Sungai Winongo Bakal Dijadikan Tempat Piknik Asyik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bantaran Sungai Winongo Jogja bakal dikembangkan jadi kawasan wisata yang menarik. Ini sudah masuk dalam rencana kerja pembangunan Pemerintah Kelurahan Pringgokusuman 2022 yang ditetapkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Pringgokusuman beberapa waktu lalu. 

Lurah Pringgokusuman, Eni Purwati menjelaskan, pihaknya bakal menjadikan bantaran Sungai Winongo menjadi destinasi wisata yang menyajikan pelbagai potensi kelurahan, mulai dari UMKM, seni hingga budaya. Hal ini dilakukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Eni menjelaskan, konsep rencana kerja pembangunan 2022 itu adalah mewujudkan Pringgokusuman sebagai daerah tujuan wisata alternatif sinergi potensi lingkungan, budaya dan industri kreatif serta siap siaga bencana untuk pengembangan perekonomian masyarakat.

"Nanti fokus di bantaran sungai yang saat ini sudah selesai dibangun oleh DPUPKP," kata Eni, Kamis (4/3/2021). 

Walau baru akan direalisasikan tahun depan, menurut dia geliat wisata di bantaran Sungai Winongo kini sudah mulai tampak. Pelakunya adalah warga yang tinggal di sekitar bantaran tersebut. Sudah mulai banyak warga khususnya dari RW 22, Kampung Notoyudan, Pringgokusuman yang membuka usaha sederhana, seperti angkringan atau warung kelontong. 

"Ke depannya akan dikoordinir oleh LPMK Pringgokusuman agar semua potensi yang ada di kelurahan bisa diberi ruang di lokasi ini, juga untuk pertunjukan seni budaya," katanya.

Dirinya berharap, ke depan kehadiran wisata di bantaran Sungai Winongo yang menghadirkan potensi seni, budaya dan UMKM itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pringgokusuman. 

"Diharapkan juga dapat menurunkan angka kemiskinan," kata dia. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up