close

Berkenalan dengan Si Cantik HABA House

Berkenalan dengan Si Cantik HABA House

Bandung seakan tidak pernah kehabisan kekreatifan dalam masalah arsitektur, contohya saja HABA House. Proyek rumah dengan desain unik ini sukses mencuri perhatian semua orang yang tidak sengaja lewat di depannya. Bagaimana tidak, rumah tingkat di lahan seluas 4 x 10 meter ini terlihat memikat dengan daya tariknya yang tidak biasa. 

Penasaran seperti apa bentuk dan kosep hunian cantik satu ini dan siapa yang melahirkan ide untuk merancangnya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

Desain HABA House

Desain interior Haba House

Desain interior Haba House (foto: grid)

 

Berbeda dari rumah lain, HABA House dirancang dengan lebar 4 meter dan desain ala Eropa pedesaan. Tentu saja desain semacam itu cocok diterapkan di daerah berhawa dingin dan masih asri dengan banyak pepohonan seperti Bandung.

Ukuran lahan yang kecil ternyata tidak menghalangi Dendy Darman, sang desainer rumah, untuk menciptakan kesan luas di dalamnya. Belajar dari desainer Jepang, Dendy mengaplikasikan ilmu dimensi furniture untuk ruang terbatas pada hunian rancangannya ini. 

Ruangan 40 meter persegi tersebut nyatanya muat menampung ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Agar terlihat lapang, ketiga ruang dengan fungsi berbeda tersebut tidak dipisahkan oleh partisi apapun, hanya dibedakan dari warna dan kesan yang diberikan di setiap ruangnya.

Untuk memaksimalkan kesan lapang pada lantai tersebut, pintu kaca lebar ditempatkan di belakang meja makan sehingga deretan pepohonan dapat terlihat dari dalam ruangan. Ditambah lagi, di balik pintu kaca tersebut terdapat balkon yang enak untuk segala aktivitas.

Tampak luar HABA House

Tampak luar HABA House (foto: Pinterest)

Meskipun terlihat memiliki dua lantai dari depan, nyatanya bangunan ini terdiri dari tiga lantai dengan memanfaatkan kontur jalan yang memiliki ketinggian yang berbeda dengan halaman belakang. Hal tersebut menjelaskan mengapa dinding “lantai satu” rumah itu tampak lebih tinggi dibandingkan lantai duanya. 

Pintu masuk rumah tersebut dilengkapi tangga sehingga pintunya terkesan lebih tinggi dan hampir mencapai langit-langit ruangan. Ternyata alasannya, tepat setelah naik tangga, Anda akan menemuka satu pintu lagi menuju ruang bawah tanah.

Uniknya lagi, ruangan tersebut bukanlah garasi seperti pada umumnya, melainkan kamar tidur utama. Bukankah aneh menempatkan kamar tidur utama di bawah tanah? Tentu saja tidak. Pasalnya, kamar tersebut memiliki ketinggian yang sama dengan halaman belakang. Jadi penghuninya bisa menikmati pemandangan halaman belakang yang luas dan teduh langsung dari kamarnya.

Baca juga: Rumah Pasif, Hunian Ramah Energi dan Hemat Listrik

 

Mengenal Sang Perancang dan Idenya

Tampak depan HABA House

Tampak depan HABA House (Foto: dsgntalk)

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, orang yang merancang HABA House ini adalah Dendy Darman. Meskipun tidak memiliki latar belakang arsitek, nyatanya proyek hunian yang dirancangnya berhasil membuat banyak orang terkesan.

Diketahui, Dendy ternyata seorang desainer grafis ternama di bidangnya. Itulah mengapa ia cenderung mengaplikasikan kaidah arsitektur yang kerap diabaikan dengan desain estetis dalam proses perancangan hunian unik ini.

Uniknya lagi, desain interior hunian ini selesai lebih awal dibandingkan bangunannya sendiri. Dengan kata lain, bangunan ini ada untuk mewadahi desain interior yang ada di kepalanya. 

Itulah ulasan singkap mengenai HABA House yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat Bandung ini. Rumah secantik ini dijamin akan membuatmu betah berlama-lama tinggal di sana.

Baca juga: Rumah Kontainer dari Sejarah, Desain, Kelebihan, hingga Kekurangannya


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru