Berita Nasional Terpercaya

Anak Kecanduan Game Online? Minimalisir dengan Cara ini

0

Bernas.id – Game online kian banyak peminatnya bukan hanya orang dewasa yang menyukainya namun anak-anak pun banyak tertarik untuk memainkannya, tetapi hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan atau karena keadaan anak sehingga jadi kecanduan game online. Resah dan gelisah pasti selalu orangtua khawatirkan, karena tidak bisa dipungkiri ada dampak buruk yang akan timbul  bagi anak. Namun akankah sikap orangtua yang terlalu khawatir dan selalu melarang membuat anak merasa nyaman?

Berikut adalah cara agar bisa meminimalisir anak agar berhenti kecanduan game online;

1. Sembunyikan gadget

Mungkin diperlukan cara efektif agar anak tidak melihat saat kita menyembunyikan hal ini dilakukan agar si anak tidak terlalu bergantung pada gadget yang digunakan untuk main game online, bukan berarti disembunyikan selamanya namun cobalah menyembunyikannya  sejenak saja. Dan cobalah cari perhatian agar anak lupa gadget-nya Misal dengan ajak dia bermain di taman atau di keramaian.

2. Ciptakan suasana belajar yang efektif

Menciptakan suasana belajar yang efektif disini maksudnya adalah membuat anak senang akan pelajaran sehingga lupa gadget-nya. cara ini bisa mencegah dan mengurangi  anak kecanduan game online. Kemudian dengan menciptakan suasana yang menarik juga akan menambah semangat anak untuk belajar dan tentunya anak akan lupa sehingga meninggalkan aktivitas sebelumnya.

3. Tetapkan batas waktu

Menetapkan batas waktu akan membuat anak tersusun aktivitasnya. Cobalah beri batasan durasi, lokasi, bahkan batasan berdasarkan hari dalam seminggu. Dengan memberi batasan waktu akan mengontrol kegiatannya sehingga anak mengerti kapan dia harus belajar, bermain dan melatih anak agar menyeimbangkan kegiatannya.

4. Berbagi gadget

Cara yang di ampuh untuk dilakukan selajutnya adalah dengan cara mencegah anak kecanduan game online yaitu dengan memintanya agar berbagi gadget dengan orang tua. Katakan ke anak bahwa gadget yang digunakan dia gunakan untuk main game online bukan hanya milik dia, namun coba katakan bahwa orang tua atau kita juga memerlukannya untuk keperluan kerja. Dengan hal ini akan menunjukkan bahwa orang tua sangat serius dan mengajarkan anak untuk berbagi.

5. Reward untuk anak

Hal yang bisa kita sebagai orang tua untuk mencegah yaitu buat game atau kegiatan yang ketika anak menang, hadiahnya main game online hal ini sebagai sebuah tantangan dan penghargaan untuk anak. Contohnya, jika anak dapat menyelesaikan 4 tugas atau melakukan hal yang positif maka dia boleh memainkan game online selama satu jam. Namun, Jangan hanya hadiah namun ada konsekuensi jika anak tidak mampu menyelesaikannya. Dengan begitu anak terpancing menyelesaikan tantangan dan mengurangi main game online-nya.

6. Ceritakan dampak bermain game online

Langkah terakhir yang bisa kita coba untuk mencegah dengan cara  menjelaskan kepadanya bahwa kebiasaan dan kecanduan game online adalah hal yang buruk dan berdampak negatif. Dan itu tidak baik sehingga akan memberikan dampak buruk kedepannya. lakukan nasihat itu setiap hari lambat laun dia akan mengerti dan menyadari apa yang telah dilakukannya.

Nah itulah hal yang bisa kita lakukan sebagai orangtua sebagai langkah antisipasi dan juga meminimalisir resiko , serta dampak buruk anak  kecanduan game online. (LSR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.