close

4 Manfaat Sertifikasi Profesi Bagi Pekerja

4 Manfaat Sertifikasi Profesi Bagi Pekerja

BERNAS.ID - Bagi anda yang ingin terjun dalam sektor pekerjaan, hendaknya anda sebagai calon pekerja memerlukan kecakapan khusus karena kapabilitas saja tidak mencukupi. Hal ini ada baiknya anda juga harus merasakan manfaat sertifikasi profesi yang ditawarkan oleh para lembaga pendidikan formal maupun non-formal. Anda bisa saja menguasai sebuah skill yang diperlukan dalam dunia kerja. Bisa saja, kemampuan anda mungkin di atas rata-rata calon pekerja lain. Keberadaan sertifikasi profesi akan lebih memudahkan perusahaan terutama dalam menilai kemampuan seseorang. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengikuti program sertifikasi profesi sebagai bekal anda untuk bersaing di dunia kerja.

Pengertian Sertifikasi Profesi

Sertifikat profesi adalah bukti kompetensi seseorang yang didapatkan melalui proses pembelajaran serta pelatihan. Proses ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi pelaku profesi sehingga benar-benar sesuai standar yang telah ditetapkan. Dalam menjalani sertifikasi memang terdapat rangkaian proses yang dilakukan dan juga dijalani. Semua itu dengan cara yang sistematis menggunakan metode khusus, agar menghasilkan penilaian yang objektif. Langkah-langkah tersebut diperlukan untuk memastikan standar hasil sertifikasi.

Banyak cara yang bisa anda coba untuk mendapat sertifikat profesi. Pemerintah sendiri telah membentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu lembaga independen yang bertugas dalam mengembangkan mutu SDM atau tenaga kerja di seluruh sektor bidang profesi yang ada di Indonesia. Meski begitu, BNSP bukan satu-satunya pihak yang berhak dalam melakukan sertifikasi profesi. BNSP juga memberikan lisensi kepada berbagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Dengan demikian, LSP mampu mengeluarkan sertifikat seperti layaknya BNSP.

Manfaat Sertifikasi Profesi

1. Sebagai Bukti Kompetensi

Salah satu pernyataan seseorang dinyatakan kompeten adalah dengan sertifikasi profesi. Sudah menjadi hal mendasar yang berkaitan dengan jaminan kompetensi. Keberadaan sertifikasi profesi akan menjadi bukti di hadapan recruiter atau perusahaan bahwa anda benar-benar telah memiliki kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan. Dengan adanya bukti kompetensi tersebut, anda juga akan memiliki kepercayaan diri dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dikarenakan pemahaman yang sudah teruji dalam mengikuti rangkaian proses sertifikasi yang dijalani.

2. Mengangkat Karier Anda

Sertifikasi profesi bisa menjamin dalam peningkatan karier. Seseorang yang sudah mempunyai sertifikat profesi dijamin akan cakap dalam menguasai bidang tersebut. Ia akan melakukan pekerjaan dengan baik dan bahkan bisa jadi lebih efisien dibanding para pekerja yang lain. Jika anda mengharapkan peningkatan karier, sertifikasi profesi juga bisa membantu. Karena sudah terbukti mampu menjalankan tugas dengan baik, bukan tak mungkin dipercaya untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan imbalan yang lebih besar karena punya keahlian khusus. Bahkan, terbuka pula kemungkinan perusahaan lain ingin memanfaatkan kemampuan yang anda miliki tersebut.

3. Membuka Kesempatan yang Lebih Luas

Keberhasilan dalam meraih sertifikasi profesi dapat membuka kesempatan karier yang jauh lebih luas. Karena biasanya sertifikat itu bisa menjadi tanda bukti kompetensi sesuai standar tertentu, baik di level nasional maupun internasional. Dan juga pada akhirnya, kesempatan berkarier anda akan jauh semakin terbuka besar. Berbekal sebuah sertifikat profesi, anda juga bisa memiliki peluang yang lebih luas untuk melakukan pekerjaan di berbagai negara, bukan hanya di Indonesia. Tentu hal ini merupakan kesempatan berharga yang tak boleh anda sia-sia kan.

4. Mampu Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik

Dalam semua rangkaian proses sertifikasi profesi yang telah dijalankan di sebuah lembaga, salah satunya melalui tahap ujian untuk menakar kemampuan para peserta. Itu artinya, bukan hal yang aneh jika dalam akhir program ada peserta yang tidak lolos dan gagal meraih sertifikat. Melalui ujian sertifikasi ini, akan terlihat jelas kecakapan seorang pekerja atau calon pekerja. Mereka yang bisa menjalani program bisa beruntung karena kemampuannya sudah terasah lewat rangkaian proses tersebut. Dengan demikian, hal ini akan membuat anda mampu melakukan pekerjaan dengan sesuai standar.

Jadi, sertifikasi profesi itu banyak manfaatnya bagi anda. Hal ini bisa menunjang karir dan tentunya sebagai bukti kompetensi yang telah anda dimiliki. (lsr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru