close

Mengenal Rumah Bulat di Nusa Tenggara Timur

Mengenal Rumah Bulat di Nusa Tenggara Timur

Di antara sekian banyak rumah adat di Indonesia, Rumah Bulat termasuk unik. Sesuai namanya, hunian adat Nusa Tenggara Timur ini berbentuk bulat, sampai-sampai terlihat seperti kumpulan jamur bila diliat dari atas perbukitan.

Nah, penasaran seperti apa model hunian yang masih bisa ditemukan di Pulau Timor ini? Ikuti penjelasan lebih detailnya berikut ini, ya!

 

Bentuk Rumah Bulat

Pintu pendek di rumah bulat

Pintu pendek di rumah bulat (foto: medium)

 

Bentuk bangunan adat satu ini terbilang unik. Pasalnya, hunian tradisional tersebut sepenuhnya tertutup alang-alang yang ditumpuk hingga berbentuk bulat, beberapa juga berbentuk lonjong. 

Tidak ada dinding ataupun jendela pada Ume Khubu ini. Bahkan pintunya pun pendek dan mirip seperti pintu masuk gua, dengan tinggi hanya sekitar satu meter atau bahkan kurang. Tidak heran jika seseorang hendak masuk ke dalamnya, mereka harus berjongkok agar tidak terkena atapnya.

Ternyata, pintu tersebut memang sengaja dibbuat rendah. Tujuannya agar tamu yang memasuki hunian tersebut harus menunduk sebagai wujud hormat kepada sang empunya rumah, para dewa, harta dan pusaka, serta makanan yang disimpan di loteng.

Selain itu, pintu pendek tersebut bertujuan agar musuh kesulitan untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Dapat dimaklumi karena daerah tersebut dulunya kerap terjai peperangan antar suku, sehingga hunian berbentuk bulat tersebut dijukan sebagai tempat berlindung mereka.

Baca juga: Penuh Makna, Ini Mengapa Rumah Adat Lontik Wajib Dilestarikan

 

Bagian Dalam

Penampakkan rumah bulat

Penampakkan rumah bulat (foto: gambarruma)

 

Di dalam hunian tradisional tersebut hanya terdapat satu ruangan luas tanpa sekat yang difungsikan untuk semua aktivitas pemilik rumah. Pada kanan dan kiri pintu masuk, terdapat tempat tidur untuk tempat beristirahat para penghuninya. 

Di tengah-tengah ruangan, terdapat tungku yang selalu menyala sepanjang hari. Tidak hanya untuk memasak, tungku tersebut dinyalakan dengan tujuan mengusir hawa dingin serta hama yang merusak bahan makanan. 

Bangunan yang masih berlantaikan tanah kering tersebut disanggah oleh empat tiang utama, dengan bagian atasnya semakin mengecil membentuk kerucut. Pada dasarnya, hunian ini terdiri dari bagian loteng (atas) dan bagian dasar.

Bagian loteng difungsikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan seperti jagung. Masyarakat setempat percaya bahwa makanan dijaga oleh para dewi kesuburan, sehingga para wanita ditugasi untuk mengelola persediaan bahan makanan tersebut. Oleh karena itu, bagian loteng ini hanya boleh dinaiki oleh perempuan.

 

Pengaruh Modernisasi

Pemerintah meninjau rumah bulat

Pemerintah meninjau rumah bulat (foto: ceuceumeo2 blogspot)

 

Dengan perkembangan dunia kesehatan, tuntutan untuk membangun hunian sehat di zaman modern ini semakin tinggi. Oleh karena itu, masyarakat Timor Tengah Selatan dianjurkan untuk mengganti rumah bulat yang dianggap kotor dan tidak ideal untuk ditempati tersebut.

Terlebih lagi, tidak adanya jendela dan pintu lebar pada bangunan ini mengakibatkan banyak masyarakat setempat mengidap penyakit paru-paru. Belum mereka harus hidup berdesak-desakkan di dalam ruangan yang sempit dan selalu dipenuhi dengan asap dan debu. 

Oleh karena itu, mereka dipaksa untuk membangun bangunan rumah yang lebih sehat, dengan jendela dan pintu di dalamnya. Hanya saja, masyarakat setempat seakan enggan meninggalkan Ume Khubu tersebut. 

Karenanya, meski mereka telah membangun rumah model baru yang lebih layak huni, bukan berarti mereka benar-benar meninggalkan rumah lama mereka. Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana masyarakat setempat masih tetap memiliki rumah berbentuk bulat di dekat rumah utama mereka.

Nah, itu dia sekilas ulasan mengenai rumah bulat yang tidak bisa dilepaskan dari tradisi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya bentuknya, fungsi dan sejarahnya pun tidak kalah menarik, ya?

Baca juga: Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru