Ketua PHRI Gunungkidul : Pentingnya Penerapan Prokes yang Benar

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - Ditengah pandemi covid-19 yang dirasakan sangat berdampak pada industri pariwisata khususnya hotel dan restoran, Ketua BPC PHRI Gunungkidul Sunyata mengatakan pihaknya telah melakukan banyak kreasi agar kegiatan perekonomian di dunia pariwisata di Gunungkidul tetap bisa berjalan.

"Selama ini kita menyarankan anggota PHRI Gunungkidul untuk berkreasi dan berinovasi," katanya, Kamis (25/2/2021).

Karena wisata itu memerlukan mobilisasi sedangkan saat ini untuk melakukan mobilisasi itu tidak mungkin, makanya dibutuhkan inovasi dengan menggunakan teknologi informasi secara online.

"Ya kami jualannya online, ada yang punya ikan, udang, lobster dijual online, kalau kata anak muda sekarang COD," papar Sunyata.

Dengan adanya pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) yang telah diperpanjang hingga empat kali, menurut Sunyata hal ini sangat mematikan industri pawisata. "Kalau mobilisasi dibatasi, matilah kita, yang penting penerapan prokesnya, seperti cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Itu yang harus diterapkan," jelasnya.

Ditambahkan Alumni Fakultas Hukum Atma Jaya Angkatan 1987 ini, yang perlu dilakukan di masa pandemi adalah edukasi kepada masyarakat, bagaimana penerapan kebiasaan baru, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. "Kalau perlu berikan sanksi bagi mereka yang tidak memakai masker, tidak mencuci tangan, dan berkerumun. Aturan itu harus dibuat jelas jangan malah membingungkan," tandasnya.

Dia juga secara pribadi mengaku tidak setuju dengan adanya pemeriksaan di perbatasan wilayah memasuki Yogyakarta, karena menurutnya hal itu tidak efektif. "Yang harusnya diterapkan pengecekan di destinasi wisatanya, baru di cek prokesnya. Itu saja menurut saya," pungkasnya. (cdr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up