Sedekah Bumi Sombomerti, Ucap Syukur Rejeki Air Bersih

SLEMAN, BERNAS.ID - Warga Sombomerti, Demangan, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman menggelar sedekah bumi wujud syukur rejeki air bersih dengan kirab tumpeng ikan nila dan diikuti Bregodo. Masyarakat sekitar memanfaatkan air bersih dari Embung Sombomerti untuk beternak ikan dan kebutuhan pengairan lainnya.

Abu Bakar, Camat Depok Sleman mengatakan selain dimanfaatkan untuk perikanan oleh Kelompok Petani Ikan Mina 21, Embung Sombomerti juga dipakai sebagai tempat aktivitas UMKM untuk memasarkan produknya karena saat ini menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh masyarakat.

"Penguatan rasa gotong-royong warga dan nguri-nguri budaya leluhur juga bisa terwujud melalui kegiatan ini," ujarnya.

Lanjut tambahnya, terlaksananya kegiatan Sedekah Bumi Sendang Sombomerti ini menunjukkan masyarakat Sombomerti Demangan Maguwoharjo memiliki kepedulian yang tinggi dalam melestarikan budaya lokalnya. "Pelestarian dan pengembangan budaya lokal menjadi modal berharga lebih untuk menarik wisatawan," tuturnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, di era pandemi seperti saat ini, aktivitas masyarakat harus tetap berjalan walaupun dengan berbagai keterbatasan agar perekonomian masyarakat berjalan seperti yang dilakukan warga Sombomerti. "Kebersihan, keasrian dan kelestarian lingkungan di Sendang Sombomerti perlu dapat dijaga dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ia mengajak agar warga terus memiliki rasa memiliki sehingga nantinya Sendang Sombomerti dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up