close

MUI Angkat Bicara Terkait Pakaian Seragam dan Atribut Kekhususan Agama, Lalu Apa Sebenarnya Batasan Aurat Itu?

MUI Angkat Bicara Terkait Pakaian Seragam dan Atribut Kekhususan Agama, Lalu Apa Sebenarnya Batasan Aurat Itu?

Bernas.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara terkait SKB 3 Menteri tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut kekhususan agama di lingkungan sekolah. Sikap tersebut terangkum dalam tausiyah Dewan Pimpinan MUI yang ditandatangani Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar dan Sekjen Amirsyah Tambunan, pada Kamis 11 Februari 2021. Pada intinya, Majelis Ulama Indonesia berpandangan bahwa pendidikan tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi penanaman nilai-nilai (transfer of values), dan pengamalan ilmu serta keteladan (uswah). Oleh karena itu, sekolah yang memerintahkan atau mengimbau peserta didik, dan tenaga kependidikan agar menggunakan seragam dan atribut yang menutup aurat, termasuk berjilbab, merupakan bagian dari proses pendidikan untuk mengamalkan ilmu dan memberikan keteladanan.

Hijab diperlukan dalam rangka melindungi perempuan dari pandangan laki-laki yang tak berhak memandangnya, sebagaimana di dalam alam ruhani, hijab juga diperlukan untuk menyembunyikan hakikat dari pandangan orang-orang yang tak layak memandangnya. Hukum aurat dan hijab ialah untuk memelihara kehormatan dan kemuliaan wanita. Namun, faktanya masih banyak orang yang menganggap bahwa hijab mengekang kaum perempuan. Sejatinya umat Islam menerima hak atas martabat seseorang, terutama perempuan. Jika aurat dipertontonkan, kaum pria bisa mengeksploitasi perempuan secara leluasa. Oleh karena itu, aurat perempuan harus dijaga dan ditutup. 

Menurut Muthmainnah Baso dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa pada hakikatnya menutup aurat adalah mengangkat martabat perempuan. Kita bisa saja mengikuti pendapat beberapa cendekiawan kontemporer yang melihat aurat perempuan dari sisi yang berbeda, namun untuk menghindari terjadinya tindak kriminal seperti pemerkosaan dan perzinaan yang sudah bosan kita dengar dan saksikan, maka hendaknya perempuan-perempuan menjaga dan menutup aurat tanpa menampakkan dan menonjolkan bagian tubuh yang berpotensi menimbulkan nafsu kebanyakan laki-laki, karena fenomena buka-bukaan adalah termasuk tren zaman sekarang. Fenomena tersebut cepat atau lambat akan masuk ke daftar berbagai macam penyakit yang merambah pada diri manusia. 

Ibnu Qasim Al-Ghazzi berkata, “Aurat itu wajib ditutup dari pandangan manusia ketika berada bukan hanya di dalam salat, namun juga di luar salat. Juga aurat tersebut ditutup ketika bersendirian kecuali jika dalam keadaan mandi.” (Fath Al-Qarib). Tidak seperti laki-laki yang auratnya paten pada satu ukuran--yaitu antara pusar dan lutut, ukuran aurat perempuan berbeda-beda, sehingga ada perbedaan yang mencolok dalam praktek kesehariannya. Ulama Syafi'iyah bersepakat bahwa aurat perempuan adalah seluruh badan, kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Imam Syafi’i menyatakan dalam kitab Al-Umm ketika menjelaskan bagaimana memakai pakaian dalam salat, “Dan setiap wanita adalah aurat kecuali dua telapak tangan dan wajahnya.” Sedangkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj disebutkan, “Aurat wanita merdeka adalah selain wajah dan dua telapak tangan, dhahirnya dan bathinnya sehingga dua persendiannya.

Lalu berdasarkan firman Allah, “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang biasa nampak dari padanya.” Maksud dari ‘kecuali yang biasa nampak padanya’ menurut para ulama tafsir adalah wajah dan kedua telapak tangan. Wajah dan kedua telapak tangan bukanlah aurat karena kebutuhan yang menuntut keduanya untuk ditampakkan. (Rrw)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru