Berita Nasional Terpercaya

Imlek 2021: Tahun Kerbau Logam, Harapan Serta Ramalan Suku Thionghoa di Tahun Ini

0

Bernas.id ? Gong Xi Fa Cai. Selamat merayakan tahun baru Imlek ke-2572 Kogzili yang jatuh pada tanggal 12 Pebruari 2021. Tahun baru imlek dirayakan oleh suku Thionghoa dan keturuannya yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Selain barongsai dan barang khas China yang bernuansa merah, tahun baru imlek juga identik dengan shio. Shio merupakan dua belas bulan yang mewakili tahun, bulan, dan jam tertentu dalam astrologi Thionghoa. Setiap shio memiliki lambang dan makna yang berbeda yang diyakini oleh suku Thionghoa. Kalender China terbagi menjadi 12 siklus sesuai dengan shio yang ada, yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Tahun 2020 lalu merupakan tahun dengan shio tikus. Itu artinya tahun 2021 adalah tahun dengan shio kerbau. Menurut laman Wikipedia orang yang bershio kerbau memiliki karakter cenderung keras kepala, pekerja keras, jujur, dan fleksibel. Mayoritas orang yang bershio ini mengutamakan kesempurnaan dalam bekerja, dan menuntut orang lain melakukan hal yang serupa. Shio kerbau dimiliki oleh orang-orang yang lahir pada tahun 1925,1937,1949,1961,1973,1985,1997, 2009. Sementara lima elemen pada shio kerbau yang terdiri dari kayu, air api, tanah dan logam akan berulang setiap 60 tahun sekali.

Dilansir dari Kompas.com, CEO& Founder Ara Hunter Hendra Martono Liem mengatakan bahwa tahun kerbau logam merupakan tahun yin metal atau logam kecil. Menurutnya sesuatu yang berhubungan dengan yin metal dan unsur air akan tertolong. Seperti pertambangan emas dan nikel dapat bersinar di tahun ini.

Sektor yang diramalkan membutuhkan perjuangan berat karena akan mengalami kesulitan diantaranya pada sektor busana, rumah mode, sekretaris, arsitek, konsultan, akuntan, reklame, seniman, pariwisata, hotel, travel, transportasi.

Menghubungkan dengan kondisi pandemi, masyarakat berharap adanya kebangkitan melalui kerja keras. Harapan tersebut mereka tuangkan melalui sosial media Twitter.

?Semoga di tahun baru ini muncul harapan dan semangat baru yang membawa  keberuntungan dan keberkahan melalui kerja keras yang tidak kenal lelah, seperti shio Kerbau Logam. Gong Xi Fa Cai,? tulis akun @KemenristekBRIN

?Tahun Kerbau Logam disebut tahun yang seimbang. Sesuai kalender Thionghoa, maknanya tahun ini harus dijalani dengan keras, disiplin & pantang menyerah,? tulis akun @Dhinijogja.

Harapan juga datang dari tokoh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. ?Semoga di tahun kerbau logam ini kita semua bisa menjalani tahun 2021 dengan sukses, dilimpahi kesehatan dan kesejahteraan,? tulisnya dengan akun @aniesbaswedan.

Terlepas dari ramalan shio kerbau logam, semoga Indonesia segera bangkit dari keterpurukan adanya pandemi. (muu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.