close

Manfaat Kursus AutoCAD bagi Pemula

Manfaat Kursus AutoCAD bagi Pemula

BERNAS.ID - Jika anda seorang mahasiswa jurusan teknik, pastinya tidak akan asing dengan gambar teknik. Bagi orang-orang teknik, gambar teknik merupakan alat komunikasi untuk menjelaskan suatu produk. Gambar teknik dibuat dengan membutuhkan standarisasi agar setiap orang mengerti dan bisa membaca dengan persepsi yang sama terhadap gambar tersebut. Nah, di Indonesia sendiri standarisasi yang adalah SNI (Standart Nasional Indonesia). Dengan perkembangan teknologi yang pesat, gambar teknik jarang dilakukan secara manual tetapi dilakukan dengan melalui sebuah aplikasi atau software di komputer. Aplikasi yang banyak digunakan dalam gambar teknik tersebut yakni AutoCAD.

AutoCAD merupakan aplikasi desain dengan bantuan komputer (Computer Aided Drafting) yang dipergunakan untuk mendesain atau merancang model dalam bentuk dua atau tiga dimensi. AutoCAD banyak dibutuhkan di bidang-bidang industri dengan keterampilan khusus seperti bidang arsitektur, sipil, mekanikal engineering, dan teknisi desain profesional yang berkaitan dengan CAD. Menggambar dengan menggunakan AutoCAD memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan menggambar manual.

Keuntungan Menggambar Menggunakan Aplikasi Autocad

1. Persiapan yang Singkat

Gambar teknik manual membutuhkan persiapan beberapa alat-alat, seperti kertas gambar, alat tulis, penggaris, mal, dan masih banyak lagi. Belum lagi saat akan menggambar, waktu terpotong dengan menempelkan kertas gambar ke meja gambar, meluruskan bidang gambar, dan menjaga posisi agar tidak berubah. Sedangkan menggambar dengan menggunakan AutoCAD hanya membutuhkan persiapan komputer kemudian menjalankan program aplikasi yang sudah terpasang pada komputer.

2. Gambar Mudah Disunting

AutoCAD memiliki banyak menu dan tools yang digunakan untuk mengedit gambar. Jika terdapat sedikit kesalahan saat menggambar manual, tentunya kita bisa menghapus menggunakan penghapus. Namun, jika kesalahan tersebut fatal maka kita harus mengulangnya menggunakan kertas gambar baru. Dengan menggunakan AutoCAD, objek gambar bisa dengan mudah disunting hanya dengan mengklik perintah move, erase, copy, offset, mirror, rotate, dan perintah lainnya.

3. Tingkat Akurasi dan Presisi yang Tinggi

Mata manusia akan sulit membedakan ukuran 0.1 mm dalam skala gambar. Tetapi, jika menggunakan komputer ukuran 0.1 mm bahkan 0.005 mm akan mudah terdeteksi. AutoCAD bisa membedakan hingga 13 angka dibelakang koma. Tentunya hal ini akan membuat gambar lebih akurat dan presisi jika menggunakan AutoCAD dibandingkan gambar manual.

4. Didukung dengan Efek Visual

Dengan menggunakan Autocad kita bisa menambahkan efek visual berupa penambahan material maupun efek cahaya pada saat rendering. Hal ini akan menambah daya tarik gambar dan bisa dipresentasikan.

Untuk bisa menguasai AutoCAD, tentu kita harus belajar. Belajar secara ototdidak tentunya akan berbeda rasanya jika belajar di tempat kursus. Belajar AutoCAD tidak sama seperti belajar pelajaran lainnya. Dasar belajar AutoCAD adalah pengetahuan mengenai komputer. Setelah itu kita harus mengetahui prinsip program AutoCAD, cara menggambar, memasukkan perintah, dan masih banyak lagi. Belajar di tempat kursus dengan pengajar yang profesional akan memudahkan kita memahami AutoCAD mulai dari tingkat dasar ke tingkat yang lebih lanjut. Dan masih banyak manfaat yang diberikan jika belajar AutoCAD di tempat kursus.

Manfaat Belajar AutoCAD di Tempat Kursus bagi Pemula

1. Tak perlu mencari materi

Jika anda mengikuti kursus di salah satu lembaga kursus AutoCAD, pastinya lembaga tersebut akan menyediakan materi dan praktik tentang AutoCAD secara detail, mudah dimengerti, dan berkesinambungan. Selain itu, materi dalam bentuk hard copy atau modul juga diberikan untuk dipelajari di luar jadwal kursus. Jika anda pemula yang baru ingin belajar, tidak perlu lagi bingung mencari materi dan buku-buku yang belum tentu jika anda membelinya akan mengerti dengan bahasa buku tersebut. Kursus juga menyediakan tenaga pengajar profesional yang berpengalaman tentunya di bidang desain gambar atau CAD.

2. Adanya garansi belajar

Di tempat kursus AutoCAD biasanya memiliki berbagai keuntungan. Salah satunya adalah menyediakan garansi untuk muridnya. Mulai dari menjamin muridnya untuk 100% bisa, menjamin mendapat pekerjaan setelah lulus kursus bahkan bebas mengulang jika memang belum mahir. Tidak ada ruginya jika memang kita ingin belajar di tempat kursus, tentunya yang memiliki garansi tersebut.

3. Mendapatkan sertifikat

Setelah lulus kursus AutoCAD, murid akan mendapatkan serifikat. Sertifikat tersebut dikeluarkan lembaga kursus dan berisi pengakuan jika seseorang tersebut telah memiliki kompetensi di bidang AutoCAD. Sertifikat dapat digunakan untuk memperkaya portofolio anda dan menjadi nilai tambah saat kita melamar pekerjaan karena terbukti profesional.

Menggambar menggunakan AutoCAD dinilai menghasilkan produk yang lebih baik dibandingkan dengan menggambar manual. Menggunakan AutoCAD memerlukan keahlian khusus dan harus mau terus belajar. Setiap orang memiliki tingkat waktu beragam dalam belajar AutoCAD. Ada yang seminggu langsung bisa dan ada yang berbulan-bulan. Jika kita ingin menguasai suatu software, yang dibutuhkan maka kita harus sering menggunakan software tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi, software akan terus melakukan upgrade dan berkembang. Jadi, tidak ada batasan benar-benar dalam menguasai software. (eva)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru