Sebuah Perjanjian yang Membawa Petaka

Penulis : Heru Sang Amurwabumi
Editor : Sabila J. Firda
21 Februari 2021

Ilustrasi dari 99

Bernas.id - Ini sudah hari ketujuh. Mestinya makhluk yang dulu dipuja bapak itu akan datang menemuiku. Aku sudah melakukan ritual seperti yang disarankan: mandi dengan bunga tujuh rupa dan berdiam diri di pancuran sungai ini mulai jam sepuluh malam hingga jam tiga dini hari sambil merapal mantra. Tidak mudah. Namun, aku terpaksa melakukan semua ini demi keluargaku.

Jam dua lewat lima belas menit. Belum ada tanda-tanda makhluk itu akan muncul. Sambil menunggunya, aku membuka ingatan masa lalu keluargaku. Saudaraku ada tujuh orang, sekarang mereka sudah dewasa, ada yang sudah memiliki cucu. Mereka hidup berkecukupan, usaha mereka juga lancar. Mereka hidup bahagia. Namun, mereka lupa dengan bapak dan ibu yang masih tinggal bersamaku, karena aku adalah anak bungsu.

Usia bapak mungkin sekitar 80 tahun. Dia tidak bisa mengingat tanggal dan tahun berapa dirinya dilahirkan. Bapak menjalin kerja sama dengan makhluk yang akan kutemui ini, sejak usiaku menginjak lima tahun. Dua puluh lima tahun lamanya, bapak menjadi tumbal pesugihan atas keinginannya sendiri, demi membesarkan kami. 

Menurut cerita ibu, saat itu keadaan kami sangat sulit. Kami tinggal di kandang sapi milik kakak kandung bapak. Sementara bapak bertugas merawat sapi-sapi milik saudaranya. Ibu juga bekerja sebagai pembantu. Namun, saudara bapak—yang biasa kupanggil Pakde Kastardji—suka bertingkah semena-mena terhadap keluarga kami. Kakak-kakakku kadang disuruh membantu di sawah, dengan upah satu kali makan dengan lauk ikan asin dan sambal. Gaji Bapak sering tak dibayar tepat waktu, padahal Bapak sangat butuh untuk kebutuhan juga biaya sekolah kakak-kakakku. 

Keadaan makin buruk ketika kakakku yang nomor tiga tertangkap basah mencuri nasi di dapur pakde Kastardji. Bude Partiyah—istri Pakde—marah dan mengusir kami semua. Sebagai saudara, bapak sudah memohon maaf dan berjanji kalau kakakku tidak akan mengulangi lagi. Namun sepertinya, tak ada lagi rasa iba di hati Pakde Kastardji. 

Kami sekeluarga terlunta-lunta. Kadang kami menginap di masjid atau langgar, kadang juga bermalam di kebun kosong, di bawah pohon besar.

***

Jam dua lewat tiga puluh menit. Hawa Kedung Pingit mulai tidak enak. Pengap dan sunyi. Binatang malam yang sebelumnya masih bersuara, tiba-tiba seakan lenyap begitu saja. Namun, aliran sungai yang semula tenang, kini berkecipak seakan-akan ada yang ingin muncul dari dasar.

Tiba-tiba aku mencium bau aneh. Aromanya seperti darah, lendir, kotoran, dan daging busuk yang bercampur jadi satu. Mual. Seluruh isi perut rasanya terdesak naik ke kerongkongan. Jika saja bukan karena teringat keluarga, mungkin aku sudah lari terbirit-birit dan pulang.

Makhluk itu akhirnya muncul dari dasar sungai. Kupikir sebelumnya, dia hanya berwujud katak raksasa biasa. Ternyata aku salah. Wujudnya jauh lebih menjijikkan dari makhluk menjijikkan mana pun yang pernah kulihat sebelumnya.

Dia setengah manusia, setengah katak. Ah, entah. Aku bingung menyebutnya seperti apa. Kepalanya mirip katak. Begitu juga tangan dan kakinya. Namun, bentuk tubuhnya tegap seperti manusia. Dia berlendir dan beraroma seperti selokan penuh sampah dan kotoran.

