close

Mengenal Flat House: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengenal Flat House: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ada yang tahu apa itu rumah flat? Rumah flat merupakan istilah yang masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Istilah hunian ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama rumah susun. Meski begitu keduanya memiliki perbedaan.

Flat house atau rumah flat memiliki bentuk bangunan bersusun atau gandeng yang kontruksinya vertikal. Model hunian ini kerap disamakan dengan kondominium, apartemen, rumah vertikal, hingga rusun. Jenis-jenis rumah tersebut memang bentuk bangunan yang serupa, namun sebenarnya kesemuanya memiliki perbedaan masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas pengertian rumah flat. Seperti apa sih rumah flat? Bagiman cara membangunnya, serta kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

 

Pengertian Rumah Flat

Pengertian Rumah Flat

Rumah flat (Foto: Unsplash)

Flat house memiliki bentuk bangunan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni bersusun atau bergandeng. Rumah flat merupakan hunian yang minimalis. Pada umumnya, rumah flat hanya terdiri dari kamar tidur, ruang santai atau duduk, dapur, dan kamar mandi. 

Rumah flat biasanya terdapat di daerah perkotaan. Hunian ini sebenarnya memang disediakan bagi masyarakat yang ingin mempunyai rumah tetapi dana yang dimiliki terbatas. Karena untuk membeli atau membangun rumah konvensional membutuhkan anggaran yang cukup besar, maka rumah flat menjadi solusinya. 

Selain itu, rumah flat juga menjadi pilihan hunian bagi mereka yang berstatus single dan ingin tinggal di tempat yang minimalis. Hunian ini biasanya juga ditempati bagi mereka yang ingin bertempat tinggal namun dalam jangka waktu yang singkat.

Baca juga: Investasi Apartemen dari Cara, Keuntungan, hingga Risiko

 

Kelebihan Rumah Flat

Desain rumah flat

Desain rumah flat (Foto: Dekoruma)

Sebagian orang memilih tinggal di rumah flat karena hunian ini memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan yang bisa dirasakan? Sebagai berikut.

Lahan Lebih Efisien

Rumah flat sangat bermanfaat untuk mengurangi kepadatan ruang di perkotaan. Jika suatu daerah terlalu sesak oleh bangunan maka dampaknya akan buruk bagi lingkungan. Resapan air menjadi kurang, lahan pertanian tidak ada, hingga rawan terjadi banjir. Dengan rumah flat bahaya itu semua bisa dicegah.

Lokasi Strategis

Lokasi rumah flat pada umumnya berada di area-area yang strategis, seperti dekat dengan pusat pemerintahan, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Sebab hunian ini dibangun untuk mengatasi kepadatan penduduk yang biasanya terjadi di beberapa kawasan tadi. Dengan begitu, ketika tinggal di rumah ini Anda bisa mudah mengakses ke tempat-tempat penting. 

Rasa Kekeluargaan yang Kuat

Rumah flat memiliki bentuk bangunan bersusun atau berdempetan. Oleh karena itu, hubungan antara penghuni rumah flat biasanya sangat akrab atau kompak. Para penghuninya memiliki rasa kekeluargaan yang kuat. Tinggal di hunian ini dijamin Anda tidak bakal kesepian.

Membantu Masyarakat Menengah Kebawah

Rumah flat menjadi solusi hunian bagi masyarakat kelas menengah kebawah. Rumah ini layak mereka miliki karena harganya terjangkau. Mereka dapat memiliki hunian yang sesuai dengan dana mereka dan bisa lebih menghematnya.

 

Kekurangan Rumah Flat

Ruang rumah flat

Ruang rumah flat (Foto: Dekoruma)

Tak bisa dimungkiri, rumah flat juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangannya.

Lingkungan yang Sesak atau Sumpek

Rumah flat memiliki ukuran yang sempit atau mini. Hal itu bisa membuat penghuninya merasa sumpek atau sesak. Sebab sirkulasi yang beredar tidak sebanyak rumah-rumah berukuran besar. Selain itu, karena bentuknya bersusun atau bergandeng, kondisi luar rumah pun juga terasa sesak.

 

Kenyamanan Individu Kurang

Tinggal di rumah flat mengharuskan penghuninya untuk memiliki rasa tenggang rasa yang tinggi. Sebab jarak antara rumah satu dengan rumah lainnya sangat berdekatan. Ketika penghuninya melakukan aktivitas, maka penghuni lain mudah mendengar atau terganggu. Hal itu yang membuat penghuni rumah ini kurang leluasa dan menjadi tidak nyaman.

Itu tadi penjelasan mengenai flat house atau rumah flat. Rumah ini bisa menjadi pilihan hunian jika Anda belum memiliki cukup dana untuk membeli rumah yang diimpikan. Dengan tinggal di rumah ini Anda bisa menghemat biaya. Walaupun terhitung hunian murah, ada beberapa kelebihan ketika Anda menempati rumah ini. Namun di sisi lain, kekurangannya juga tetap bisa Anda rasakan.

Baca juga: Keuntungan yang Didapat Saat Memilih Rumah atau Apartemen sebagai Hunian


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru