Manfaat Dan keuntungan Membangun Personal Branding

BERNAS.ID - Personal Branding? Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar istilah tersebut. Banyak orang belum akrab dengan istilah personal branding. Beberapa orang masih menganggap personal branding itu hanya berkaitan dengan orang-orang yang memiliki usaha, pejabat, artis, ataupun pebisnis kelas atas. Selain itu masih ada juga orang yang menganggap personal branding itu berkaitan dengan nama perusahaan terhadap bisnis atau usahanya. Untuk itu mari kita bahas apa itu personal branding dan apa manfaatnya. 

Apa yang Dimaksud dengan Personal Branding? 

Personal branding (Citra Diri) adalah proses pembentukan citra dalam diri seseorang dengan tujuan untuk memasarkan diri atau membentuk nama dan membangun perspektif positif dari orang lain. Citra diri biasanya berkaitan dengan apa yang orang lain lihat dan pikirkan tentang diri kita, karena itu pada waktu ini sudah mulai banyak orang yang mengupayakan untuk membentuk citra diri sebaik mungkin.

Citra diri dapat dibentuk melalui kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan di setiap harinya, seperti cara seseorang bersosialisasi dengan sesama. Beberapa orang pun mulai membentuk citra diri melalui berbagai jalur seperti membangun citra diri di media sosial, blog pribadi, situs web pribadi, di lingkungan kerja, sekolah, ataupun perilaku dan sikapnya didepan umum lainnya. 

Seperti halnya suatu produk ataupun jasa, citra diri juga berpengaruh terhadap diri sendiri, dan dapat mempengaruhi lingkungan sekitar ataupun calon konsumen. Citra diri yang baik juga akan memberikan pengalaman positif bagi konsumennya. 

Personal branding juga akan berpengaruh terhadap persepsi orang lain terhadap anda. Jika anda teliti dan menyadari, citra diri akan selalu melekat dan berkaitan dengan hidup anda. Terlebih di era moderen dan serba digital seperti ini, cobalah cari nama anda di Google, hal apa yang akan muncul, apakah itu benar-benar diri anda atau orang lain. Dan apakah persepsi orang lain terhadap diri anda itu positif?

Jadi hal inilah yang perlu anda renungkan, apakah anda akan membiarkan reputasi anda mengalir begitu saja tanpa filter atau anda ingin memfilter mana yang mendeskripsikan anda yang sebenarnya, dengan segala kelebihan dan kekurangan anda. Dengan segala hal yang berkaitan di era moderen, terutama rekam jejak digital Internet yang kejam, sangat perlu bagi anda untuk memasarkan personal brand anda di internet dan mulai membentuk karakter diri anda.

Apakah Saya Harus Membangun Personal Branding?

Seperti yang sudah anda baca sebelumnya, suka ataupun tidak suka, secara tidak langsung anda sudah punya brand personal. Kalau anda tidak suka dengan hal ini, akan sedikit berbahaya untuk diri anda sendiri. Karena citra diri anda akan sangat berpengaruh banyak dalam hidup anda, kecuali anda memang tidak ingin bekerja, tidak ingin membuka bisnis, atau sudah terlahir sebagai orang kaya yang punya uang untuk 7 turunan. Selain itu, di jaman saat ini untuk menghilangkan semua jejak anda diinternet itu hal yang sangat sulit, karena privasi adalah privilege orang-orang tertentu.

Personal Branding itu Berbohong?

Tentu saja tidak seperti itu, anggap saja Personal Branding sebagai alat. Berbohong itu pilihan bagi setiap orang, meski begitu tetap saja ada ibarat sepandai-pandainya menyimpan bangkai, pasti akan ketahuan juga baunya. 

Memang bisa kok jika anda ingin berbohong untuk membangun personal brand, tapi hal ini tidak akan efektif kalau tidak mencerminkan diri anda.

Bedakan antara berbohong dan menutupi hal yang tidak ingin ditampilkan. Bisa juga anda memberikan beberapa privasi yang tidak ingin orang lain ketahui namun bukan berarti anda harus berbohong, apalagi sampai ingin meninggalkan diri anda sendiri dan berusaha menjadi orang lain. 

Lalu Apa Saja Manfaat dari Personal Branding?

Personal branding akan berdampak terhadap pandangan orang tentang diri seseorang, dan juga terhadap apa yang ia miliki atau ia pasarkan, misalkan produk yang dikenakan ataupun bisnisnya. Membangun personal branding itu tidak mudah dan butuh waktu, tentunya juga butuh usaha yang tidak mudah karena anda harus dituntut untuk konsisten dengan diri anda. Dengan proses yang tepat, anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung atau tidak langsung baik itu secara personal dan karir, biasanya sangat  membantu anda membuka kesempatan baru di masa depan.

Membuat Anda Terlihat Lebih Unggul dan Menonjol Dibanding Kompetitor

Sekali lagi citra diri itu merupakan alat yang bagus untuk menunjukkan kemampuan dan pengetahuan yang anda miliki mengenai topik atau bidang tertentu.

Menurut survei pada tahun 2018 dari Career Builder 70% Human Resources memakai Media Sosial untuk memfilter kandidat dalam proses rekrutmen kerja, dan 43% menggunakan Media Sosial untuk memantau sikap dan perilaku pekerjaannya.

Membangun brand (citra diri) anda merupakan kesempatan untuk menunjukan kepada orang-orang apa yang anda ketahui dan kenapa anda bisa tahu itu, dan ini akan membantu membedakan anda dibanding kompetitormu yang mungkin masih bertanya-tanya apakah brand personal itu penting.

Mendapatkan Koneksi dan Jaringan Relasi yang Lebih Luas

 Jika anda sudah memiliki citra diri yang kuat, bisa membantu anda membangun koneksi dengan orang-orang dari berbagai bidang. Personal branding tidak hanya terbatas dalam dunia internet, tetapi di dunia nyata juga, dan akan membantu anda bertemu orang-orang hebat serta para profesional person.

Ketika anda sudah dikenal sebagai seseorang yang menguasai dalam suatu bidang tertentu, selain anda masuk dalam radar orang lain dalam bidang yang sama, anda juga akan menarik perhatian orang lain dari bidang yang berbeda.

Membangun Kredibilitas

Personal branding membantu orang lain mengenali diri anda lebih jelas, apa bidang yang anda kuasai dan anda bisa berikan kepada orang lain. Apa yang akan anda lakukan, dimana ini sejalan dengan brand anda, akan memvalidasi bahwa anda bisa dipercaya dan menunjukan bahwa anda kredibel, serta dipandang ahli dibidangnya. Baik anda melamar sebuah pekerjaan, atau untuk mempersiapkan karir di masa depan, saat ini seseorang akan meminta media sosial anda untuk mencari info dan menggali tentang diri anda lewat Google atau Media Sosial.

Beberapa orang atau perusahaan mungkin akan lebih memilih dan tertarik kepada orang yang terlihat di internet, atau mungkin ingin memastikan reputasi anda melalui internet. Bagaimanapun juga, lebih baik untuk mengendalikan citra diri anda mulai dari sekarang.

Mengembangkan personal branding adalah cara yang baik untuk menunjukan kepada calon bos atau customer ataupun klien anda bahwa anda telah berusaha untuk membangun brand anda.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Membangun brand personal anda ternyata juga bisa menambah kepercayaan diri anda juga. Selagi berproses, anda bisa mengenali mana kekuatan yang anda miliki dan bisa anda bagikan ke lingkungan umum. Ketika anda mengetahui apa kelebihan dan yang bisa anda tawarkan kepada publik,  kepercayaan diri anda akan meningkat juga.

Dengan personal branding yang matang, anda bisa menekankan pada apa kelebihan anda dan memberi tujuan yang jelas kemana dan dimana anda bisa menggunakan kemampuan anda ini. Selain itu, anda juga bisa mengenali apa kelemahan anda, dan bisa sesegera mungkin untuk memperbaiki kelemahan anda.

Personal Branding Menunjukkan Keahlian Anda

Ada kemungkinan seseorang akan bertanya apa yang bisa anda lakukan, jawaban anda sudah harus jelas dan mendeskripsikan apa yang bisa anda lakukan. Coba jelaskan secara detail, usahakan jangan dijawab dengan “tergantung butuhmu”, karena orang akan bingung.

Anda memiliki keunikan dari kepribadian Anda, pengalaman hidup, dan pengalaman kerja yang menjadi pondasi dari menentukan keahlian Anda. Untuk dikenali orang, anda harus bisa mendiskripsikan keahlian anda dengan jelas.

Personal Branfing Bisa Menjadikan Lebih Fokus

Beberapa orang masih bingung dengan diri sendiri, terhadap keahlian dan juga kemampuan yang ia miliki. Beberapa juga bingung ingin melakukan apa, hingga banyak hal dicoba dan hasilnya tidak ada yang mencerminkan diri anda. 

Mulai sekarang cobalah gali lebih dalam tentang diri anda. Maka anda akan lebih fokus terhadap satu kemampuan yang anda miliki.

Nah, itulah pengertian personal branding dan beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan.
Semoga bermanfaat. (asn)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up