Begini Cara Daftar NPWP Secara Online

BERNAS.ID - Kemudahan teknologi untuk saat ini mempermudah kita dalam melakukan semua aktivitas termasuk pengurusan surat-surat yang bisa dilakukan secara online, salah satunya pembuatan kartu NPWP. Kemudahan ini sangat membantu kita karena tidak perlu pergi langsung ke dinas perpajakan namun bisa melakukannya dimanapun karena secara online. Nantinya kita juga bisa mendapatkan kartu NPWP atau NPWP elektronik berbasis digital. 

Berdasarkan informasi, Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) sudah memperkenalkan bagaimana cara pendaftaran NPWP melalui internet atau juga biasa dikenal sebagai e-Registration (E-REG DJP).

Cara Daftar NPWP Secara Online

1. Buka Laman Dirjen Pajak

Langkah yang bisa kita lakukan pertama, buka laman resmi Dirjen Pajak di www.pajak.go.id atau ereg.pajak.go.id/login, lalu pilih menu sistem e-Registration.

2. Melakukan Pendaftaran Akun

Setelah itu mendaftar terlebih dahulu agar mendapatkan akun dengan cara mengklik “daftar”. Isilah data pendaftaran pengguna dengan benar seperti nama, alamat email, password (kata sandi) lalu kita klik 'Save'. 

3. Lakukan Aktivasi Akun 

Selanjutnya, aktivasi akun kita dengan mengecek kotak masuk (inbox) dari email yang kita gunakan untuk mendaftar akun tadi. Buka email yang masuk dari Dirjen Pajak, ikutilah petunjuk yang ada dalam email tersebut supaya bisa melakukan aktivasi.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Lalu, setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, selanjutnya kita harus login ke sistem e-Registration yaitu dengan memasukkan email dan password akun yang telah kita buat. Atau klik tautan yang terdapat pada email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak. Setelah login, kita akan di arahkan ke halaman Registrasi Data WP. Silakan isi semua data dengan benar pada formulir yang tersedia terlebih dahulu. Kemudian, ikuti semua data yang sudah di input, cek lagi dengan teliti. Bila data yang diisi benar, maka akan muncul surat keterangan terdaftar sementara. 

5. Kirim Formulir Pendaftaran

Setelah semua data pada formulir pendaftaran terisi dengan lengkap, pilih tombol daftar untuk mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak secara elektronik melalui Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.

6. Cetak (Print)

Kemudian, kita harus mencetak dokumen seperti yang tampak terlihat pada layar komputer, yaitu:

- Formulir Registrasi Wajib Pajak

- Surat Keterangan Terdaftar Sementara

7. Tanda-tangani Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Melengkapi Dokumen

Setelah itu Formulir Registrasi Wajib Pajak kita cetak, silakan ditandatangani, kemudian satukan dengan berkas kelengkapan yang telah kita siapkan sebelumnya.

8. Kirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak ke KPP

Lalu berkas kelengkapannya sudah siap, kita harus mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak, Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah ditandatangani, beserta dengan dokumen lainnya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat kita sebagai Wajib Pajak terdaftar. Berkas tersebut harus kita serahkan langsung ke KPP atau melalui Pos Tercatat. Pengiriman dokumen harus dilakukan selambat-lambatnya 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik.

9. Scan Dokumen 

Hal yang bisa kita lakukan antisipasi jika kita tidak ingin repot-repot menyerahkan atau mengirimkan berkas secara langsung atau melalui pos ke KPP, kita juga dapat memindai (scan) dokumen dan mengunggahnya dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-Registration sebelumnya tadi.

10. Cek Status dan Tunggu Kiriman Kartu NPWP

Setelah semua proses ini dan mengirimkan berkas dokumen, kita dapat mengecek status pendaftaran NPWP melalui email atau di halaman history pendaftaran dalam aplikasi e-Registration.

Nah jika statusnya ditolak, kita harus perbaiki beberapa data yang kurang lengkap.

Jika status disetujui, kartu NPWP elektronik akan dikirim ke alamat kita melalui Pos Tercatat.

Catatan

Kartu NPWP dapat dicetak fisik maupun bentuk soft file yakni dengan NPWP elektronik. Ketika membutuhkan NPWP elektronik, kita juga bisa cek salinan melalui fitur pengiriman NPWP lewat email di bagian menu informasi DJP Online. (lsr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up