Berita Nasional Terpercaya

Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern Ideal, Pas untuk Rumah Sederhana Minimalis

0

Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau ekuator sehingga memiliki iklim tropis. Untuk tempat tinggal, rumah tropis modern merupakan pilihan desain yang tepat jika Anda ingin membangun atau merenovasi rumah.

Meski begitu, menemukan pilihan yang tepat untuk menciptakan rumah tropis bukanlah perkara gampang. Apalagi dalam kenyataan, Anda perlu mempertimbangkan kondisi iklim yang cukup keras mulai dari suhu udara tinggi, angin yang mengandung garam, kelembapan, dan masih banyak lagi.

Faktor-faktor eksternal tersebut kemudian dijadikan salah satu perhitungan dalam merancang rumah. Harapannya, tentu saja agar hunian lebih nyaman dan tidak mudah tergerus oleh cuaca.

Beruntungnya, kini sudah tersedia banyak pilihan inspirasi desain rumah minimalis tropis. Ingin mendapatkan lebih banyak ide dan rekomendasi desain rumah modern tropis? Simak penjelasan berikut ini.

 

Desain Rumah Tropis Modern Minimalis

Masing-masing hunian mengusung konsep dengan karakteristik tertentu. Mengutip desain yang pernah dirancang Living Asean, begini desain rumah tropis yang bisa Anda tiru dan coba.
 

Rumah yang Berkarakter, Modern Tapi Tampak Sederhana

Mengedepankan konsep ruang terbuka, tanpa menyertakan interior dinding dan pintu, menghasilkan kesan ruangan yang lebih besar dan nyaman. Dinding berwarna putih pucat yang dipadukan dengan aksen kayu menambah kehangatan ruang.

Dan bisa dilihat dari gambar di awal, warna putih pudar juga menjadi Point of Interest yang membuat hunian makin berkarakter. Minimalis, tapi tetap tampak sederhana.

 

Desain Interior yang Terhubung dengan Lingkungan Luar

Focal point dari pemilihan interior membuat ruangan terhubung dengan lingkungan luar. Halaman di bagian pinggir menawarkan ruang yang menyejukkan serta mencerahkan ruang keluarga berkat berkas cahaya matahari alami.

 

Dapur yang Tetap Mengandalkan Pencahayaan Alami

Oleh pengembang, dapur dirancang agar terlihat cerah dan minimalis. Pemilihan interior yang tak terlalu memenuhi ruang, tanpa kehilangan sentuhan yang membuat dapur menjadi kesatuan dengan ruang lainnya.

Meja untuk menyiapkan makanan dan minuman sejajar dengan dapur yang di atasnya terletak penyimpanan. Ruang yang dibuat tanpa sekat memudahkan penghuni untuk tetap terhubung dengan keluarga yang berada di bagian tengah ?baik di ruang makan maupun ruang tamu.

 

Lantai yang Lebih Tinggi

Pengembang memulai proyek ini dengan meninggikan lantai rumah sehingga lebih tinggi dibandingkan tanah dan jalan. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Selanjutnya, seluruh lantai denah lantai ditata ulang dengan eksterior yang turut mendapat sentuhan renocasi. Hasilnya, jendela yang memiliki ukuran lebih besar serta memungkinkan kesan alami masuk ke dalam hunian.

Posisi jendela yang sudah diperhitungkan dan berukuran besar memungkinkan cahaya alami menerangi ruang. Tak hanya itu, juga berfungsi sebagai pengubung antara ruang tamu dan bagian luar.

 

Balkon Multifungsi

Balkon biasanya difungsikan sebagai ruang tambahan saja. Menjadi tempat di mana penghuni beserta keluarga bisa memandang lingkungan sekitar sambil bersantai. Tak jarang, ada pula penghuni yang menyulap balkon rumah jadi tempat melakukan hobi. Misal menanam tanaman atau memelihara burung.

Pada rumah tropis ini, pengembang sudah membuat agar balkon lebih multifungsi. Selain melindungi lantai satu dari sinar matahari yang menyengat, balkon ini juga mampu menyediakan lebih banyak privasi dan perlindungan fisik pada penghuni.

Kayu yang ditata vertikal memberikan dinding tampak bersih serta modern. Tak hanya itu, façade ini juga berfungsi sebagai insulasi panas. Dilapisi dengan cat warna putih pudar, akhirnya tercipta harmoni dengan dinding berwarna tegas yang ada di baliknya.

Nah, itulah beberapa inspirasi desain rumah tropis modern yang bisa Anda jadikan rujukan. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan hunian yang lebih nyaman dan sesuai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.