Berita Nasional Terpercaya

4 Karakteristik Arsitektur Tropis Modern, Indonesia Banget!

0

Terinspirasi dari bentuk rumah tradisional Indonesia dipadukan dengan konsep modern, maka terlahirlah gaya arsitektur yang disebut sebagai arsitektur tropis modern. Gaya arsitektur yang sangat cocok diimplementasi di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini tidak diragukan lagi pesonanya.

Namun, seperti apa rumah dengan gaya arsitektur ini dan apa yang membuatnya diminati oleh banyak orang di seluruh dunia? Yuk simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Apa Itu Arsitektur Tropis Modern

Tak kalah dengan desain-desain bangunan dari luar negeri, desain bangunan asli Indonesia pun layak mendapat acungan jempol, khususnya desain rumah-rumah tradisional.

Terkesan bersahaja, ternyata rumah-rumah tradisional tersebut ternyata tidak asal dibangun. Mereka benar-benar memperhatikan fungsi bangunan dan lingkungan sekitar. Menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam, rumah-rumah tersebut terbukti kokoh meski diguyur hujan deras sepanjang waktu dan tetap memberikan sensasi “adem” di tengah panasnya negara beriklim tropis ini.

Lalu bagaimana jika konsep rumah tradisional itu dipadukan dengan konsep bangunan modern saat ini?

Berangkat dari inspirasi tersebut, gaya arsitektur modern yang dianggap berwajah natural ini mulai banyak dikembangkan. Serupa dengan konsep rumah tradisional, bangunan dengan gaya arsitektur modern yang satu ini didesain agar mampu beradaptasi dengan suhu udara dan kelembapan yang tinggi.

Bertujuan untuk memberikan kenyamanan maksimal untuk penghuni rumah, arsitektur tropis yang bergaya modern ini menitik beratkan pada aliran udara di dalam bangunan, pencahayaan, serta material alami yang memiliki daya tahan yang baik untuk menghadapi cuaca di daerah beriklim tropis.

Selain itu, keindahan alam di daerah tropis sayang jika tidak diikutsertakan dalam konsep arsitektur ini. Karena itu, tak heran jika bangunan-bangunan modern yang mengusung gaya arsitektur tropis ini banyak memanfaatkan vegetasi tropis di dalamnya dan terkesan menyatu dengan alam.

 

Karakteristik Khas Arsitektur Tropis

Bangunan-bangunan yang mengusung konsep arsitektur ini tidak melulu terlihat sama. Bagaimanapun juga, setiap arsitektur memiliki gaya mereka sendiri dalam mengembangkan bangunan.

Namun tentu saja, ada beberapa ciri khas tertentu yang bisa ditemukan di hampir setiap bangunan modern yang dirancang dengan gaya arsitektur tropis ini. Ini dia beberapa karakteristik dari bangunan modern dengan konsep arsitektur tropis ini:

 

1. Atap Tinggi dan Miring

Tak ubahnya rumah-rumah di Indonesia pada umumnya, atap pada bangunan dengan konsep arsitektur tropis modern ini juga dirancang dengan kemiringan 30 derajat. Atap mirip seperti itu berfungsi agar air hujan tidak menggenang di atap rumah dan langsung dialirkan ke tanah. Selain itu, atap bangunan ini cenderung tinggi untuk memberi ruang kosong di bawah atap, yang tujuannya untuk meredam panas.

 

2. Memiliki Teritisan

Masih tentang atap, bangunan arsitektur tropis ini cenderung mempunyai teritisan atau perpanjangan atap yang cukup lebar. Dengan adanya teritisan, tampias hujan dapat diminimalisir dan sinar matahari yang masuk ke rumah pun dapat dikurangi.

Baca juga: Mengenal Arsitektur Modern, dari Konsep, Sejarah, Aliran, hingga Prinsipnya

 

3. Ventilasi Menyilang

Agar udara di dalam ruangan bisa bersikulasi dengan baik, arsitektur modern dengan gaya yang satu ini menerapkan ventilasi silang. Dengan banyaknya ventilasi udara di dalam bangunan, udara yang masuk dapat dimaksimalkan dan suhu di dalam ruangan pun terjaga dengan baik.

 

4. Material Lokal

Merujuk pada arsitektur tradisional, pembangunan rumah dengan konsep arsitektur tropis ini cenderung memanfaatkan sumber daya setempat. Pasalnya, material-material lokal dan alami tersebut dianggap memiliki daya tahan terbaik untuk menghadapi berbagai cuaca di daerah tersebut.

Itulah ulasan singkat mengenai arsitektur tropis modern. Konsep arsitektur ini cocok untuk kamu yang ingin membangun rumah modern di Indonesia yang beriklim tropis, kan?

Baca juga: Kenali Bangunan Arsitektur Terbaik di Indonesia Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.