Berita Nasional Terpercaya

Cara Mengurangi Kelembaban Udara di Kamar, Penting bagi Kesehatan!

0

Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara mengurangi kelembaban udara di kamar tidur. Bagaimanapun, udara merupakan sumber kehidupan. Tanpanya, mustahil manusia dapat bertahan hidup. Oleh karena itu keberadaan udara sangat penting dalam sebuah hunian. Rumah yang bagus atau ideal adalah rumah yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar.

Namun masih banyak ruangan sebuah rumah yang sering lembab karena disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari perubahan musim, kurangnya sirkulasi udara, Penataan barang-barang yang berantakan, dan sebagainya.

Kualitas udara sangat berpengaruh pada kesehatan. Rumah yang lembab mudah memunculkan banyak penyakit, mulai dari sakit kulit hingga pernafasan. Kutu dan binatang-binatang kecil mudah bakal betebaran ketika kondisi rumah lembab. Selain itu, debu dan kuman yang menempel juga dapat menyebarkan virus.

Oleh karena itu anda perlu mengurangi kelembaban udara di rumah. Selau jaga udara rumah anda tetap bersih dan segar. Terlebih ruangan-ruangan yang digunakan untuk aktivitas personal, seperti kamar dan kamar mandi.

Berikut cara mengurangi kelembaban udara di kamar tidur.

1. Menaruh Tanaman di Rumah

 

Menaruh tanaman di rumahTanaman hias dalam rumah (foto: Unsplash)

Selain sebagai hiasan tanaman yang diletakkan di rumah juga mempunyai fungsi lain. Tanamna di rumah bermanfaat untuk membersihkan udara yang kotor. Sehingga kualitas udara di rumah anda bisa menjadi bersih.

Anda bisa menempatkan tanaman di setiap sudut rumah, baik itu kamar, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi. Untuk teras dan ruang tamu, anda bisa menaruh pohon-pohon yang berukuran lumayan besar. Sedangkan ruangan lain di dalam rumah, seperti kamar dan tempat tidur, bisa anda pasangai tanaman media air.

 

2. Membuat Banyak Bukaan

Rumah terbuka dan sejuk (Foto: Unsplash)

Udara masuk ke rumah melalui beberapa jalan, bisa dari pintu, jendela, maupun ventilasi. Oleh karena itu agar udara di rumah selalu segar anda perlu membuat saluran ventilasi yang mencukupi. Salah satu sistem saluran bukaan yang terbukti ampuh adalah ventilasi silang.

Tempat-tempat yang rawan lembab, seperti kamar mandi, gudang, dan dapur, perlu anda buatkan ventilasi. Udara yang selalu mengalir dapat menciptakan lingkungan yang bersih. Sehingga tingkat kelembapan dan kesehatan pemilik rumah bisa diawasi. Dalam memasang ventilasi jangan lupa untuk menyertai saringan, yang berfungsi menghalau seranggga masuk.

Baca juga: Anda Suka Drama Korea? Furniture Ala Korea Ini yang Wajib Ada di Kamar

 

3. Memasang Higrometer

Rumah memakai higrometer (Foto: Unsplash)

Higrometer merupakan alat untuk mengatur kelembaban udara suatu ruangan. Dengan alat ini anda bisa menjaga kondisi udara di rumah anda, terutama kamar tidur. Melalui alat ini, anda bisa menyetel suhu ruangan sesuai keinginan anda.

Hadirnya higrometer cukup membantu untuk rumah yang berukuran kecil, ruangan minimalis, maupun tertutup. Ketika musim hujan anda tinggal menghangatkan suhunya. Sedangkan ketika musi  salju anda tinggal mengatur fontnya.

 

4. Merapikan Barang-Barang di Ruangan

Kamar rapi (Foto: Arthome.co.id)

Udara di dalam ruangan akan bergerak mengelilingi tiap sudut. Semakin luas kamar anda maka peredaran udara semakin lancar. Sebaliknya, ketika ruangan anda sempit atau penuh dengan barang-barang maka udara sulit bergerak.

Oleh karena itu anda perlu merapikan barang-barang yang ada di kamar, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Barang-barang yang tidak rapi atau semrawut akan menghambat pergerakan udara.

Baca juga: 5 Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana, Ternyata Mudah

Itu tadi beberapa cara mengurangi kelembapan udara di dalam kamar. Ketika membeli hunian atau membangun rumah pastikan anda menyiapkan sirkulasi udara. Dengan begitu rumah anda menjadi nyaman untuk ditinggali maupun dikunjungi. Cara-cara di atas bisa anda coba untuk dapatkan hunian yang sehat bagi keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.