Perempuan Jomblo dan Janda Berisiko Tinggi Jadi Korban Love Scam

SLEMAN, BERNAS.ID - Penipuan berkedok cinta (love scam) semakin marak akhir-akhir ini. Kemajuan teknologi dan internet seperti media sosial semakin memudahkan praktek love scam.

Ketua Pusat Kajian Law, Gender, and Society UGM, Sri Wiyanti Edyyono mengatakan, love scam bukan fenomena yang baru. Meski begitu, penegakan hukum terhadap love scam di Indonesia masih belum konsisten.

“Love scam banyak terjadi dan bukan fenomena baru, tapi jarang yang lapor,” tuturnya dalam Webinar Series: Love Scam, Sabtu (6/3/2021).

Ia mengatakan banyak korban love scam tidak melaporkan kasusnya ke pihak berwajib karena rasa malu pada korban. Selain itu, korban merasa takut menjadi bahan candaan di media sosial, bahkan cemas disalahkan kenapa bisa menjadi korban. 

“Takut jadi guyonan, lalu disudutkan. Bahkan, love scam dianggap bukan persoalan serius, kecuali mendapat sorotan publik,” ujarnya.

Berdasarkan pemantauannya, Sri menyebut persoalan hukum terkait love scam di Tanah Air masuk kategori lemah dan penegakan hukum belum konsisten, serta tidak ada pengawasan yang berkelanjutan. Banyak kasus love scam yang tidak dapat terselesaikan. 

Ia meyakini agar kasus love scam tidak meningkat bisa dicegah dengan peraturan yang kuat dan adanya intervensi pencegahan, misalnya penguatan literasi digital pada perempuan, promosi perlindungan, mekanisme pengaduan, perubahan peraturan dan lainnya.

“Ini harusnya masuk dalam isu RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan ada payung hukum baru karena tidak bisa mengacu pada peraturan yang ada,” ujarnya.

Dosen FISIP UIN Walisongo Semarang, Nur Hasyim sekaligus pemerhati gender mengatakan, love scam merupakan tindakan kekerasan. Menurutnya, love scam mengandung unsur pemaksaan kehendak, manipulasi, serta eksploitasi.

Ia mengatakan korban love scam yang mengalami eksploitasi seksual mengalami gejala kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, stres, dan depresi.

Nur Hasim mengatakan perempuan, seperti janda maupun wanita yang menjalani hidup sendiri lebih berisiko menjadi korban love scam. (jat


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 60 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Investasi Menguntungkan - Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up