinta Kusumaningrum, S.E, M.M. LPK ini beralamat di jalan Solo Km. 10,5 Tikungan Grogolsari, Purwomartani, Kalasan, Sleman dengan nomor telepon 0812-2986-205 atau 0815-4212-1448. 

Ketiga, siapkan perlengkapan rias.

Niat dan pengetahuan sudah oke. Keterampilan pun telah diasah melalui lembaga kursus. Persiapan ketiga ini juga tidak kalah penting. Mempersiapkan perlengkapan rias. Ini adalah senjata utama untuk menjadi seorang MUA profesional. Setidaknya perlengkapan dasar yang harus dimiliki.  Apa saja ? Ada tiga belas perlengkapan yang minimal dimiliki, antara lain: brushmake up, foundation, beauty blender, blush on, pewarna bibir, eyeshadow, palette, eyeliner, maskara dan bulu mata, eyebrow kits, alat countouring dan highlight.
bedak, make up remover, dan tas make up.

Namun jangan khawatir, LPK umumnya menyediakan semua keperluan ini saat mengikuti kursus. Nah, jika ketiga hal di atas sudah disiapkan, menjadi MUA profesional? Why not! (tan)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up