Bernas.id - Arab Saudi sudah beberapa kali terjadi fenomena alam yakni turunnya salju. Namun hal ini selalu mengejutkan masyarakat dunia, karena Arab Saudi umumnya dikenal sebagai daerah gurun, bersuhu panas, dan kering. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kalau salju turun di daerah arab tersebut. Selain itu, ada juga yang mengaitkan turunnya salju di Arab Saudi sebagai tanda-tanda akhir zaman atau kiamat.

Dari unggahan akun tik tok @nandaelba yang mem-viral-kan berita tentang turunnya salju di Arab Saudi itu pastinya mengejutkan netizen, hal ini membuat netizen ikut berkomentar mulai dari tanggapan doa dan harapan. "Jangan Panik dan Takut Itu Bukanlah Musibah Tapi itu  Allah Sedang Memperlihatkan Kita Kekuasaan dan Kebesaran - Nya !TAKBIR ALLAHUAKBAR. ", "ya Allah panggil lah kita sebelum hari kiamat ya Allah.", "perbanyak doa dan berserah diri kepada Allah karena semua hal atas kehendak Allah." ungkap netizen yang saling bersahutan di kolom komentar. Ada juga yang memberikan tanggapan berupa sanggahan seperti "daerah Arab situ emng suka ada salju, karena daerah itu adalah daerah paling dingin di Arab." kata netizen di kolom komentar tik tok. 

Lalu bagaimana pendapat para tokoh mengenai turunnya salju di mekkah dan madinah apakah sebagai pertanda kiamat? 

Menurut penelitian Profesor Alfred Kroner, ahli geologi terkemuka dunia dari Departemen Ilmu Bumi, Institut Geosciences, Johannes Gutenburg University, Mainz, Germany. Dia menjelaskan bahwa Era Salju Baru (New Snow Age) saat ini telah dimulai, sekarang salju di kutub Utara sedang merangkak/bergeser perlahan-lahan ke arah Semenanjung Arab, pada saat itu iklim dataran Arab berubah dan menjadi salah satu daerah yang paling subur dan hijau di muka bumi. Ini adalah fakta ilmiah yang tak terbantahkan.

Syaikh Syuraim-Imam Masjidil dari Haram berkata, bahwa salju adalah faktor utama dari pembentukan sungai dan tumbuhan. Turunnya salju di Jazirah Arab membuktikan kebenaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah bersabda dalam hadits, “Hari Kiamat baru akan datang setelah negeri Arab kembali menjadi padang yang hijau dan sungai-sungai.” jadi bisa disimpulkan bahwa peristiwa hari kiamat masih menjadi rahasia Allah dan tidak ada makhluk ciptaan-nya yang tahu termasuk nabi dan malaikat. 

Sebenarnya kenapa hal ini bisa terjadi?  

Menurut laporan, wilayah Arab Saudi yang paling dingin yang tertutup salju di Tabuk ini, letaknya sekitar 193 kilometer dari Laut Merah. Menurut Eric Leister, pakar meteorologi senior AccuWeather, fenomena ini di sebabkan akibat adanya badai dahsyat yang melanda Eropa Selatan dan mediterania yang bergerak ke timur tengah dan mendorong udara masuk ke wilayah Tabuk dengan suhu mencapai 4°C. Hal ini membuat kota Tabuk diselimuti salju tebal. Jika salju turun di wilayah Tabuk hal serupa pun juga akan terjadi di negara Iran, Pakistan, dan Afganistan. Ketiga negara tersebut juga penyebab bencana banjir besar dan longsor salju. Salju sendiri terbentuk ketika partikel es kecil di awan menyatu dan membentuk kristal es. Ketika suhu atmosfer lebih rendah dari nol derajat (misalnya, 0 derajat Celcius atau 32 derajat Fahrenheit), saat itu pula proses salju terbentuk. Selain itu, Ada pula muatan minimal untuk kelembaban di udara. 

Turunnya salju di negara Arab tentunya memiliki dampak bagi warga Arab. Meski Salju jarang terjadi di Arab Saudi. Namun, fenomena ini bukan hal yang tak biasa lagi, Karena negara tersebut sudah pernah diberitakan mengalami salju. Pada April 2019 dan Pada tahun ini, salju menyebabkan penduduk Tabuk kesulitan dalam beraktivitas. 

Lalu, Apa yang terjadi jika salju sampai turun di Indonesia?

Sebenarnya bukan tidak mungkin untuk terjadi Indonesia turun salju, beberapa waktu yang lalu juga  banyak daerah di Indonesia yang sudah dihujani oleh es batu dari langit.

Jadi dapat disimpulkan salju cukup mungkin terjadi di Indonesia, seperti ketika di Timur Tengah juga merasakan hal yang sama. Memang terlihat menyenangkan jika turun salju, namun munculnya salju di negara kita justru akan menjadi mimpi buruk. Inilah beberapa dampak yang akan terjadi jika Indonesia turun salju. Yakni:

  • Jika salju terus menerus turun akan menyebabkan seluruh sumber air membeku, mengakibatkan masyarakat kekurangan air bersih. 
  • Jika salju benar-benar turun di Indonesia, tanah Indonesia yang subur akan tertutupi salju, sehingga petani tidak dapat bercocok tanam, sawah tak bisa lagi ditanami padi, bahkan rumput untuk hewan ternak juga akan sulit ditemukan. Serta jumlah kemiskinan di Indonesia akan semakin bertambah 
  • Banyak masyarakat menderita hipotermia karena tidak bisa menghangatkan dirinya dengan baik, terutama yang berasal dari kalangan orang kurang mampu ataupun gelandangan yang membeli baju untuk sehari-hari saja tidak mampu apalagi menyediakan baju untuk musim dingin. 

Jika salju benar-benar turun di Indonesia bisa dibayangkan negara akan sangat kewalahan. Karena rumah-rumah yang tidak didesain untuk menahan berat beban salju akan roboh, Jalan raya yang tertimbun salju bisa menyebabkan kemacetan, nelayan berhenti melaut karena laut membeku, Jalan menjadi licin, menyebabkan terjadinya kecelakaan, kapal-kapal yang membawa penumpang akan berhenti beroperasi karena tidak didesain untuk memecah Es. Selain itu, untuk mengatasi hal itu, tentu saja membutuhkan anggaran yang sangat besar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan agar banyak orang yang mengetahui. (mwe)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up