UPT Logam Jogja Rupanya Mampu Ekspor Reflektor Lampu ke Panasonic Jepang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Logam yang dikelola Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Jogja secara rutin mampu mengekspor reflektor lampu rumah ke perusahaan Panasonic di Jepang. Kepala UPT Logam Jogja Nafi'ul Minan menyebut, ekspor ini telah berjalan sebelum pandemi. Sementara proses pengembangan dan peninjauan dari pihak Panasonic Jepang telah berlangsung sejak 2019.

“Jepang ikut mengembangkan UPT Logam selama dua tahun, dari Jepang-nya langsung ke sini. Memastikan semuanya baik. Untuk bisa jadi penyuplai perusahan besar tidak cukup hanya produknya bagus, tapi administrasinya juga harus rapi,” kata Nafi’ul, Jumat (5/3/2021).

Ia menerangkan, sebelum pandemi, pesanan reflektor sebanyak empat ribu per bulan. Pasca pandemi pesanan meningkat menjadi 12 ribu perbulan. Sayang pihak UPT Logam belum bisa menyanggupi, dan baru bisa menghasilkan empat ribu reflektor. Padahal sebenarnya kapasitas mesin injeksi bisa menghasilkan 1.200 reflektor dalam satu hari, namun tenaga finishing yang masih dikerjakan secara manual baru ada tujuh orang. 

“Kapasitas mesin sebulan misal dipakai 24 jam bisa menghasilkan 36 ribu reflektor lampu dalam sebulan. Tapi di-finishing-nya hanya sedikit orang, hanya bisa mengerjakan empat ribu saja per bulan,” ungkap Nafi’ul.

Seluruh tenaga finishing menurut dia berasal dari masyarakat sekitar UPT Logam, di kawasan Giwangan Jogja. Tidak semua orang bisa mengerjakan bagian finishing, sehingga perekrutan tenaganya sangat ketat.

Dirinya meneruskan, saat ini bahan baku reflektor lampu masih berasal dari luar Jogja seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Bandung. Pihaknya sedang mengajukan kepada pihak Panasonic pengadaan bahan baku dari lokal Jogja. Jika mendapat persetujuan, maka seluruh proses akan berada di Jogja.

"Bahan baku lokal berasal dari barang rongsok yang nantinya diolah menjadi ingot (alumunium yang telah dilelehkan dan dibentuk kotak-kotak)," tuturnya.

UPT Logam menghargai satu reflektor lampu senilai Rp 6.000. Tapi mereka tidak bekerja sendiri, namun bekerja sama dengan PT. YPTI sebagai penghubung dengan pihak Panasonic. "Saat ini supplier reflektor lampu untuk Panasonic baru dari dua tempat, Jepang dan Korea Selatan," tandasnya. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up