Berita Nasional Terpercaya

Desain Rumah Kontainer 40 Feet, Hunian untuk Anda yang Nomaden

0

Beberapa tahun terakhir ini, desain rumah kontainer 40 feet sedang menjadi tren di kalangan masyarakat modern. Tidak hanya di negara-negara Eropa dan Amerika saja, bahkan tren rumah kontainer ini juga sedang marak di Indonesia.

Bentuknya yang unik dan biayanya yang murah menjadi alasan mengapa rumah peti kemas ini dijadikan pilihan oleh banyak orang, entah untuk dijadikan hunian pribadi, kafe, ataupun toko.

Penasaran apa keuntungan dari rumah container ini dan bagaimana jadinya jika peti kemas 40 feet disulap menjadi hunian yang cantik dan trendi? Yuk, simak di sini!

?

Keuntungan Desain Rumah Kontainer 40 Feet

Mengenal keuntungan desain rumah kontainerMengenal keuntungan desain rumah kontainer (foto: arsitekrumahanku)

Luasnya yang tidak seberapa dan bahannya yang tidak biasa membuat banyak orang mempertanyakan alasan mengapa ada orang yang mau membangun rumah dari peti kemas ini. Nah, kalau kamu memiliki pertanyaan yang sama, simak tiga keuntungan dari rumah kontainer di bawah ini.

?

1. Tahan Gempa

Dibandingkan rumah-rumah biasa yang terbuat dari batu dan semen, rumah container ini terbilang kokoh dan bahkan tahan gempa. Pasalnya, kontainer sendiri memiliki struktur besi yang kokoh.

Selain itu, besi juga memiliki kemampuan meredam getaran besar seperti gempa dan meminimalisir keretakan yang mungkin terjadi.

Karena itulah, jika kamu tinggal di daerah yang rawan gempa, Jogja misalnya, tidak ada salahnya mempertimbangkan peti kemas ini sebagai hunian aman.

?

2. Fleksibel

Kelebihan lain dari rumah container ini adalah fleksibilitasnya. Karena tidak permanen, rumah kontainer ini bisa kamu rombak dan modifikasi sesuka hati kapanpun kamu mau. Selain itu, kamu juga bisa memindahkannya ke tempat lain, bahkan kota lain, dengan mudah.

?

3. Hemat Biaya

Karena kamu tidak perlu membangun pondasi rumah dari nol, tentu saja penggunaan peti kemas sebagai hunian pribadi memakan biaya yang lebih murah. Dengan harga mulai dari 20 juta, kamu sudah bisa mendapatkan peti kemas 40 kaki, loh. Murah, kan?

Selain itu, kamu tidak memerlukan izin bangunan dan lahan yang luas-luas banget untuk mendirikan rumah kontainer ini. Itu saja sudah menghemat banyak biaya, bukan?

?

Inspirasi Rumah Kontainer

Inspirasi rumah dengan bahan kontainer

Inspirasi rumah dengan bahan kontainer (foto: desytrade)

Setelah membaca-baca keuntungan rumah kontainer di atas, kamu juga pasti tertarik ingin menjadikan peti kemas sebagain hunian, bukan? Nah, sebelum kamu pergi membeli peti kemas tersebut, yuk check dulu desain rumah container 40 feet ini agar kamu punya gambaran rumah macam apa yang kamu mau.

?

Rumah Kontainer dengan Teras Kayu

Agar bisa bersantai di depan rumah, kamu bisa juga menambahkan teras yang terbuat dari papan kayu. Teras ini bisa kamu jadikan sebagai ruang tamu dengan memasang kanopi di atasnya dan menghiasinya dengan kursi-kursi santai yang cantik.

?

Desain Rumah Kontainer 40 Feet Dua Lantai

Desain rumah kontainer susunDesain rumah kontainer susun (foto: rukita)

Dengan membangun rumah kontainer, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki rumah tingkat. Kamu bisa menyusun dua peti kemas dan menambahkan tangga yang menghubungkan keduanya.

Enaknnya membuat rumah dua lantai dari kontainer ini, kamu bisa menyusunnya sekreatif dan semenarik mungkin. Kamu bisa juga menyusunnya secara silang-menyilang atau bahkan membuatnya menjorok.

?

Hunian Modern Minimalis

Salah satu karakter khas dari rumah minimalis adalah penggunaan bahan-bahan lokal dan pencahayaan alami, dan kamu masih bisa mewujudkannya dalam rumah kontainermu.

Kamu bisa mengganti salah satu sisi kontainermu dengan jendela kaca yang lebar untuk membiarkan cahaya matahari bisa masuk dengan maksimal.

Agar terlihat lebih minimalis, kamu bisa mengecatnya dengan warna putih bersih atau bahkan bisa juga menambahkan unsur kayu di dalamnya. Jangan lupa tambahkan perabot dan dekorasi dengan nuansa alami, ya.

Kalau kamu dan keluarga kecilmu tidak berniat membangun rumah jangka panjang, mungkin kamu memang perlu mempertimbangkan desain rumah kontainer 40 feet ini. Waktu pengerjaannya yang cepat, minimnya lahan yang diperlukan, dan sifatnya yang fleksibel sangat cocok untukmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.