Tubuhku gemetar. Jantungku seakan mau meledak. Sempat aku hampir menyebut nama Tuhan, tapi aku langsung teringat tujuan utamaku berada di sini. Kata bapak, jika aku berhasil bertemu makhluk itu, jangan sampai menyebut nama Tuhan, supaya dia tidak berbalik badan dan pergi lagi. Itu tidak boleh terjadi! Aku butuh dia. Saat ini.

Ana opo kok ngundang aku? Pengin opo?”1 tanya makhluk itu.

Aku ingin segera menjawab, tapi tenggorokanku rasanya tercekat. Bagaimana ini?

Yen kowe ora ngomong opo karepmu, aku bakal mulih wae!”2 Suara makhluk itu terdengar menggelegar dan seperti merontokkan seluruh tubuhku.

Aku terduduk dan berlutut di batu tempatku berdiam selama tujuh malam berturut-turut. Tanganku terangkat menangkup di dada. Aku harus memohon. Harus! Ini semua demi keluargaku.

“Saya mohon ... Mbah ...” ucapku terputus-putus karena mengatur napas dan degup jantung yang sulit terkendali.

Kowe pengin sugih?”3

Spontan aku menggeleng. “Bukan ... saya ingin ... memutuskan perjanjian gaib Bapak saya dengan Kyai,” ucapku dengan suara bergetar.

Makhluk itu tertawa. “Dulu, bapakmu sendiri yang menyanggupi persyaratan dariku. Kenapa sekarang dia ingin berhenti? Sudah bosan jadi kaya?”

“Bukan ... saya tidak tega melihat kondisi Bapak saya yang semakin mengenaskan.” Aku terisak. Teringat Bapak di rumah dengan tubuh penuh lendir terbaring di atas kasur. Tak ada yang sudi berdekatan dengannya lama-lama karena bau Bapak sangat amis dan busuk. Hal itu sudah berjalan puluhan tahun. Kalau saja ajal bisa segera datang menjemput, mungkin Bapak tidak akan menderita selama itu.

“Tolong, Mbah ... Bapak saya sudah terlalu tua. Saya ingin Bapak bisa pergi dengan tenang.”

Makhluk itu tertawa lagi. Suaranya seakan membelah langit. Namun, aku sudah tidak terlalu takut seperti tadi. Meski demikian, jantungku masih berdegup kencang dan sulit dikendalikan.

Yen bapakmu dakjupuk, opo kowe lan keluargamu wis saguh urip melarat salawase?”4

Aku terdiam. Bayangan saudara-saudara, keponakan, juga cucu dari kakak-kakakku yang semula terbiasa hidup mewah akibat pengorbanan Bapak, tiba-tiba jatuh miskin, membuatku tak tega. Akan tetapi ....

“Saya sanggup. Saya tidak mau Bapak menderita lebih lama lagi.”

Yo wis, yen iku panjalukmu.”5

Makhluk itu membalikkan badan, lalu menenggelamkan diri ke sungai lagi. Sialnya, bau aneh dari tubuhnya, masih tertinggal di hidungku. Namun, hatiku lega. Bapak sudah tidak akan menderita lagi, setidaknya di dunia.

*

Sampai rumah, aku mendengar Ibu menangis dan meneriakkan nama Bapak berulang-ulang. Aku segera mendekat ke kamar belakang tempat Bapak biasa terbaring tak berdaya.

“Bapakmu dimakan katak, Dir. Bapakmu digerogoti katak sampai habis dagingnya. Bapakmu ....” ucapan Ibu terputus oleh isak tangisnya yang semakin terdengar memilukan.

Aku menghela napas panjang, lalu mencoba memejamkan mata Bapak yang masih terbuka lebar. Ini yang terbaik. Perjanjian Bapak dengan Mbah Soma sudah berakhir. Lebih baik Bapak pergi daripada menderita lebih lama lagi demi anak-anaknya.

Aku keluar kamar, membiarkan ibu meluapkan kesedihannya karena kehilangan bapak. Dulu, ibu tidak tahu kalau bapak mengorbankan diri demi keluarganya bisa berkecukupan. Ibu mengira, bapak hanya sakit biasa. Namun, hal itu berbanding terbalik dengan harta yang tiba-tiba datang dari mana saja menghampiri keluarga kami. Karena itulah, akhirnya ibu meminta bapak mengaku.

Kami semakin kaya, sedangkan bapak semakin menderita. Lendir dan nanah terus mengalir dari tujuh lubang di kepalanya. Sementara dari pori-pori kulit tubuh bapak, selalu mengeluarkan keringat berbentuk cairan bening kental berbau ikan dari selokan. 

Kakak-kakakku sukses dan memiliki banyak usaha. Semakin dewasa dan bisa hidup mandiri, mereka meninggalkan bapak dan ibu denganku. Mereka hanya datang saat kehabisan uang. Hal itu juga yang membuatku memutuskan untuk mengakhiri perjanjian bapak dengan Mbah Soma. Sudah cukup mereka hidup enak. Nanti anak keturunan mereka akan lebih menderita lagi jika ini tidak segera diakhiri.

*

Kakak-kakakku datang ke pemakaman Bapak. Aku terpaksa membayar mahal orang-orang untuk mengurus jenazah Bapak. Orang-orang yang datang bertakziah, tak ada yang kuat mencium aroma tubuh Bapak meskipun sudah dimandikan berkali-kali. Aroma kapur barus juga bunga-bunga, tak mampu mengalahkan bau amis dan busuk yang menguar dari tubuh Bapak.

Usai pemakaman, kakak-kakakku langsung menodong Ibu, meminta warisan. 

“Keterlaluan kalian! Tanah kuburan bapak kalian belum kering, tapi kalian sudah minta jatah! Anak macam apa kalian ini?!”

Aku hanya terdiam di sudut ruangan. Ternyata benar, harta yang didapat dengan cara yang tidak baik, lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Kakak-kakakku yang sudah dibutakan harta, tetap memaksa ibu untuk membagi tanah dan bangunan yang didapat ketika bapak masih hidup. Mereka sepertinya tidak menyadari kalau selama ini harta kekayaan yang mereka dapat adalah hasil dari pengorbanan bapak.

Akhirnya setelah ibu membagi semua sertifikat tanah dan bangunan, mereka langsung pulang. Sementara aku masih harus menghibur ibu yang tak mau makan karena teringat bapak. 

“Bapakmu orang baik, Dir. Sayangnya, dia memilih keputusan yang salah ...” racaunya sambil terisak.

Aku tahu, bapak memang orang baik. Namun, baik saja tidak cukup. Bapak sudah melakukan dosa besar: bersekutu dengan setan.

*

Tiga hari setelah kepergian bapak, aku mendapat kabar bahwa rumah dan toko milik kakakku yang pertama terbakar habis. Kebakaran itu terjadi saat tengah malam. Anak dan istrinya yang terjebak dalam bangunan, tak bisa diselamatkan. Sementara kakakku juga menderita luka bakar yang cukup parah hingga dilarikan ke rumah sakit.

Setelah itu, berturut-turut keenam kakakku lainnya mengalami musibah yang sama. Harta mereka terbakar. Keluarga mereka juga turut jadi korban. Aku pun bisa merasakan, mungkin setelah ini giliranku.

Tengah malam pada hari ketujuh setelah kematian bapak, aku mendengar suara jendela kamarku diketuk dari luar. Awalnya aku tak memedulikan hal itu. Namun lama-kelamaan, aku seperti mendengar suara Bapak memanggil-manggil.

“Dir ... Dirgo, tolong Bapak, Dir ....”

Aku bergegas membuka jendela. Sepi. Tidak ada sesuatu atau apa pun yang kudapati. Tiba-tiba aku mencium aroma aneh. Aroma yang mengingatkanku dengan kemunculan Kyai Molor waktu itu.

Tak tahan karena mual, aku memuntahkan seluruh isi perut ke luar jendela. 

“Dir ... panas, Dir. Tolong Bapak ....”

Saat itulah, aku mendongakkan kepala. Tak jauh dariku, ada sosok berbungkus kain kafan tengah berdiri. Kakinya tidak menapak tanah. Dia melayang-layang di dekat pohon mangga. Wajahnya seperti tidak asing.

“Ba-bapak ....”

“Panas, Dir ... tolongin Bapak ....”

Tubuh sosok itu berwarna merah kehitaman. Kedua matanya berwarna putih dengan titik hitam di tengah. Sementara wajahnya dipenuhi belatung dan cairan seperti lendir. Sosok itu melayang mendekat. Baunya semakin menyiksa. Dari dekat, bentuknya semakin terlihat jelas. Kepalanya tidak terbungkus kafan. Nanah terus mengalir dari mulutnya yang terbuka. Entah benar-benar terbuka, atau memang tak bisa tertutup. Karena bibir sosok itu telah membusuk, hingga menampakkan gigi-giginya.

Tubuhku kaku. Antara takut dan sedih. Takut karena melihat wujudnya yang menyeramkan. Sedih karena sosok itu adalah ... Bapak.

“Dirgo ... temani Bapak, Dir ....”

Tubuhku lemas dan ambruk ke lantai. Tatapanku sekarang beralih ke lampu kamar yang tiba-tiba saja meledak. Entah dari mana datangnya, tiba-tiba api sudah menjalar membakar kasur dengan cepat. Aku ingin berteriak, tapi tidak bisa. Sementara asap sudah memenuhi ruangan, membuat napasku semakin sesak. 

Tubuhku rasanya seperti kehilangan tulang-tulang. Mungkin, ini sudah waktunya. Aku memang ditakdirkan untuk menyusul bapak, sesuai dengan ucapan Mbah Soma sesaat sebelum aku pulang ke rumah waktu itu.

Kowe keliru. Yen kowe njaluk karo aku, mesti ana imbalane. Iki gara-gara kowe lali Gusti-mu sing kudu disembah. Manungso ... manungso!”6

(*Aiu Ratna - Bojonegoro) 

 

Catatan kaki:

1) Ada apa kamu mengundangku? Ingin apa?

2) Kalau kamu tidak mengutarakan maksudmu, aku mau pulang saja.

3) Kamu ingin kaya?

4) Kalau bapakmu kuambil, apa kamu dan keluargamu sudah siap hidup miskin selamanya?

5) Ya sudah, kalau itu permintaanmu.

6) Kamu salah. Kalau kamu meminta kepadaku, pasti ada imbalannya. Ini gara-gara kamu lupa dengan Tuhan yang harusnya kamu sembah. Dasar manusia.


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Manfaat Pentingnya Belajar Desain Grafis di Era Revolusi Digital Saat Ini

BERNAS.ID - Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk bisa melek teknologi dan berusaha mengimbangi perubahan. Masyarakat yang terbiasa dengan hal- hal tradisional kini juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan ya ...

Pendidikan

Manfaat dan Keuntungan Membangun Personal Branding

BERNAS.ID - Personal Branding? Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar istilah tersebut. Banyak orang belum akrab dengan istilah personal branding. Beberapa orang masih menganggap personal branding itu hanya berkaitan dengan oran ...

Pariwisata

Daerah Wisata di Indonesia Aman Dikunjungi

JAKARTA, BERNAS.ID - Daerah wisata Indonesia telah aman dikunjungi turis asing ataupun lokal. Hal ini dipastikan dengan sudah ditegakannya protokol kesehatan di destinasi wisata.  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan j ...

DIY

PKL di Jalan Sudirman Jogja Segera Direlokasi, Meski Belum Capai Kesepakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini sedang mempersiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Mall Galeria hingga simpang empat Gramedia. Relokasi PKL dilakukan dalam ...

DIY

Kelurahan di Sleman Diimbau Bisa Sediakan Shelter Covid-19 untuk Warganya

SLEMAN, BERNAS.ID - Kantor Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman menyediakan 7 kamar isolasi mandiri bagi warganya yang positif Covid-19 tanpa gejala. Kamar isolasi ini terdiri dari tempat tidur, peralatan mandi, meja, kursi, da ...

Kesehatan

BTT Ratusan Miliar Harus Mampu Turunkan Angka COVID-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana meminta agar refocussing anggaran yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh SKPD di wilayah DIY bisa menekan kasus COVID-19. Turunnya kasus COVID-19 harus dijadikan indikator p ...

Pariwisata

Melalui Rakerda BPD PHRI DIY Bahas Kemajuan Pariwisata

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam menghadapi pandemi covid-19 yang hampir satu tahun dirasakan oleh para pengusaha perhotelan dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) B ...

