Cara Cepat Kuasai Bahasa Inggris

BERNAS.ID - Berbicara mengenai bahasa Inggris, siapapun pasti mengetahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di belahan dunia dan berasal dari Britania pada abad ke 8. 

Menurut seorang peneliti dari Harvard University mengatakan, setidaknya ada 8.500 kosakata baru per tahun dalam bahasa Inggris. Hal lain yang juga menyebabkan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, karena negara Inggris merupakan negara dengan rekor menjajah negara terbanyak. Tentu saja dengan menjadi negara penjajah, otomatis bahasa si penjajah akan dipakai oleh yang dijajah. Negara Inggris termasuk negara yang maju, dapat dilihat dari banyaknya inovasi dari negara-negara Inggris yang didukung kemajuan tingkat pengetahuan.

Kemudian, mengapa dibutuhkan bahasa internasional? Tentu saja bahasa internasional sangat dibutuhkan tujuannya supaya orang dari berbagai belahan dunia dapat berbicara menggunakan bahasa yang sama. Di zaman globalisasi seperti ini, tentu semakin mempermudah kehidupan. Salah satu dampak daripada adanya globalisasi adalah perdagangan yang bebas. Hal ini tentu akan menarik investor asing untuk datang serta menanam modal di Indonesia. Nah, bagi kamu yang belum fasih dalam berbahasa Inggris, gak perlu risau atau terburu-buru merogoh kocek untuk les atau kursus bahasa Inggris. Mari kita simak cara ampuh cepat belajar bahasa Inggris berikut ini:

Ini Cara Cepat Kuasai Bahasa Inggris

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar

Sebelum kita memulai menerapkan kebiasaan yang berhubungan dengan berbahasa Inggris, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris. Terutama kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang biasa umum diucapkan dalam percakapan sehari-hari kita. Intinya kita mesti belajar kata-kata bahasa Inggris yang mendasar.

2. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Di zaman teknologi seperti sekarang ini tentu mudah bagi kita untuk mengunduh atau mendownload lagu berbahasa Inggris. Bagi kita pecinta musik tentu bisa belajar sambil mendengarkan musik akan sangat menyenangkan. Dalam tahap ini kita bukan hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik dari liriknya kemudian catat dalam notes maupun gadget. Setelah lirik lagu selesai kita tulis, kemudian cek lirik tersebut di internet. Apa benar semuanya atau malah ada yang salah? Hal ini juga akan menambah tingkat kesensitifan telinga kita terhadap bahasa Inggris (listening).

3. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Menonton adalah hal yang sangat menyenangkan karena dengan menonton bisa membuat kita terhibur. Bukan hanya itu, coba kita gunakan menonton sebagai sarana belajar bahasa Inggris yaitu dengan cara menonton film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat kita semakin pintar, mulailah dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa ada subtitle (terjemahan) bahasa Indonesia. Jika masih agak kesusahan, gunakan dahulu subtitle Indonesia namun hal ini jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang begitu susah, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris kita.

4. Sering membaca literatur berbahasa Inggris

Ini juga bisa kita lakukan dengan mudah yaitu membaca. Membaca memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia sih. Namun tentu saja meski kita tidak suka, kita harus tetap mulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Hal ini karena akan membantu kita dalam meningkatkan kemampuan membaca (reading) bahasa Inggris.

5. Tekuni membaca kamus bahasa Inggris

Jangan hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kita juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosakata) kita dalam belajar bahasa Inggris.

6. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan

Mungkin selama proses mendengarkan musik, menonton film, dan juga membaca dalam bahasa Inggris kita menemukan kata-kata asing yang tidak dapat dimengerti. Jangan hanya dilewati saja. Namun coba catat dan hafalkan. Ini juga merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris.

7. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Selanjutnya yang bisa kita lakukan ketika vocabulary bahasa Inggris sudah banyak yaitu mencoba menulis dalam bahasa Inggris. Dengan menulis memakai bahasa Inggris bisa meningkatkan kemampuan kita. Cobalah hal itu dilakukan secara rutin sambil dihafalkan setiap kalimat yang ditulis.

8. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Memang bisa ya berbicara pada cermin? Tentu saja bisa namun bukan itu maksudnya, sebelum kita mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya kita belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin supaya kita lebih fasih dan tidak kagok ketika berbicara didepan umum menggunakan bahasa Inggris.

9. Jadikan kebiasaan

Jadikan sebagai sesuatu yang biasa kita lakukan. Karena kebiasaan ataupun rutinitas berbicara dalam bahasa Inggris, mampu meningkatkan kemampuan kita dalam belajar bahasa Inggris tersebut. Kebiasaan ini juga akan mempermudah kita untuk konsisten belajar bahasa Inggris.

10. Teruslah berlatih

Nah kita jangan berhenti untuk terus belajar dan berlatih percakapan dalam bahasa Inggris, kapanpun dan dimanapun jangan malu untuk menunjukan kita sedang belajar bahasa Inggris. Cobalah dipraktekan saat dimanapun dan kapanpun juga.

11. Gunakan fasilitas internet untuk latihan berbahasa Inggris secara gratis

Langkah selanjutnya yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan fasilitas internet. Sebagai alat komunikasi global, internet memungkinkan untuk digunakan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Dimana ada banyak sekali website yang dapat membantu kita dalam mempermudah bahasa Inggris secara benar, website tersebut berisi banyak materi yang kita butuhkan, sehingga tidak perlu repot cari materi untuk dipelajari.

12. Bertemanlah dengan mereka yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris

Kita perlu berteman dengan mereka yang pintar berbahasa Inggris. Kemudian coba lihatlah lingkungan sekeliling kita. Apakah ada seseorang yang kita kenal fasih berbahasa Inggris? Ajaklah kenalan kita untuk jadi lawan berbicara bahasa Inggris saat kita berbicara. Hal ini pasti akan sangat membantu kemampuan speaking kita.

13. Coba bertemanlah menggunakan internet dengan orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris

Pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, berteman dengan orang asing atau sangatlah mudah. Banyak sekali platform media sosial yang bisa kita gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Gak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa kita sedang belajar berbahasa Inggris, tetapi cobalah terus berbicara agar makin lancar.

 14. Kursus bahasa Inggris

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri, tapi dengan kursus kita bisa lebih fokus belajar bahasa Inggris. Pilihlah tempat kursus yang sesuai dengan kantong kita, tentunya juga yang kredibel.

Nah itu tadi merupakan cara ampuh kuasai bahasa Inggris dengan cepat, kuncinya sih tetap belajar, harus konsisten, serta jangan lupa berdoa dan berusaha tentunya. Selamat mencoba... (lsr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up