Kelurahan di Sleman Diimbau Bisa Sediakan Shelter Covid-19 untuk Warganya

SLEMAN, BERNAS.ID - Kantor Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman menyediakan 7 kamar isolasi mandiri bagi warganya yang positif Covid-19 tanpa gejala. Kamar isolasi ini terdiri dari tempat tidur, peralatan mandi, meja, kursi, dan kamar mandi dalam.

Carik Kalurahan Tamanmartani, Tomi Nugraha menyampaikan 7 shelter Covid-19 disiapkan karena berdasarkan hasil evaluasi, karantina mandiri yang tidak ketat, justru memunculkan kluster keluarga. "Dari evaluasi, kalau karantina atau isolasi di rumah, banyak hal tidak bisa ketat. Terkadang isolasi di rumah masih ada kontak dengan keluarga sehingga muncul kluster keluarga," jelasnya, Rabu (24/2/2021).

Tomi mengatakan shelter Covid-19 nantinya akan diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang berkategori Orang Tanpa Gejala (OTG). "Secara teknis, masyarakat yang masuk dalam kategori OTG akan dipindah ke shelter Covid-19 berdasarkan dari hasil pemantauan Satgas Covid-19 tingkat Padukuhan," ucapnya.

Plh Bupati Sleman, Harda Kiswaya menyambut baik Kalurahan Tamanmartani yang menyediakan shelter Covid-19 untuk masyarakat Tamanmartani. Penyediaan shelter di Kalurahan Tamanmartani selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Sleman. "Mudah-mudahan shelter ini tidak pernah terpakai," katanya berkelakar. 

Harda berharap Kalurahan lain di Kabupaten Sleman bisa meniru apa yang dilakukan Kalurahan Tamanmartani. "Kami berharap seluruh kalurahan bisa seperti Kalurahan Tamanmartani agar bisa menyediakan shelter. Shelter Covid-19 merupakan langkah-langkah inovasi dalam menyikapi adanya Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lurah Tamanmartani, Gandang Harjanto menyampaikan pembuatan 7 kamar isolasi menghabiskan pembiayaan 86 juta rupiah dari Dana Desa. "Alhamdulillah, bisa terwujud 7 ruang isolasi. Apabila pandemi berakhir, akan diserahkan kepada Bumdes untuk menjadi homestay," katanya. (jat)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up