DIY

Puluhan Wartawan Sleman Ikuti Vaksinasi Massal Tahap II

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan wartawan dari berbagai media di Kabupaten Sleman mengikuti vaksinasi tahap II di RSUD Sleman, Selasa (23/2/2021). Vaksinasi sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk pencegahan Covid-19 kepada awak media yang bias ...

Hukum dan Kriminal

Pelaku Pencurian Kotak Infaq di Pleret Kepergok Polisi

BANTUL, BERNAS.ID - Petugas Polsek Pleret mengamankan AHP (48), pria asal Mandau, Kepulauan Riau karena kedapatan melakukan aksi pencurian kotak infaq di Masjid At Ta'abbud yang berada di Wonokromo, Kapanewon Pleret, Bantul. Kejadian ...

DIY

Skrinning Narkoba, Anggota Polda DIY Tes Urine

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menindaklanjuti Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri. Seluruh anggota Bidpropam Polda DIY menj ...

Kesehatan

Komitmen Pemkot dalam Program Pembangunan KB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali menggelar Pelayanan KB Bergerak. Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan ...

Pendidikan

Manfaat Microsoft Word Bagi Dunia Pembelajaran

Bernas.id – Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, peranannya dalam membantu masyarakat. Tak terkecuali untuk dunia pendidikan atau pembelajaran, dengan adanya teknologi yang semakin canggih para pendid ...

Kesehatan

Puluhan Ribu Lansia Jogja Masuk Perioritas Vaksin Covid-19 Tahap II

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Jogja kini masih melakukan pendataan lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun guna mendapatkan prioritas vaksin COVID-19 tahap kedua. Ini direncanakan dilakukan 1 Maret mendatang. Ketua Hari ...

Nasional

Pelatihan Public Speaking, Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi Publik

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai bentuk tindak lanjut 100 hari program Prioritas Kapolri yakni pemantapan Komunikasi Publik, Kadiv Humas Irjen Pol Argo Yuwono secara resmi membuka pelatihan public speaking pada hari Senin (22/2/2021). Dikata ...

Pendidikan

Banyak Orangtua Berharap Pembelajaran Tatap Muka

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi telah memaksa orangtua untuk lebih dekat dengan Teknologi Informasi (TI) karena harus mendampingi, mengajari dan membantu anak dalam proses belajar secara on line. Beban orang tua terutama ibu menjadi bertamb ...

DIY

KPK Monitor Program-Program Kabupaten Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Pemerintah Kabupaten Sleman untuk monitoring program-program melalui Monitoring Control for Prevention (MCP). Direktorat III Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK RI melakuka ...

Pendidikan

Mahakarya Asia Ministerial Lecture 01 Soroti UMKM di Tengah Pandemi

SLEMAN, BERNAS.ID - Universitas Mahakarya Asia menyelenggarakan Ministerial Lecture Episode 01, sebuah konsep kuliah umum, satu menteri, setiap bulannya. Spirit yang diangkat, pembelajaran tidak saja dari para dosen, tetapi dari berbagai su ...

Hukum dan Kriminal

Ratusan Pelanggar Prokes Kota Jogja Dipanggil ke Kantor Satpol PP

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja sudah menindak 139 pelanggar protokol kesehatan. Ini jumlah pelanggaran yang tercatat selama Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap satu sampai PPK ...

Kesehatan

Gak Mau Divaksin? Siap-Siap Kena Sanksi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini tengah menyiapkan aturan sanksi bagi warga yang tidak mau divaksin COVID-19. Aturan itu salah satunya adalah masyarakat harus menunjukan swab antigen setiap tiga hari sekali saat berak ...

DIY

Forpi Kota Yogyakarta Pantau Malioboro, Ini Hasilnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait fasilitas umum (Fasum) berupa Guiding Block atau Tactile Paving, yang digunakan khusus bagi penyandang disabilitas di kawasan wisata Mali ...

DIY

Vredeburg dan Beringharjo Menjadi Lokasi Vaksinasi Massal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku siap menyelenggarakan vaksinasi massal Covid-19 tahap kedua. Vaksinasi massal rencananya akan dimulai pada hari Senin (1/3/2021). Tiga lokasi untuk vaksinasi massal telah d ...

DIY

Daripada Memberi Sanksi, Cukupi Dulu Ketersediaan Vaksin

SLEMAN, BERNAS.ID - Epidemolog berpendapat daripada Pemerintah memberi sanksi kepada masyarakat yang menolak vaksin, lebih baik fokus dahulu untuk memenuhi kebutuhan vaksin. Sanksi tersebut muncul pasca keluarnya Peraturan Presiden (Perpres ...

DIY

Jumlah Penerima Danais Masuk Desa Tahun Depan Bisa Bertambah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mulai tahun 2021, sebanyak 33 kelurahan di DIY mendapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari alokasi Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Kelurahan penerima diminta memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, agar terbuka pe ...

DIY

Cadangan Beras Kota Jogja Masih Jauh Dari Target

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menambah cadangan beras untuk ketahanan pangan setiap tahunnya agar mencapai 120 ton. Dan cadangan beras yang tersedia tahun 2021 ini baru sekitar 16,75 ton. “Tahun ...

Pariwisata

Kondisi Pariwisata Halal di Tengah Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam masa pandemi covid-19 ini, pariwisata halal mengalami peningkatan omset, berbeda dengan lainnya yang mengalami penurunan, terutama pada sektor kuliner halal. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Pariwisat ...

Budaya

PBTY XVI Resmi Dibuka secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada yang lain dari perhelatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke XVI tahun 2021 kali ini, biasanya sepanjang Kampung Ketandan Malioboro penuh sesak dengan antrian manusia yang ingin menyaksikan perpaduan kese ...

DIY

Sepi Pelanggan, Mawar sekarang Jual Makanan Online

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perekonomian merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya. Hal itu juga yang sangat dirasakan Mawar (nama samaran), seorang pekerja seks kom ...

Kesehatan

Long Covid, Fenomena yang Dialami Penyintas Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Long Covid menjadi salah satu fenomena yang kerap dijumpai para pasien yang sembuh (penyintas) dari Covid-19. Gejala Long Covid akan dialami pasien setelah beberapa bulan pasca infeksi atau saat masa pemulihan. Dokter ...

Pariwisata

Bermacam Pelatihan Dibutuhkan Para Pelaku Pariwisata di Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi B DPRD DIY, Yuni Satia Rahayu menuturkan pariwisata sebetulnya sangat menjanjikan, khususnya di wilayah pantai dan pinggiran daerah Yogyakarta. Karena menurutnya banyak wisatawan dari luar kota menuju ...

Hukum dan Kriminal

Penganiayaan Terjadi Lagi di Jalanan Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Aksi penganiayaan terhadap pengendara motor telah terjadi di Jalan Kapten P. Tendean, di sebelah utara Toko Sakola Wirobrajan, Yogyakarta. Tragedi yang dialami tiga orang korban berboncengan dengan satu motor i ...

DIY

Sejumlah Warung di Maguwoharjo Masih Tak Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman masih menemukan sejumlah pelaku usaha makanan yang melanggar protokol kesehatan (prokes) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jumat (19/2/2021). Pelanggaran tersebut ...

Pariwisata

Kondisi Industri Pariwisata DIY Ditengah Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kondisi pariwisata merupakan salahsatu industri yang sangat terdampak ditengah pandemi covid-19 yang hampir satu tahun melanda Indonesia. Karena inti dari Pariwisata itu adalah perjalanan manusia, sementara manusia i ...

Pariwisata

Tak Dapat Ditawar, Dunia Pariwisata Wajib Hidup Berdampingan dengan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Destinasi wisata dan usaha-usaha terkait di bidang pariwisata, seperti akomodasi, tour and travel, dan obyek wisata menjadi sektor yang sangat terpukul di masa Pandemi Covid-19. Kunjungan mengalami penurunan yang lua ...

DIY

Begini Perbedaan Sikap Pedagang Malioboro Terkait Larangan Demo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Merespons Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka, Forum Pekerja Sektor Informal Jogja mengaku tidak sepakat dengan beberapa ...

Pariwisata

Kondisi Hotel dan Restoran di Masa PTKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi COVID-19 telah membuat sektor jasa hotel dan restoran menjadi remuk redam. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sebanyak puluhan hotel dan restoran di Yogyak ...

Ekonomi

Harga Rumah yang Tinggi Karena Keterbatasan Lahan juga Jadi Ancaman Bagi Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Semakin berkurangnya lahan yang akan dijadikan perumahan, menjadikan harga rumah di Yogyakarta menjadi tinggi atau mahal, walaupun di Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang banyak dipilih untuk berinvestasi prop ...

DIY

Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Posko PPKM Maguwoharjo

SLEMAN, BERNAS.ID - Posko pelaksanaan PPKM mikro di Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta mendapat kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat pagi (19/2/2021). Lurah Maguwo ...

Olahraga

Kompetisi Sepak Bola Diizinkan, Ini Pesan Kapolri

SLEMAN, BERNAS.ID - Pihak Kepolisian memberikan ijin untuk penyelenggaraan kompetisi sepakbola di tengah Pandemi Covid-19. Keputusan pemberian ijin ini diberikan setelah melakukan kajian yang mendalam. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabo ...

Hukum dan Kriminal

Begini Sikap Sultan Terkait Dua Kantor Pemda DIY yang Digeledah KPK

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku tidak mau ambil pusing terkait penggeledahan kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY oleh Komisi Pemberantasan ...

Politik

Pemerintah Minta di Kritik, Masyarakat Takut Ditangkap

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk lebih aktif memberi masukan dan kritik kepada pemerintah guna mewujudkan pelayanan yang lebih baik. "Masyarakat h ...

Pariwisata

Bisnis Perhotelan Mulai Pulih, Termasuk Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Virus Corona memaksa sebagian besar masyarakat agar tetap tinggal di rumah. Dampaknya, lokasi wisata sepi pengunjung dan berdampak pada okupansi ...

Kesehatan

Penerapan PPKM, Kasus Mingguan Covid-19 di Kota Yogyakarta Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID  - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta menilai penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Yogyakarta bisa menurunkan kasus Covid-19. Hal ini terbukti dengan jumlah kasus ...

Olahraga

Yevhen Bokhashvili Undur Diri dari PS Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemain asal Ukraina resmi mengundurkan diri sebagai pemain PS Sleman setelah mengirimkan surat pengunduran diri kepada manajemen klub. Ia tidak berstatus pemain PSS sejak hari Rabu (17/2/2021).  “Yevhen Bok ...

Ekonomi

2021, Usaha Properti Tunjukkan Tanda-tanda Baik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bisnis properti tak dipungkiri melambat saat Pandemi Covid-19 karena masyarakat begitu berpikir panjang untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Kabar baiknya, awal tahun 2021 ini sudah menunjukkan ke arah yang le ...

DIY

5 Kecamatan di Kota Jogja Rawan Banjir Lahar Hujan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja menyebut terdapat lima kemantren atau kecamatan di Jogja rawan banjir lahar hujan atau banjir lahar dingin dari Gunung Merapi. Kelima kecamatan itu adalah Tegalre ...

Ekonomi

Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Pertama di DIY, Namun Banyak Pedagangnya Gaptek

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasar Prawirotaman Yogyakarta kini menjadi pasar digital pertama di DIY. Di samping miliki fasilitas yang menyerupai pusat perbelanjaan modern, transaksi digital juga tersedia di pasar tradisional ini.  Dibeb ...

DIY

Dua Perjalanan Tambahan KRL Jogja-Solo Diperpanjang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - KAI Commuter tetap menjalankan dua jadwal KRL tambahan pada wilayah Yogyakarta – Solo yang sebelumya dilayani sejak 15 Februari 2021 hingga hari ini. Dua jadwal tambahan perjalanan KRL ini akan beroperasi setid ...

Ekonomi

Ini Ancaman Bisnis di Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan penyebaran virus corona (Covid-19) semakin memberatkan perekonomian. Bahkan, kondisi terburuknya, dia memperkirakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 2,3% ...

Hukum dan Kriminal

Sepasang Kekasih Tipu Warga Italia, Kolektor Barang Antik

SLEMAN, BERNAS.ID - Sepasang kekasih melakukan penipuan kepada warga Italia yang berprofesi kolektor barang antik bernama Daniel Schiavon (67). Ia pun juga merasa menjadi korban pemerasan sehingga melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. ...

DIY

Masa Jabatan Bupati Sleman Berakhir, Sekda Menjadi PLH Bupati

SLEMAN, BERNAS.ID - Masa jabatan Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun periode 2016-2021 selesai hari ini, Rabu (17/2/2021). Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Pl ...