PKL di Jalan Sudirman Jogja Segera Direlokasi, Meski Belum Capai Kesepakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini sedang mempersiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Mall Galeria hingga simpang empat Gramedia. Relokasi PKL dilakukan dalam rangka penataan Jalan Jenderal Sudirman tahap ketiga yang kini sudah mulai masuk lelang.

Camat Gondokusuman, Guritno mengatakan komunikasi dengan tokoh masyarakat kampung terus dilakukan guna memindahkan para PKL. Ada sejumlah opsi relokasi PKL yang mencuat, salah satunya dipindah ke Jalan Sam Ratulangi yang berada di utara Rumah Sakit Bethesda. 

Tetapi lahan di jalan itu dimungkinkan tidak bisa menampung semua PKL sehingga perlu ada alternatif lain. Menurut dia, sosialisasi relokasi PKL di jalan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, namun sampai saat ini belum terjadi kesepakatan.

“Belum final, masih dikomunikasikan dengan tokoh masyarakat kampung dan PKL,” kata Guritno, Rabu (24/2/2021).

Ia mengatakan ada sekitar 48 PKL yang akan dipindah di sepanjang trotoar depan Rumah Sakit Bethesda. Relokasi menurutnya, merupakan keharusan karena penataan Jalan Jenderal Sudirman segera dilakukan, terlebih izin PKL juga memuat ketentuan bahwa sewaktu-waktu jalan yang digunakan PKL akan digunakan oleh Pemkot Jogja harus bersedia diserahkan.

"Saat ini proses komunikasi dengan PKL masih terus dilakukan," katanya sambil menargetkan relokasi PKL bisa selesai sebelum lebaran 2021.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP), Hari Setyawacana mengatakan konsep penataan Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Mall Galeria hingga simpang Gramedia sama dengan penataan yang tahap pertama dan kedua dari simpang Gramedia hingga Gondolayu. Penataan itu bagian dari penataan Kotabaru menjadi lebih nyaman terutama untuk pejalan kaki.

“Kita tata kaitannya taman-taman yang besar seperti normalisasi sesuai kebutuhan ruang untuk pedestrian,” kata Hari. 

Terkait PKL yang masih ada, saat ini menurut dia sedang dikomunikasikan dengan pemangku wilayah atau Kemantren Gondokusuman.

Ia menambahkan, rencana penataan Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Mall Galeria sampai simpang Gramedia akan dilakukan dua sisi, selatan dan utara. PUPKP sudah menyediakan anggaran penataan tersebut sekitar Rp19,9 miliar. Saat ini menurutnya proyek penataan itu sedang dalam persiapan lelang.

“Kita siapkan dokumen untuk dilimpahkan ke bagian layanan pengadaan,” katanya sambil menargetkan proses pekerjaannya nanti  membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up