Berita Nasional Terpercaya

Kangen Jogja, Penangkal Rindu Bagi Pecinta Seni Tradisi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Meski masih dalam pandemi COVID-19, para seniman di Kota Yogyakarta tidaklah sekadar pasrah pada situasi. Mereka masih tetap bisa berekspresi memanfaatkan teknologi, salah satunya melalui pentas seni virtual bertajuk Kangen Jogja. 

“Kangen Jogja adalah salah satu kegiatan dari Dinas Pariwisata Jogja yang dikemas dalam bentuk atraksi wisata, yang mencoba memberi ruang ekspresi bagi para seniman-seniman Kota Jogja untuk dapat berekspresi sekaligus memberikan tontonan alternatif bagi masyarakat Kota Jogja dan wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Jogja,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, Sabtu (27/2/2021).

Dirinya menjelaskan, Kangen Jogja mengusung konsep pentas virtual. Dan pada tahun ini kegiatan yang melibatkan pelaku seni di Kota Jogja itu akan digelar sebanyak tujuh kali. 

Edisi perdana Kangen Jogja diawali dengan penampilan para seniman dari Kemantren Gedongtengen yang menyuguhkan pelbagai kesenian tradisional antara lain Tari Gendring, Tari Olah Jumput, Fragmen Stel Kendho, Barongsai Mutiara Naga, dan Karawitan Pringgo Mahardhika. Pentas para seniman itu dapat disaksikan di Channel YouTube Dispar Kota Jogja pada Sabtu (27/2/2021) malam pukul 19.00 WIB. 

Ia menegaskan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, para seniman diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, jaga jarak dan tidak berkerumun. Dan sebelum masuk ke lokasi acara, para seniman juga terlebih dulu dicek suhu tubuhnya dan wajib mencuci tangan di air mengalir. 

Menurut Wahyu, di samping menjadi wadah bagi seniman untuk berekspresi, Kangen Jogja juga digelar untuk mengobati rasa rindu wisatawan yang ingin melihat kekayaan seni dan budaya di Kota Jogja, namun belum terealisasi karena pandemi COVID-19.

“Kangen Jogja kali ini diharapkan benar-benar bisa mengobati rasa rindu bagi wisatawan yang belum bisa berkunjung ke Kota Jogja,” kata dia.

Ia menambahkan, lewat Kangen Jogia, pihaknya ingin memberikan sinyal kepada masyarakat di luar Kota Jogja, bahwa kota budaya ini tetap bekerja keras untuk menyiapkan industri pariwisatanya. Kota Jogja juga menurutnya benar-benar bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan luar daerah yang pada saatnya nanti akan berkunjung.

“Karena kami benar-benar serius menerapkan prokes untuk semua industri dan destinasi wisata di Kota Jogja,” tandanya. (den

Leave A Reply

Your email address will not be published.