PT. Pertamina Siap Mewujudkan Green Energy

Bernas.id - Diperkirakan permintaan dan konsumsi minyak dunia akan turun dari 110 juta barel per hari menjadi sekitar 65 hingga 73 juta barel per hari. Atas dasar ini, Pertamina sedang melakukan transisi dengan perubahan global. Guna  mendukung tujuan pemerintah dalam pengembangan energi baru terbarukan. PT Pertamina (Persero) memastikan kesiapannya dalam menghadapi transisi energi global. Selain itu, PT Pertamina (Persero) juga terus memastikan pengembangan program energi hijau atau green energy berjalan sesuai visi pemerintah untuk menciptakan ketahanan dan kemandirian energi secara nasional sekaligus menjawab tantangan transisi energi di masa depan.

Dengan mengacu pada Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), Pertamina telah menyusun rencana transisi hijau dalam rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) perseroan pada 2035. Saat ini, permintaan minyak dunia telah turun 35%, dan diperkirakan akan mencapai 24% pada tahun 2035. Di sisi lain, permintaan energi telah bergeser ke renewable energy yang mengalami peningkatan sebesar 30%. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, menjelaskan langkah strategis dan inisiatif Pertamina saat ini sejalan dengan agenda perusahaan minyak dan gas dunia.  

Agenda strategis pertama adalah mengembangkan ketenagalistrikan melalui monetisasi aset panas bumi melalui independent power producer (IPP). Dengan tujuanuntuk mengembangkan  1,3 GW proyek panas bumi serta independent power producer (IPP) di daerah dengan radiasi matahari tinggi, dan menjalin kemitraan strategis untuk pembuatan sel surya. Namun dalam jangka pendek, akan fokus pada aplikasi Solar PV di dalam Pertamina Group melalui sinergi antara subholding dan captive market di BUMN.

Agenda strategis kedua adalah mengoptimalkan penggunaan energi ramah lingkungan untuk mobilitas di sektor transportasi. Usaha ini mendukung pemerintah melakukan mandatori Biodiesel 30 persen (B30), Green Refinery, dan Co Processing CPO. Pertamina juga menyiapkan produksi baterai melalui kemitraan dengan penyedia teknologi baterai dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta menyediakan infrastruktur pengisian daya untuk mobil listrik (E2W dan E4W).

Agenda strategis ketiga adalah mengupayakan bahan bakar dengan mengoptimalisasi sumber energi lain yang tersedia di Tanah Air. Antara lain, melakukan gasifikasi batubara kadar rendah menjadi Dimethyl Ether (DME) untuk subtitusi LPG dalam rangka mengurangi impor dan menghasilkan energi yang lebih bersih. Dimasa transisi, Pertamina mengembangkan sejumlah proyek gas sebagai energi transisi antara fuel dan new renewable energy.

Demi mendukung transisi langkah Pertamina untuk melakukan transformasi ke Green Energy PT Pertamina (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas bumi mengembangkan energi baru terbarukan, salah satunya melalui pembangunan kilang minyak berbasis minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/ CPO). Proyek Strategis Nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.109 tahun 2020.

kegiatan program CSR bertujuan meningkatkan reputasi dan kredibilitas Pertamina. yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, serta bantuan khusus. Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit, CSR Pertamina berfokus pada empat isu yang menjadi pilarnya yaitu: Pertamina Cerdas, Pertamina Sehati, Pertamina Hijau, Pertamina Berdikari. Program CSR Pertamina menerapkan strategi-strategi besar, yakni;

  • Saling memberi manfaat (fair shared value),
  • Berlanjut,
  • memprioritaskan wilayah operasi dan daerah yang terkena dampak,
  • Pengembangan energi hijau sebagai tanggung jawab terhadap dampak operasi,
  • Sosialisasi dan publikasi secara efektif.

Hal ini, tentu saja menuai banyak dukungan dari msyarakat terbukti dari unggahan akun twitter @pertamina yang menggunakan #EnergizingTheFeature dan #EnergizingYou. Dengan caption “we are here, ready to energize you and our fututre!” Menuai tanggapan positif dari masyarakat salah satunya “luar biasa keren.”, ”wah pertamina emang yang terbaik deh.”, ”semangat ya pertamina.” Tulis netijen di kolom komentar. (mwe)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up