Kota Jogja Segera Miliki Mal Pelayanan Publik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mengoptimalkan pelayanan publik, Pemkot Jogja segera mengoperasikan mall pelayanan publik. Ini akan dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jogja.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jogja Nurwidhi Hartana menjelaskan, dasar hukum layanan ini adalah Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik. Layanan ini bertujuan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan publik.

"Tidak hanya layanan dari Pemkot Jogja namun juga dari layanan vertikal dari instansi lain," ungkap Nurwidhi, Jumat (5/3/2021).

Ia menjelaskan, dengan layanan terpadu ini, masyarakat tidak perlu melakukan mobilisasi yang panjang. Contohnya untuk mengurus BPJS tidak harus datang ke kantor Jamkesda dan Dinas Dukcapil.

"Cukup di satu tempat akan mendapatkan layanan yang terintegrasi dengan baik," katanya.

Ia meneruskan, ada empat jenis layanan yang bakal diberikan, yakni face to face service (tatap muka), drive through service (masyarakat melintas dengan kendaraan), integrated one stop service (masyarakat datang ke front office, berkasnya diserahkan ke instansi yang melayani), dan contactless service, atau layanan online.

"Kami butuh kesiapan, dan sudah menemui seperti BPJS, kepolisian, pertanahan, imigrasi, bea cukai, dan sebagainya, untuk supaya bisa bergabung di mal pelayanan publik," katanya.

Tanggal 7 Juni layanan ini menurutnya bisa diluncurkan, bertepatan dengan HUT Kota Jogja. Layanan ini tersedia di gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Jogja, Kompleks Balaikota Jogja.

"Untuk drive through service akan ada di sisi selatan dan timur gedung kami," jelas dia. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up