close

Cara Jitu Lulus Seleksi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Cara Jitu Lulus Seleksi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

BERNAS.ID - Sebagian orang bermimpi untuk bisa berkuliah di luar negeri. Namun kebanyakan dari mereka menganggap jika kuliah di luar negeri membutuhkan banyak biaya dan prosesnya yang tidak singkat. Belum lagi harus mengumpulkan berbagai dokumen-dokumen dan keperluan lain di luar negeri yang tentunya tidak sedikit. Sebenarnya, beasiswa untuk kuliah di luar negeri sangat banyak. Bahkan jika kita berhasil lolos beasiswa, kita tak perlu lagi membayar biaya kuliah dan kebutuhan pribadi selama berada disana.

Banyak keuntungan yang akan didapat jika kita bisa kuliah di luar negeri. Belajar budaya asing, memahami keragaman setiap budaya, dan tentunya memiliki teman dari berbagai negara. Hal ini akan membuat kamu memiliki pengalaman unik dibandingkan teman-temanmu yang kuliah di dalam negeri. Belajar di luar negeri, kita dituntut untuk lebih berani, mandiri, dan harus beradaptasi dengan kondisi negara. Tentu saja kita akan menjadi pribadi yang lebih tangguh nantinya.

Semua keuntungan yang kita dapatkan tentunya harus ada perjuangan yang tidak sedikit. Perlu berjuang lebih ekstra untuk bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri. Di saat teman-teman lain sedang bersantai, kita harus belajar lebih giat agar dapat lolos seleksi. Tak hanya belajar, hal lain juga harus kita perhatikan ketika kita ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Ini Cara Jitu Lulus Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

1. Mencari informasi dan melakukan riset

Kunci menemukan beasiswa kuliah di luar negeri yang cocok untuk kita sendiri adalah dengan terus mencari. Nasib kita akan ditentukan dengan apa yang kita usahakan.

Rajin mencari di website maupun pergi ke tempat bimbingan beasiswa luar negeri. Lalu, lakukan riset mulai dari asal beasiswa, cakupan yang didapat, prosedur, dan persyaratan. Pastikan beasiswa tersebut dari penyelenggara yang resmi. Semakin banyak informasi beasiswa yang didapat maka peluang kamu juga semakin besar untuk lulus asalkan mau berjuang.

2. Persiapkan ujian

Tak menutup kemungkinan ada beberapa beasiswa yang mengajukan persyaratan seperti tes tertulis atau wawancara. Kita harus persiapkan dengan matang materi-materi yang harus dipelajari sebelum ujian. Persiapan mental dan pengetahuan mengenai seluk beluk beasiswa dan kampus sangat perlu karena pada saat tahap wawancara mungkin akan ditanyakan.

3. Belajar bahasa asing

Kuliah di luar negeri, mengharuskan kita bisa menggunakan bahasa asing. Untuk berkomunikasi dengan dosen, teman asing, dan membaca materi yang menggunakan bahasa asing, minimal harus bisa bahasa Inggris.

Dalam seleksi beasiswa juga biasanya menyertakan nilai TOEFL dan IELTS. Nilai tersebut juga ada standar kelulusannya seperti nilai TOEFL diatas 550 dan IELTS diatas 6,5. Maka persiapkan dari awal kemampuan berbahasa Inggris. Bila perlu ikuti kursus bahasa asing.

4. Lengkapi Dokumen persyaratan

Dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi dari tiap-tiap penyelenggara beasiswa berbeda. Maka, pahami persyaratan serta dokumen yang harus terpenuhi. Persiapkan sedini mungkin, karena ada beberapa dokumen yang perlu waktu lama untuk didapatkan.

Jangan malas mengurus dokumen persyaratan karena jika salah satu dokumen tersebut tidak terpenuhi, maka akan berakibat fatal. Kecil kemungkinan untuk kita bisa diterima lolos beasiswa tersebut. Kita akan dianggap lalai dalam hal persyaratan dokumen.

Berikut Dokumen Penting yang Digunakan untuk Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

1. Letter Of Acceptable atau LOA

LOA adalah dokumen yang dikeluarkan pihak kampus untuk menyatakan kita sudah diterima di kampus tersebut, baik dengan syarat atau tanpa syarat. LOA biasanya didapat dalam kurun waktu dua minggu bahkan bisa berbulan-bulan setelah melakukan pendaftaran di kampus yang diinginkan.

Pendaftarannya biasanya gratis dan tertulis di masing-masing website kampus. Jika kita diterima di kampus tersebut, maka admin akan mengirinkan surat LOA melalui email maupun mengirim hard file. Penyelenggara beasiswa menjadikan LOA sebagai syarat wajib untuk mendaftar dan akan memperbesar peluang mendapatkan beasiswa.

2. Sertifikat TOEFL dan IELTS

Untuk bisa mendapatkan sertifikat TOEFL dan IELTS yang berisikan nilai kemampuan bahasa kita tidaklah mudah. Skor minimal sudah ditentukan oleh universitas. Sertifikat TOEFL dan IELTS bisa kita dapat melalui lembaga tes yang terpercaya, Biaya tesnya juga tidak murah.

Penting bagi kita untuk mengambil kursus sebelum tes karena jika gagal harus mengulang tes sampai bisa mendapatkan skor yang ditetapkan. Maka, mulailah belajar dari sekarang.

3. Motivation Letter atau Esai

Menulis motivation letter atau essai tidaklah mudah. Surat motivasi harus memuat visi misi, alasan memilih universitas dan program studi, dan mengapa kita layak diberikan beasiswa. Surat ini didapat dari hasil pemikiran diri kita sendiri. Isi esai atau surat motivasi juga harus jelas, ringkas, dan nyata.

4Surat Rekomendasi

Surat ini biasanya diberikan oleh dosen atau yang mengetahui kompetensi kita. Surat ini juga harus dipikirkan lebih awal karena bisa saja surat tersebut melibatkan instansi atau lembaga lain. Untuk bisa mendapatkan surat tersebut perlu beberapa hari diproses dan harus mengkomunikasikan dengan dosen maupun pihak yang diperlukan dalam pembuatan surat.

Beasiswa bukan hanya milik orang-orang pintar, tetapi beasiswa milik orang yang mau berusaha, berjuang, tekun dan bersungguh-sungguh menggapai beasiswa tersebut. Tidak ada kata sulit jika kita memiliki kemauan besar dan tidak pantang menyerah. Selagi kita mampu meraih mimpi besar, maka raihlah dengan usaha dan persiapan yang maksimal agar hasil yang didapatkan juga bisa maksimal. (eva)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru