Tak Asal Semprit Pengguna Medsos, Ini Cara Kerja Polisi Virtual

JAKARTA, BERNAS.ID - Virtual Police atau polisi virtual akan bertugas untuk menciptakan media sosial yang bersih dan sehat. Konten yang diunggah para pengguna media sosial nantinya akan menjadi sasaran target dari polisi virtual. Sampai saat ini, ada 4 akun yang sudah dikirimi peringatan melalui virtual police. 

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, virtual police akan menyampaikan edukasi kepada warganet tentang opini atau konten yang berpotensi melanggar tindak pidana. "Pemberitahuan mohon jangan ditulis kembali dan dihapus akan disampaikan petugas apabila ada tulisan yang melanggar pidana," terangnya beberapa waktu lalu.

Lanjut tambahnya, peringatan tersebut tidak dilakukan secara subjektif, tapi disampaikan setelah melewati kajian yang mendalam dengan para pakar. Misalnya ditemukan tulisan atau gambar yang berpotensi melanggar pidana di sebuah akun. Tim ahli yang terdiri dari ahli pidana, bahasa, dan ITE akan diajak konsultasi untuk membuat keputusan. 

"Pelanggaran pidana baik penghinaan atau sebagainya yang sudah dikonsultasikan, lalu diajukan ke Direktur Siber atau pejabat yang ditunjuk di Siber memberikan pengesahan," imbuh Argo. 

Kemudian, peringatan akan dikirim melalui Direct Message atau DM. Tujuannya dengan DM agar pengguna media sosial tidak merasa terhina dengan peringatan yang diberikan Virtual Police sehingga dapat mengurangi hoaks atau kabar bohong di dunia maya. "Selain itu, virtual police dapat menghindari adanya saling lapor," ungkapnya.

Argo pun membantah jika Virtual Police akan mempersempit kebebasan masyarakat di dunia maya. Ia menjamin Polri tidak akan membatasi  masyarakat untuk berpendapat. "Polri berupaya mengedukasi para pengguna media sosial apabila melanggar pidana," tuturnya. (jat)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up