close

Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda, Pilih Instrumen yang Sesuai Kebutuhan

Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda, Pilih Instrumen yang Sesuai Kebutuhan

Harus disadari, anggapan bahwa investasi sejak dini harus dimulai ketika Anda sudah menikah merupakan asumsi keliru. Yang dimaksud dengan kata dini, bahkan bisa dimulai sejak Anda berusia dua puluhan. Hanya saja, Anda perlu tahu jenis investasi yang cocok untuk anak muda. 

Saat ini, kesadaran akan pengelolaan keuangan sudah mulai menyebar luas. Tak lagi orang tua atau mereka yang sudah berkeluarga saja  yang membicarakannya. Banyak anak muda yang aktif mengkampanyekan investasi sejak dini. 

Beruntungnya, iklim investasi di Indonesia sudah mulai terbentuk. Kini sudah tersedia banyak jenis investasi. Tak terkecuali untuk Anda yang masih berusia muda. Namun, penting kiranya untuk mengenali jenis investasi yang cocok. Sehingga, menabung tidak akan membuat Anda ketinggalan dalam hal gaya hidup dan pergaulan.

 

Investasi yang Tepat untuk Anak Muda

Wajib dicatat, investasi adalah aktivitas menanamkan sejumlah modal. Harapannya tentu saja modal tersebut bisa berkembang dan memberi keuntungan berlipat ganda di masa depan. 

Sedangkan instrumen yang bisa dipilih untuk investasi ada beragam. Untuk anak muda, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan di bawah ini.

 

Investasi Deposito Berjangka

Deposito berjangka (foto: YouTube)

Deposito berjangka adalah produk penyimpanan uang dari bank menggunakan ssitem penyetoran di awal. Yang membedakan deposito dengan tabungan biasa, yakni ada ketentuan penarikan yang bisa dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu yang sudah disepakati oleh nasabah. 

Sementara itu, deposito berjangka merupakan jenis deposito dengan jangka waktu tertentu. Penarikannya biasanya mulai dari 1 sampai 24 bulan. Nah, ketimbang tabungan biasa, deposito berjangka bisa memberi bunga dengan nilai tiga kali lipat. Tentu jumlah yang cukup menguntungkan, bukan?

Baca juga: Mengenal Diversifikasi Investasi dari Pengertian, Tujuan, hingga Keuntungan

 

Peminjaman Peer to Peer

Pembiayaan peer-to-peer (foto: KoinWorks)

Teknologi juga menawarkan instrumen investasi terbaru. Yakni model peer-to-peer lending. Kegiatan finansial ini menghubungkan antara peminjam dan pemberi modal. 

Di Indonesia, sudah banyak platform P2P yang bisa diakses secara mudah. Contohnya seperti KoinWorks, Investree, Uang Teman, Danamas, Amartha, dan masih banyak lagi. 

Mengapa investasi P2P terbilang menggiurkan? Hal tersebut bisa kita lihat dari jumlah return yang ditawarkan. Minimal, Anda bisa mendapatkan return hingga 20 persen dalam setahun! Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui arah pendanaan berkat kebebasan memilih produk bisnis.

 

Reksadana Saham

Reksadana saham (foto: YouTube)

Kini, pasar saham tengah jadi gaya hidup. Hampir seluruh kalangan membicarakannya. Hingga akhirnya banyak pula yang menjadikan permainan saham layaknya judi. Hanya mengandalkan insting, tanpa melibatkan perhitungan yang matang. 

Jika ingin lebih aman dan berpeluang besar, Anda bisa mempertimbangkan reksadana saham Reksadana adalah tempat mengumpulkan dana investasi dari masyarakat. Selanjutnya, dana investasi tersebut akan diolah manajer investasi sebagai instrumen investasi. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi di Bank dan Kelebihannya

Reksadana merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin bermain saham tapi merasa minim waktu untuk mengikuti pasar. Soalnya, ada manajer investasi yang bakal melakukan hal tersebut untuk Anda. Di samping itu, reksana juga memiliki likuiditas tinggi. Artinya, dana investasi bisa dicairkan dan dijual kapan pun.

 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru