Semarang Dikepung Banjir. Bandar Udara Ahmad Yani Lumpuh. Apa Penyebab Sebuah Bandara Ditutup?

Bernas.id - Hingga Senin (8/2) kota Semarang masih dikepung banjir. Ini terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur sejak awal Februari sehingga terjadi luapan Kali Beringin Mangkang dan Kali Plumbon Kaligawe.

Banjir yang terjadi di kota Semarang ini tidak hanya berdampak pada kegiatan masyarakat di mana wilayah tempat tinggalnya tergenang air hujan tetapi juga berpengaruh pada aktivitas di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani. Bandara yang terletak di Tambakharjo Kecamatan Semarang Bar, Kota Semarang ini sempat ditutup karena banjir.

Penutupan bandara internasional yang baru diresmikan pada bulan Juni lalu ini berdampak pada 21 penerbangan dari dan ke Badara Ahmad Yani.

Sebenarnya apa alasan yang dapat menyebabkan penutupan sebuah bandara?

Berikut adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan penutupan sebuah bandar udara.

Pertama, Runway Basah

Runway atau landasan pacu yang basah tergenang air menjadi licin. Hal ini membahayakan pesawat yang akan lepas landas atau melakukan pendaratan. Roda pesawat hanya akan mendapat sedikit gesekan sehingga dikhawatirkan akan berpengaruh pada proses pemberhentian pesawat. Jika ini terjadi maka dapat dipastikan pesawat akan tergelincir (overrun). Inilah yang terjadi pada Bandara Ahmad Yani di Semarang. 

Kedua, Kerusakan Alat Navigasi

Alat navigasi merupakan hal terpenting dalam suatu penerbangan selain kondisi pesawat yang harus laik terbang. Kerusakan alat navigasi pada sebuah bandar udara menjadi salah satu alasan penutupan bandara tersebut. Kerusakan ini dapat menyebabkan kecelakaan pesawat karena ketidakakuratan data yang diterima. Penutupan Bandara Hang Nadim Batam tahun 2016 merupakan contoh penutupan bandara karena kerusakan alat navigasi yang saat itu tersambar petir.

Ketiga, Bandara Terdampak Erupsi Gunung

Penutupan Bandara Ngurah Rai Bali pada tahun 2018 adalah contoh kasus penutupan sebuah bandara karena dampak erupsi gunung. Landasan pacu tertutup debu erupsi gunung meletus. Runway yang tertutup debu erupsi membahayakan pesawat yang akan lepas landas maupun melakukan pendaratan. Selain itu, debu erupsi juga mengganggu jarak pandang pada rute penerbangan.

Keempat, Ada Halangan di Runway

Patahnya roda pesawat Hercules milik tentara AU di Bandara Abdulrahman Saleh Malang yang terjadi tahun 2016 saat hendak terbang menuju Pangkalan TNI AU di Madiun menyebabkan ditutupnya bandara tersebut. Hal ini karena kerusakan terjadi di landasan pacu yang juga digunakan untuk pesawat komersil. Bandara ini ditutup sampai proses recovery selesai.

Demikianlah beberapa alasan yang dapat menyebabkan sebuah banda udara ditutup seperti yang terjadi di Bandara Ahmad Yani Semarang kemarin. (tan) 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up