Berita Nasional Terpercaya

Bisnis Properti: Strategi, Keuntungan dan Cara Memulainya

0

Dalam masyarakat modern, ada banyak bidang usaha yang dapat dijalankan untuk mencari penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, salah satunya adalah bisnis properti. Bisnis Properti merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan dapat menjadi ladang untuk mencari keuntungan apabila dalpat menjalankan strategi dengan baik.

Bisnis properti sendiri sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tetapi mulai populer di awal 2000an seiring dengan banyaknya perumahan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal.

 

Pengertian Bisnis Properti

Pada awal kemunculannya, bisnis properti dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perumahan pribadi, tetapi kemudian mulai meluas hingga merambah pada aspek-aspek lain yang berkaitan dengan kebutuhan lain yang berkaitan dengan tempat tinggal.

Pengertian bisnis properti secara harfiah adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang jual beli tanah, dan berbagai aspek yang terkait dengan hal tersebut. Bisnis di bidang bangunan, sarana dan prasarana, dan sebagainya kemudian juga masuk ke dalam lingkup usaha tersebut.

Dalam hal ini, persewaan properti rumah, vila, townhouse, apartemen, hotel dan semacamnya juga termasuk ke dalam bisnis properti.

 

Cara Memulai Bisnis Properti

Seperti diketahui bahwa kebutuhan akan properti terutama tempat tinggal semakin meningkat seiring pertambahan penduduk. Hal ini pun menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk mencari keuntungan dari masalah tersebut. Kesuksesan dari sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang properti membuat orang memilih untuk terlibat dalam bisnis yang sama.

Hal ini dikarenakan bisnis properti memiliki prospek jangka panjang yang cukup bagus. Namun, untuk terjun ke bidang properti tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda memerlukan pengetahuan dan juga cara mengelola usaha bisnis properti. Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis properti.

 

1. Awali sebagai investor

Anda dapat memulai terjun ke bisnis properti sebagai investor, sehingga peluang untuk rugi menjadi lebih kecil. Akan tetapi, cara ini mengharuskan Anda harus memiliki modal yang cukup besar.

 

2. Memulai sebagai perantara

Menjadi perantara bisa menjadi solusi untuk sukses di bidang bisnis properti apabila Anda tidak memiliki modal yang cukup besar sebagai investor. Namun,  Anda memerlukan skil yang cukup untuk bisa sukses saat memulai bisnis properti. 

 

3.Melakukan riset

Jika Anda tidak memiliki modal yang pas-pasan, maka cara terbaik untuk terjun ke bisnis properti adalah melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu mengenai bidang properti yang memiliki prospek bagus di masa mendatang.

 

4. Melakukan promosi produk

Promosi produk sangat dibutuhkan untuk sukses di bidang properti, apalagi di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat dan banyaknya pesaing di bidang yang sama.

 

5. Gunakan merek usaha sendiri

Setelah berhasil melakukan penjualan, baik sebagai investor maupun perantara langsung, Anda dapat membuat merek usaha sendiri. Adapun produk yang berhasil Anda jual sebelumnya dapat dijadikan legitimasi mengenai usaha baru Anda.

 

Keuntungan Melakukan Bisnis Properti

Setiap pelaku usaha tentu mengharapkan keuntungan dari usaha yang dia jalankan, tidak terkeculai pelaku bisnis properti. Adapun keuntungan yang diincar oleh pelaku usaha bisnis properti adalah sebagai berikut.

 

1. Nilai jual properti yang terus meningkat

Setiap tahun, kebutuhan akan tempat tinggal dan properti terkait terus mengalami kenaikan, sehingga membuka usaha di bidang properti sangat menjanjikan untuk mendapat keuntungan.

 

2. Nilai tambah untuk lokasi yang strategis

Jika Anda memiliki properti yang berada di lokasi yang strategis, maka harganya akan terus mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Misalnya, apartemen, gedung perkantoran dan lainnya akan memberi keuntungan yang terus bertambah.

 

3. Pendapatan terus meningkat

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa kebutuhan akan tempat tinggal setiap tahunnya terus meningkat sehingga pendapatan pemilik properti akan terus meningkat setiap tahunnya.

 

4. Aman dari inflasi

Selain pendapatan yang terus meningkat, bisnis properti juga aman dari pengaruh inflasi sehingga kemungkinan untuk rugi cukup kecil dibanding dengan bisnis di bidang lainnya.

 

5. Investasi jangka panjang

Oleh karena nilai dari properti yang terus meningkat serta sifatnya yang aman dari ancaman inflasi, membuat bisnis properti dapat menjadi investasi jangka panjang yang baik untuk masa depan.

 

Strategi Menjalankan Bisnis Properti

Adapun strategi yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan bisnis properti antara lain dengan menjadi broker properti, jika Anda ingin membuat bisnis properti sebagai pekerjaan dan bukan membangun aset.

Namun, jika Anda ingin membuat bisnis properti sebagai investasi jangka panjang, Anda dapat membeli beberapa aset properti yang memiliki peluang bisnis yang tinggi untuk disewakan, seperti gedung perkantoran, kontrakan, apartemen dan semacamnya.

Demikian adalah penjelasan mengenai bisnis properti. Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mengetahui kapasitas Anda untuk terjun di bidang properti, misalnya jika tidak memiliki modal yang besar maka Anda lebih cocok menjadi perantara dan bukan sebagai investor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.