Pakar Genetik: Varian Baru Covid-19 Inggris Tidak Perparah Pasien Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dua pekerja migran yang pulang ke Indonesia terdeteksi terinfeksi varian COVID-19 dari Inggris B117. Covid-19 B117 dicemaskan masyarakat karena dikabarkan cepat menular dengan tingkat penularannya 30-70 persen daripada Covid-19 dari Wuhan, China.

Pakar Genetik, dr Gunadi, SpBA, PhD menyampaikan kepada masyarakat agar tidak khawatir dengan Covid-19 B117. Ia mengatakan sampai saat ini belum ada laporan terkait tingkat perburukan Covid-19 B117 dengan keparahan pasien Covid-19.

“Riset awal Desember menyatakan tidak ada hubungan antara varian Inggris ini dengan derajat keparahan pasien Covid-19. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi,” ujarnya, Kamis (4/3/2021).

Untuk mencegah tertular mutasi varian Covid B117 Inggris, dr Gunadi mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan menjauhi kerumunan. “Boleh waspada, tapi tidak perlu khawatir berlebihan. Terapkan 3M,” ucapnya.

Ia juga membantah kabar Covid-19 B117 kebal dari vaksin, sebab data riset menunjukkan varian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi vaksin. "Info itu tidak benar, data riset menunjukkan bahwa varian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi vaksin yang sudah beredar, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, maupun Sinovac,” paparnya.

Untuk menghambat penyebaran varian baru Covid-19 B117, dr Gunadi menyarankan pemerintah melalui satgas Covid-19 segera melakukan contact tracing dengan cepat untuk pasien dari luar negeri. Selanjutnya, meningkatkan surveilans genomik dan membatasi mobilitas warga yang tidak perlu. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up