close

Manfaat Pentingnya Belajar Desain Grafis di Era Revolusi Digital Saat Ini

Manfaat Pentingnya Belajar Desain Grafis di Era Revolusi Digital Saat Ini

BERNAS.ID - Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk bisa melek teknologi dan berusaha mengimbangi perubahan. Masyarakat yang terbiasa dengan hal- hal tradisional kini juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang super cepat. Era revolusi digital ditandai dengan media digital yang menguasai sistem informasi dan komunikasi. Dulunya, kita disuguhkan dengan koran setiap pagi, menonton berita melalui televisi, dan melihat iklan-iklan konvensional dari produk atau jasa yang tersebar di berbagai tempat. Sekarang, kita bisa mendapatkan semua informasi tersebut melalui media digital. Informasi apapun bisa kita dapatkan dengan instan.

Penyampaian informasi dan komunikasi era ini sangat bergantung pada desain grafis. Dengan desain grafis, orang-orang akan mudah menerima dan mengingat pesan yang disampaikan. Sebelumnya, desain grafis hanya diterapkan pada media cetak seperti koran, brosur, pamflet, dan buku. Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, desain grafis diterapkan dalam media elektronik atau kita kenal sebagai desain multimedia.

Desain grafis memiliki dua komponen kata yang berbeda. Desain berarti proses membuat atau merancang suatu objek baru. Kata grafis berhubungan dengan titik, garis, dan huruf. Jadi, desain grafis merupakan proses kombinasi ilustrasi, tipografi, fotografi, dan cetak mencetak yang menghasilkan sesuatu dalam bidang gambar untuk tujuan mengajak atau membujuk. Desain grafis memiliki peran penting dalam aneka ragam bidang industri digital.

Berikut Pentingnya Belajar Desain Grafis di Berbagai Bidang :

1. Hiburan

Dalam dunia hiburan, contoh nyata manfaat penerapan desain grafis adalah pembuatan poster film dan film kartun. Untuk menarik penonton agar melihat film yang akan tayang, tentunya poster yang disuguhkan harus menarik. Desain yang dihasilkan sesuai dengan tema dan tidak membosankan. Orang-orang cenderung akan lebih tertarik dan penasaran sehingga menantikan film tersebut.

Desain film kartun biasanya menggunakan perangkat lunak desain grafis. Mendesain kartun membutuhkan imajinasi dan wawasan untuk menciptakan karakter kartun yang unik dan menarik. Anak- anak cenderung akan lebih tertarik dengan film kartun yang memiliki karakter lucu. Orang tua tentunya akan memilihkan tontonan film kartun yang memberikan pesan moral positif dan mudah dipahami oleh anak- anak.

2. Pendidikan

Desain grafis di dunia pendidikan memberikan manfaat kepada siswa untuk lebih memahami mata pelajaran. Dengan bantuan Microsoft Power Point, guru memberikan penjelasan dalam bentuk visual atau gambar dan membuat siswa lebih mudah menangkap materi. Penggunaan gambar atau visual akan membantu daya ingat siswa mengingat suatu materi dengan lebih baik.

Dalam dunia pembelajaran, desain grafis juga secara tidak langsung diajarkan guru kepada siswa-siswanya. Mau tidak mau siswa harus belajar desain grafis. Contohnya ketika kita melakukan presentasi menggunakan Microsoft Power Point, layar yang ditampilkan tentunya harus menarik. Tampilan presentasi yang menarik dan informasi yang disampaikan mudah diterima akan menjadi nilai tambah. Tampilan menarik tersebut tentunya membutuhkan sentuhan desain grafis. Microsoft Power Point biasanya menyediakan desain atau template unik yang bisa langsung diaplikasikan.

Tak hanya itu, pengaplikasian desain grafis dalam dunia pendidikan bisa dengan pembuatan logo instansi, logo organisasi, maupun brosur pengumuman. Setiap akan diadakan lomba pasti membutuhkan tim desainer grafis. Tim ini akan merancang desain poster, sosial media, sertifikat, dan banner lomba. Orang-orang yang memiliki kemampuan tentunya akan dipilih untuk berkontribusi di bidang desain grafis.

3. Bisnis

Di balik bisnis yang sukses pasti ada suatu konsep dan perencanaan yang matang. Bisnis yang kuat dan mendunia didukung oleh tim marketing tentunya juga ada desainer grafis. Desainer grafis dalam dunia bisnis sangat diperlukan untuk membangun citra positif merek produk atau jasa. Desain grafis membantu pengenalan produk dengan baik agar tercapainya tujuan marketing. Bentuk desain dalam bisnis seperti desain brosur, banner, logo, dan web perusahaan.

Desain kemasan produk yang menarik juga akan menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk merek kita. Desain yang unik akan memberikan ciri khas perusahaan yang membedakan dengan perusahaan kompetitor lain. Desain dinilai menjadi strategi marketing yang paling efektif untuk membangun perusahaan.

Pentingnya kekuatan desain dalam mengenalkan produk atau bisnis perlu menjadi perhatian perusahaan. Keberhasilan perusahaan ditentukkan pada desainer grafis. Desainer grafis yang handal akan mampu merancang karya yang memiliki nilai estetika dan membujuk konsumen agar meningkatkan penjualan.

4. Personal

Dalam kehidupan sehari-hari desain grafis memiliki manfaat yang jarang kita sadari. Contohnya penerapan desain pada peraturan atau tata tertib di beberapa lembaga. Desain berupa gambar mempermudah penyampaian pesan dan sebagai media komunikasi. Desain grafis berupa pesan gambar akan memberikan ingatan yang lebih dibandingkan tulisan. Komunikasi yang terlalu pasif seperti menggunakan tulisan yang monoton akan menimbulkan kejenuhan dan menghilangkan daya tarik.

Konten-konten kehidupan sehari-hari yang disajikan menggunakan desain grafis yang menarik dapat melepas penat bagi penontonnya. Beragam desain yang ditampilkan juga akan membuat orang lain ikut tertarik dengan desain dan dapat mengembangkan kreativitas.

Kebutuhan desain untuk pengembangan dan promosi yang semakin tinggi menjadikan kesempatan kerja di dunia desain grafis pun semakin luas. Dengan bermodal pengetahuan desain dan ide kreatif seseorang dapat mengembangkan karir di perusahaan besar. Desainer grafis bahkan bisa menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer untuk menghasilkan uang tambahan. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

Untuk bisa menjadi seorang desainer grafis yang handal maka diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai desain grafis. Sebelum mempublish hasil desain, desainer grafis harus melewati beberapa tahap atau proses. Proses tersebut antara lain, mengumpulkan ide atau gagasan, visualisasi bentuk, pembuatan desain grafis, mengkritik atau menilai sebelum akhirnya dipublish. Seorang desainer grafis harus bisa beradaptasi dengan zaman, sehingga hasil desain selalu up to date agar tidak tertinggal tren yang ada.

Belajar desain grafis bisa kapan saja dan dimana saja. Jika ingin menjadi mahir dan memiliki sertifikat ahli desain grafis, maka belajarlah di sekolah desain atau lembaga kursus desain yang professional. Tetapi jika ingin belajar secara otodidak juga bisa dilakukan.

Begini Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak :

1. Mulailah untuk belajar dari sekitar 

Mencari bahan atau materi desain melalui internet atau lingkungan sekeliling kita kemudian gunakan trik ATM yaitu, amati, tiru, dan modifikasi.

2. Analisa proses desain

Setiap desain pasti memiliki proses untuk menggabungkan suatu bentuk. Analisa dan kumpulkan karya yang menarik. Pahami langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya tersebut.

3. Latihan membuat desain dan minta kritik

Buatlah desain secara berulang-ulang. Tiru desain dari desainer grafis yang handal untuk latihan. Tetapi, jangan sekali kali menyebarkan desain tersebut. Kemudian minta orang lain untuk menilai desain kita. Terima setiap kritik dan saran yang diberikan untuk kita berkembang menjadi yang lebih baik.

Mempelajari desain grafis tak akan ada ruginya. Segala bidang dalam kehidupan ini berkaitan dengan desain grafis. Tak heran jika pendidikan atau pelatihan desain grafis banyak diminati generasi milenial. Selain mempermudah pertukaran informasi, visual atau gambar yang disajikan desainer grafis akan menarik mata siapapun yang melihatnya. (eva)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru