Berita Nasional Terpercaya

Syarat Menjabat Kepsek Harus Ikut Program Guru Penggerak, Apa Saja Keuntungannya?

0

Bernas.id – Berdasarkan informasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Program Guru Penggerak akan menjadi syarat yang jadi acuan untuk menjadi kepala sekolah. Nadiem mengatakan, siapa pun guru yang akan tergabung dalam program tersebut memilki kesempatan untuk menjadi kepala sekolah.

“Ke depan, kalau mau punya karier sebagai kepala sekolah, tentu harus melewati program Guru Penggerak karena hal ini bukan cuma program penguatan, tapi juga kepemimpinan,” ucap Nadiem dalam keterangan tertulis, Senin (15/2/2021).

Dengan demikian, Program Guru Penggerak sendiri sudah dirancang untuk memberikan pembekalan kompetensi untuk para guru mulai jenjang TK/PAUD hingga SMA. Melalui Program Guru Penggerak diharapkan supaya bisa menyiapkan pemimpin pembelajaran masa depan. Adapun untuk angkatan pertama, program ini hanya bisa melibatkan 2.800 orang guru. Nadiem juga telah memastikan bahwa kuota program Guru Penggerak akan ditambah seiring dengan tingginya daripada minat para guru.

“Sebenarnya, melalui Program Guru Penggerak Kemendikbud bukannya mau mengajari menjadi seorang guru. Semua guru yang baik tahu bahwa ada yang tidak beres dengan cara kita mengajar. Padahal insting guru itu sudah benar. Jadi tugas Kemdikbud adalah memerdekakan insting itu,” lanjut Nadiem.

Nadiem juga memiliki harapan agar Program Guru Penggerak dapat menginspirasi guru dan orang tua murid di rumah untuk mengubah paradigma belajar saat ini.

“Guru penggerak harus mengajak guru lain untuk mengubah paradigma mengajar. Setelah berbagi kepada sesama guru, harus disebarkan juga ke orang tua,” ucap Nadiem.

Sejalannya dengan program tersebut, ada beberapa keuntungan, sebagai berikut;

1. Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama. 

2. Peningkatan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang terpusat pada murid.

3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.

4. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain.

5. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari Pengajar Praktik pendidikan guru penggerak 

6. Mendapatkan komunitas belajar baru.

7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan piagam Guru Penggerak.

8. Mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring selama pendidikan.

9. Biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi jika diperlukan untuk pelaksanaan Lokakarya (sesuai dengan kebutuhan).

Itulah berbagai keuntungan mengikuti Program Guru Penggerak. (LSR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.