Yogyakarta Hujan Ekstrem Disertai Es, Ini Kata BMKG

SLEMAN, BERNAS.ID - Hujan angin ekstrem disertai butiran es terjadi di Kecamatan Turi Sleman dan Kota Yogyakarta, Rabu siang (3/3/2021) sekira pukul 12.15 WIB. Misalnya, untuk Sleman, terpantau hujan es di Dusun Turi Donokerto dan Babadan Donokerto, lalu untuk kawasan Kota Yogyakarta, terpantau hujan es di kawasan Abu Bakar Ali dan RS Bethesda.

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Reni Kraningtyas membenarkan kejadian hujan angin ekstrem disertai butiran es. "Betul, telah terpantau hujan es di Kapanewon Turi dan Kota Yogyakarta," jelasnya.

Reni menjelaskan tentang kondisi cuaca yang menyebabkan munculnya butiran es. Udara hangat, lembab, dan labil karena radiasi matahari yang intensif mengangkat massa udara ke atmosfer, sampai mengalami pendinginan.

Setelah terjadi kondensasi (pendinginan-red), Reni menyebut terbentuk titik-titik air yang terlihat sebagai awan Cumulonimbus (Cb). "Dorongan kuat ke atas, ke puncak awan yang sangat tinggi akan menyebabkan freezing level. Kristal-kristal es dengan ukuran yang cukup besar ini terbentuk dari freezing level," bebernya.

Awan yang tidak mampu menahan berat uap air akan menyebabkan hujan lebat disertai es. "Ketika sampai permukaan tanah ukurannya lebih kecil karena es akan mencair saat bergesekan dengan udara ketika jatuh," tutur Reni. 

Reni mengatakan hujan es saat masih berpotensi tinggi terjadi pada musim hujan dan pancaroba. Ia mengatakan hujan es bersifat lokal dan biasanya memiliki radius 2 kilometer.

Berikut laporan situasi berdasarkan informasi yang diterima BPBD DIY sampai dengan pukul 14.00 WIB, hujan es terpantau di Jogoyudan Kota Yogyakarta, Jalan C Simanjuntak, Girikerto Turi, Murangan Triharjo Sleman, daerah UGM, dan Jetis Kota Yogyakarta.

Untuk pohon tumbang, terjadi di Pakualaman, Kepatihan, Kantongan Merdikorejo Sleman, dan Randusongo Donokerto Turi. Sedangkan, untuk kerusakan bangunan, atap eternit DPRD DIY, dua rumah di Randusongo Donokerto Turi, empat kandang kelompok Turi Sleman, warung siomay Taman Kuliner Pakualaman, dan Gedung Yayasan Bakti Sosial Tegaltirto Berbah Sleman. (jat)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up